STRATEGI PEMASARAN SYARIAH JAHE MERAH KELOMPOK TANI DI DESA SUNGAI MULUK

Authors

  • Ari Gintara Putra Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Putri Apria Ningsih Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • M Taufik Ridho Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v2i2.1029

Keywords:

sharia marketing strategy and red ginger

Abstract

This research aims to find out Sharia marketing strategies and the inhibiting and supporting factors of the Sungai Muluk Village farmer group, this research is qualitative type using primary and secondary data sources. The object of this research is a number of members or red ginger farmers from Sungai Muluk village. Data was obtained directly from 15 respondents using data analysis methods, namely observation, interviews and personal documentation, then the data was processed using data processing techniques and SWOT analysis. The results of the research show that: The red ginger farmer group in Sungai Muluk village, in implementing their marketing strategy, uses the characteristics recommended or guided by the Prophet Muhammad SAW, namely Theistic, Ethical, Realistic and Humanist, the marketing strategy implemented by the red ginger farmer group Sungai Muluk village is not running smoothly because there are several inhibiting factors, namely, insufficient capital, competition and price and supporting factors, namely product and location.

 

References

Buchari Alma, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, (Bandung: Alfabeta. 2016),

Paimin, F. B dan Murhananto. 1991. Budidaya, Pengolahan, Perdagangan Jahe. (Jakarta:Penebar Swadaya, 1991).

Pato, U. dan Yusmarini.Teknologi Pengolahan Hasil Tanaman Pangan, (Pekanbaru: Unri Press, 2004).

Rismunandar, Rempah-rempah Komoditi Ekspor Indonesia.(Bandung: Sinar Baru, 1988).

Raharjo, M.Tanaman Berkhasiat Antioksidan. Penebar Swadaya. Jakarta: Penebar Swadaya, 2005).

Syukur,Agar Jahe Berproduksi Tinggi. Penebar Swadaya. (Jakarta: penebar swadaya, 2001).

Suhardjo, Pangan, Gizi, dan Pertanian, (Jakarta.: Universitas Indonesia Press, 1986).

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Alfabeta CV, 2020).

Triyono dan Sumarmi, Budidaya Tanaman Jahe di Desa Plesungan Kecamatan Gondangrejo Kab. Karanganyar ( Jawa Tengah:ADIWIDYA, 2018).

Widowati, S.“Prospek Tepungan Sukun untuk Berbagai Produk Makanan Olahan Dalam Upaya Menunjang Diversifikasi Pangan. Makalah ( Bogor:Institut Pertanian , 2003).

Winarno, F.G. Kimia Pangan dan Gizi, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1993).

Jurnal

Andayaningsih Sri, “Inovasi Strategi Pemasaran Jahe Merah Bubuk Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing Usaha” Jurnal Pemberdayaan 4, no 2 (Mei, 2017): 143.

Anwar Fathoni,Muhammad, “ Konsep Pemasaran dalam perspektif hokum islam”, JurnalHukum dan Syariah Vol. 9 No.1 Tahun 2018.

Daryanto,Arif,“Strategi ‘Pemasaran Produk Olahan Jahe merah ( Studi kasus pada PT Performa Qualita Mandiri)”. jurnalRisalah Kebijakan Pertanian dan Lingkungan Vol. 3 No. 2, Agustus 2016.

Fajar Nugroho,Riski,” ,” Usulan Strategi Pemasaran UKM sarung tenun di ud.ridho salsa dengan metode swot dan stp ( segmentation, Targeting, Positioning”. JUSTI (Jurnal Sistem Dan Teknik Industri).

Itan Lang Surya, “Strategi Pemasaran Produk Umkm Minuman Jahe Merah Instan Dwi Dewii Di Kelurahan Bendo Kota Blitar” Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no 1 (Maret 2023): 64.

Mohd. Arifullah et. Al., Panduan Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ushuluddin IAIN STS Jambi (Muara Jambi : Fak. Ushuluddin IAIN STS Jambi, 2016).

Prasetyo, Agung “Inovasi Strategi Pemasaran Jahe Merah Bubuk Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing Usaha” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6, 1 (April, 2022): 287.

Yusuf Mirza, “Strategi Pemasaran Produk Jahe Merah Celup Kwt Barokah Trihanggo Pada Masa Pandemi” Jurnal Kreatif di Era Disruptif 2, no 1 (Februari, 2015): 291.

Downloads

Published

2024-01-02

Issue

Section

Articles