Analisis Tata Letak pada Toko Harmoni Mart Menggunakan Activity Relationship Chart (ARC) dan Total Closeness Rating (TCR)
Analisis Tata Letak pada Toko Harmoni Mart Menggunakan Activity Relationship Chart (ARC) dan Total Closeness Rating (TCR)
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v2i6.1464Keywords:
Tata Letak, Activity Relationship Chart, Total Closeness Rating, LayoutAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang tata letak yang optimal pada Toko Harmoni Mart guna meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan konsumen. Metode studi kasus digunakan dengan menggabungkan data primer dari observasi dan wawancara dengan data sekunder dari literatur terkait. Analisis data dilakukan menggunakan Activity Relationship Chart (ARC), Total Closeness Rating (TCR), dan Layout Solution. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata letak yang diterapkan belum optimal dalam efisiensi ruang dan kenyamanan konsumen. Dengan menerapkan strategi penempatan fasilitas berdasarkan nilai TCR, Toko Harmoni Mart dapat meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan. Layout alternatif yang diusulkan memprioritaskan rak display dan penempatan fasilitas lainnya untuk meningkatkan efisiensi operasional dan kenyamanan konsumen. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk perubahan tata letak yang dapat meningkatkan daya tarik toko dan minat beli konsumen.
References
Arifianti, R. (2017). Analisis Tata Letak Dalam Perspektif Ritel. AdBispreneur, 1(3). https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v1i3.11216
Chandra, J., & Sunarni, T. (2019). Perancangan Tata Letak Mi Instan Di Toko Amuk Dengan Mempertimbangkan Sistem Persediaan. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 7(1), 60–69. https://doi.org/10.24912/jitiuntar.v7i1.5038
Fuadi, N., Khairawati, S., & Sasono, H. (2019). Pengaruh store layout, kualitas pelayanan dan motivasi rasional terhadap keputusan pembelian konsumen. AT-TAUZI: Jurnal Ekonomi Islam, 19(2), 85–97.
Gunawan Mohammad. (2023). Usulan Perbaikan Tata Letak Fasilitas Area Produksi Dengan Menggunakan Metode Activity Relationship Chart. Jurnal Ilmiah Research and Development Student, 1(1), 22–29. https://doi.org/10.59024/jis.v1i1.255
Hartanto, N. H. F., & Aribowo, B. (2023). Perancangan Tata Letak Toko Ritel Berdasarkan Pola Belanja Konsumen Dengan Market Basket Analysis (Studi Kasus: Indomaret Sukatani). Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Sains DanTeknologi, 8(2), 119. https://doi.org/10.36722/sst.v8i2.1375
Jamalludin, Fauzi, A., & Ramadhan, H. (2020). Metode Activity Relationship Chart (Arc) Untuk Analisis Perencanaan Tata Letak Fasilitas Pada Bengkel Nusantara Depok. Bulletin of Applied Industrial Engineering Theory, 1(2), 20–22.
Lestari, U. P., & Maskuroh, L. (2018). Peranan Retail Service, Merchandise dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Buminet Store di Plaza Marina Surabaya. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 69–73. https://www.bertelsmann-stiftung.de/fileadmin/files/BSt/Publikationen/GrauePublikationen/MT_Globalization_Report_2018.pdf%0Ahttp://eprints.lse.ac.uk/43447/1/India_globalisation%2C society and inequalities%28lsero%29.pdf%0Ahttps://www.quora.com/What-is-the
Oktavia, D. (2020). Usulan Perbaikan Tata Letak Area Produksi Pre Assembly Process ( PAP ) dengan Metode Systematic Layout Planning pada PT . XYZ. 55–60.
Putra, K. D. A., & Nurcaya, I. N. (2019). Pengaruh Layout Toko dan Visual Merchandising Toko Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Supermarket Tiara DewataDenpasar. Pengaruh Layout Toko Dan Visual Merchandising Toko Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Supermarket Tiara Dewatadenpasar, 8(5), 3086–3109.
Reinartz, W., Wiegand, N., & Imschloss, M. (2019). The impact of digital transformation on the retailing value chain. International Journal of Research in Marketing, 36(3), 350–366. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2018.12.002
Sari, D. M., Sumarni, M., & Basri, A. I. (2023). Pengaruh Kelengkapan Produk, Tata Letak Toko, dan Fasilitas Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Swalayan Purnama Di Kabupaten Bantul. Bisman, 4(1), 88–100.
Sembiring, A. C., Tampubolon, J., Sitepu, G. A., Budiman, I., Tarigan, U. P. P., & Tarigan, S. W. (2019). Redesigning the layout with algorithm craft on boiler manufacturing. Journal of Physics: Conference Series, 1230(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1230/1/012058
Setyani, T., & Abdul, F. W. (2021). Pengaruh Store Layout Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Indomaret Satria Jaya Tambun Utara. Jurnal Manajemen Logistik, 1(1), 95–103.
Sujana, G., Ervil, R., & Jauhari, G. (2020). Perancangan Ulang Tata Letak Dengan Menggunakan Metode ARC dan TCR. Jurnal Sains Dan Teknologi, XX(X), 1–5.
Supariyani, E., & Sahala, B. (2013). Pengaruh Tata Letak Terhadap Kepuasan Pelanggan Ritel. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 1(1), 13–22. https://doi.org/10.37641/jimkes.v1i1.251
Tiyatna, A., Setiawan, A., Shafna, S., Mawardi, S. L., Husyairi, K. A., & Ainun, T. N. (2023). Perancangan Ulang Tata Letak Minimarket Sumber Rezeki Dengan Pendekatan Activity Relationship Chart (Arc) Dan Total Closeness Rating (Tcr). Journal of Industrial Engineering and Operation Management, 6(1), 146–154. https://doi.org/10.31602/jieom.v6i1.11390
Wijayanti, S., Yuniarti, W. D., & Nur’aini, S. (2022). Pengembangan Strategi Tata Letak Barang Pada Toko “Ina 2” Menggunakan Algoritma Apriori. Walisongo Journal of Information Technology, 4(1), 63–76. https://doi.org/10.21580/wjit.2022.4.1.12376
Yulistio, A., Basuki, M., & Azhari. (2022). Perancangan Ulang Tata Letak Display Retail Fashion Menggunakan Activity Relationship Chart (ARC). 10(1), 21–30.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.