Analisis Tata Letak pada Toko Harmoni Mart Menggunakan Activity Relationship Chart (ARC) dan Total Closeness Rating (TCR)

Analisis Tata Letak pada Toko Harmoni Mart Menggunakan Activity Relationship Chart (ARC) dan Total Closeness Rating (TCR)

Authors

  • Putri Pebrianti Utami Institut Pertanian Bogor
  • Anindya Silva Cahyaningtyas Institut Pertanian Bogor
  • Diana Indah Ramadhani Institut Pertanian Bogor
  • M Farhan Bima Institut Pertanian Bogor

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v2i6.1464

Keywords:

Tata Letak, Activity Relationship Chart, Total Closeness Rating, Layout

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang tata letak yang optimal pada Toko Harmoni Mart guna meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan konsumen. Metode studi kasus digunakan dengan menggabungkan data primer dari observasi dan wawancara dengan data sekunder dari literatur terkait. Analisis data dilakukan menggunakan Activity Relationship Chart (ARC), Total Closeness Rating (TCR), dan Layout Solution. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata letak yang diterapkan belum optimal dalam efisiensi ruang dan kenyamanan konsumen. Dengan menerapkan strategi penempatan fasilitas berdasarkan nilai TCR, Toko Harmoni Mart dapat meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan. Layout alternatif yang diusulkan memprioritaskan rak display dan penempatan fasilitas lainnya untuk meningkatkan efisiensi operasional dan kenyamanan konsumen. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk perubahan tata letak yang dapat meningkatkan daya tarik toko dan minat beli konsumen.

References

Arifianti, R. (2017). Analisis Tata Letak Dalam Perspektif Ritel. AdBispreneur, 1(3). https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v1i3.11216

Chandra, J., & Sunarni, T. (2019). Perancangan Tata Letak Mi Instan Di Toko Amuk Dengan Mempertimbangkan Sistem Persediaan. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 7(1), 60–69. https://doi.org/10.24912/jitiuntar.v7i1.5038

Fuadi, N., Khairawati, S., & Sasono, H. (2019). Pengaruh store layout, kualitas pelayanan dan motivasi rasional terhadap keputusan pembelian konsumen. AT-TAUZI: Jurnal Ekonomi Islam, 19(2), 85–97.

Gunawan Mohammad. (2023). Usulan Perbaikan Tata Letak Fasilitas Area Produksi Dengan Menggunakan Metode Activity Relationship Chart. Jurnal Ilmiah Research and Development Student, 1(1), 22–29. https://doi.org/10.59024/jis.v1i1.255

Hartanto, N. H. F., & Aribowo, B. (2023). Perancangan Tata Letak Toko Ritel Berdasarkan Pola Belanja Konsumen Dengan Market Basket Analysis (Studi Kasus: Indomaret Sukatani). Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Sains DanTeknologi, 8(2), 119. https://doi.org/10.36722/sst.v8i2.1375

Jamalludin, Fauzi, A., & Ramadhan, H. (2020). Metode Activity Relationship Chart (Arc) Untuk Analisis Perencanaan Tata Letak Fasilitas Pada Bengkel Nusantara Depok. Bulletin of Applied Industrial Engineering Theory, 1(2), 20–22.

Lestari, U. P., & Maskuroh, L. (2018). Peranan Retail Service, Merchandise dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Buminet Store di Plaza Marina Surabaya. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 69–73. https://www.bertelsmann-stiftung.de/fileadmin/files/BSt/Publikationen/GrauePublikationen/MT_Globalization_Report_2018.pdf%0Ahttp://eprints.lse.ac.uk/43447/1/India_globalisation%2C society and inequalities%28lsero%29.pdf%0Ahttps://www.quora.com/What-is-the

Oktavia, D. (2020). Usulan Perbaikan Tata Letak Area Produksi Pre Assembly Process ( PAP ) dengan Metode Systematic Layout Planning pada PT . XYZ. 55–60.

Putra, K. D. A., & Nurcaya, I. N. (2019). Pengaruh Layout Toko dan Visual Merchandising Toko Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Supermarket Tiara DewataDenpasar. Pengaruh Layout Toko Dan Visual Merchandising Toko Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Supermarket Tiara Dewatadenpasar, 8(5), 3086–3109.

Reinartz, W., Wiegand, N., & Imschloss, M. (2019). The impact of digital transformation on the retailing value chain. International Journal of Research in Marketing, 36(3), 350–366. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2018.12.002

Sari, D. M., Sumarni, M., & Basri, A. I. (2023). Pengaruh Kelengkapan Produk, Tata Letak Toko, dan Fasilitas Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Swalayan Purnama Di Kabupaten Bantul. Bisman, 4(1), 88–100.

Sembiring, A. C., Tampubolon, J., Sitepu, G. A., Budiman, I., Tarigan, U. P. P., & Tarigan, S. W. (2019). Redesigning the layout with algorithm craft on boiler manufacturing. Journal of Physics: Conference Series, 1230(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1230/1/012058

Setyani, T., & Abdul, F. W. (2021). Pengaruh Store Layout Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Indomaret Satria Jaya Tambun Utara. Jurnal Manajemen Logistik, 1(1), 95–103.

Sujana, G., Ervil, R., & Jauhari, G. (2020). Perancangan Ulang Tata Letak Dengan Menggunakan Metode ARC dan TCR. Jurnal Sains Dan Teknologi, XX(X), 1–5.

Supariyani, E., & Sahala, B. (2013). Pengaruh Tata Letak Terhadap Kepuasan Pelanggan Ritel. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 1(1), 13–22. https://doi.org/10.37641/jimkes.v1i1.251

Tiyatna, A., Setiawan, A., Shafna, S., Mawardi, S. L., Husyairi, K. A., & Ainun, T. N. (2023). Perancangan Ulang Tata Letak Minimarket Sumber Rezeki Dengan Pendekatan Activity Relationship Chart (Arc) Dan Total Closeness Rating (Tcr). Journal of Industrial Engineering and Operation Management, 6(1), 146–154. https://doi.org/10.31602/jieom.v6i1.11390

Wijayanti, S., Yuniarti, W. D., & Nur’aini, S. (2022). Pengembangan Strategi Tata Letak Barang Pada Toko “Ina 2” Menggunakan Algoritma Apriori. Walisongo Journal of Information Technology, 4(1), 63–76. https://doi.org/10.21580/wjit.2022.4.1.12376

Yulistio, A., Basuki, M., & Azhari. (2022). Perancangan Ulang Tata Letak Display Retail Fashion Menggunakan Activity Relationship Chart (ARC). 10(1), 21–30.

Downloads

Published

2024-05-27