PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA APLIKASI JAMRIDE DI PENAJAM PASER UTARA
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v1i3.239Keywords:
Brand Image, Service Quality, Consumer SatisfactionAbstract
This research aims to determine the simultaneous and partial influence of brand image variables and service quality on consumer satisfaction of users of the Jamride application in North Penajam Paser. The brand image (Xı) and service quality (X2) variables are independent or independent variables in this research and the consumer satisfaction variable (Y) is the dependent or bound variable in this research. The type of research used in this research is quantitative research. The technique used was Non Probability Sampling using the Purposive Sampling method with a sample size of 100 respondents. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis. The conclusion of this research is that the brand image and service quality variables simultaneously have a positive and significant effect on consumer satisfaction using the Jamride application in North Penajam Paser, the brand image and service quality variables partially have a positive and significant effect on consumer satisfaction using the Jamride application in North Penajam Paser .
References
Aryani, Yustina. 2018. “Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Go-jek”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma.
Awaluddin. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Transportasi Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar)”. Skripsi. Makassar: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar.
Binus University. 2017. “Probability Sampling vs Non-Probability Sampling,” https://student-activity.binus.ac.id/himsisfo/2017/03/probability-sampling-vs-non-probability-sampling/ (diakses 26 Maret 2022).
Fahrudin. 2018. “Analisis Pengaruh Citra Merek, harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap minat Penggunaan Ulang (Studi Kasus Konsumen Go-Jek di Jakarta Selatan). Skripsi. Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Falera, Ana. 2021. “Daftar Isi Pakai Titik Titik Otomatis Di Ms. Word Lurus dan Rapi,” https://youtu.be/ZvVO wDJFXc (diakses 23 Maret 2022).
Gie. 2021. “Margin Of Error: Pengertian, Cara Hitung dan Contohnya,” https://accurate.id/marketing-manajemen/margin-of-error/ (diakses 22 Maret 2022).
Gunardi, Charlie Giovani dan Rezi Erdiansyah.2019. “Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Mangkok Ku”. Jurnal Untar Vol.3, no.2 (Desember 2019): 456-463.
HaloEdukasi.Com.2022.“Penelitian Lapangan: Pengertian - Ciri dan Contohnya,” https://haloedukasi.com/penelitian-lapangan (diakses 27 Maret 2022).
Juwariyah, Siti. 2021. “Pengaruh Promotion Mix dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pondok Cokelat Hatta Samarinda”. Skripsi. Samarinda: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman.
Kumrotin, Evi Laili dan Ari Susanti. 2021. “Pengaruh Kualitas Produk, harga, dan Kualitas PelayananTerhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe Ko.We.Cok di Solo”. Jurnal Manajemen Indonesia Vol.6, no.1 (Juni 2021): 1-14.
Karim, Ridwan. 2022. “Teknik Pengumpulan Data, Pengertian dan Jenis,” https://penerbitbukudeepublish.com/teknik-pengumpulan-data/ (diakses 27 Maret 2022).
Kuheba, Mahendra R, dkk. 2020.”Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Menggunakan Aplikasi Go-Jek Pada Mahasiswa Fisipol Unsrat Manado”. Jurnal Unsrat Vol. 1, no.2(2020): 120-127.
Kusuma, Wijaya dan Novi Marlena. 2021. “Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Go-Jek di Kota Surabaya“. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Vol.9, no.2: 1174- 1180.
M.Kumparan.Com. 2020. “Teknik Pengumpulan Data dan Jenis-Jenisnya Untuk Penelitian,” https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/berita-update/teknik-pengumpulan-data-dan-jenis-jenisnya-untuk-penelitian-1usMO2uuF4O (diakses 29 Maret 2020).
PusatCaraCara. 2018. “Cara Membuat Daftar Isi yang Rapi – Tutorial Microsoft Word,” https://youtu.be/lRxqRRat1DQ(diakses 23 Maret 2022).
Rahmawati. 2016. Manajemen Pemasaran. Samarinda: Mulawarman University PRESS
Regina, Christin dan Agus Hermani DS. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Du Cafe Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 9, no.4 (2020): 465-474.
Utami, Dita Tri. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Gojek di Palembang”. Skripsi. Palembeng: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah.
Widiyanto, Rahmat, dkk. 2019. “ Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan”. Jurnal Majalah Farmaseutik Vol. 16, no.1 (2019): 64-73.
Yulianti, Farida, dkk. 2019. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish (CV Budi Utama).
ZonaReferensi.Com. 2020. “ Pengertian Observasi Menurut Para Ahli dan Secara Umum (Lengkap), ”https://www.zonareferensi.com/pengertian-observasi/ (diakses 29 Maret 2022).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.