IMPLEMENTASI KEBIJAKAN INTEGRASI EKONOMI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGEMBANGAN UMKM DI INDONESIA

Authors

  • Ayu Nursasi Universitas Islam Negeri prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Nanda Hanifah Universitas Islam Negeri Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Rifani Tri Handani Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Sarpini Sarpini Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v2i12.3271

Keywords:

Integrasi Ekonomi, Kebijakan Pemerintah, UMKM

Abstract

Kebijakan integrasi ekonomi membawa pengaruh pada pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Integrasi ekonomi dengan inisiatif seperti Masyarakat Ekonomi ASEAN(MEA) dan kebijakan terkait lainnya menawarkan peluang bagi UMKM untuk mengakses pasar internasional, mentransfer teknologi, serta mengadopsi digitalisasi yang dapat meningkatkan dayasaing mereka. Namun, UMKM juga menghadapi tantangan besar, seperti persaingan ketat dengan produk impor, keterbatasan modal, teknologi yang terbatas, serta fasilitas yang belum memadai, khususnya di wilayah terpencil. Metode pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu studi pustaka, dengan menghimpun data dari berbagai literatur yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun kebijakan integrasi ekonomi memberikan peluang besar, banyak UMKM yang masih kesulitan untuk memanfaatkannya sepenuhnya karena berbagai hambatan struktural. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk meningkatkan akses pembiayaan, pelatihan keterampilan, adopsi teknologi, serta Pembangunan infrastruktur yang mendukung UMKM. Dengan dukungan kebijakan yang tepat dan sinergi antara berbagai pihak, UMKM dapat lebih berdayasaing di pasar global serta berkontribusi lebih signifikan pada perekonomian Indonesia.

References

Agustin, A., Putra, G. P. E., Pramesti, D. T., & Madiistriyatno, H. (2023). Strategi UMKM Dalam Menghadapi Digitalisasi. Oikos-Nomos: JURNAL KAJIAN EKONOMI DAN BISNIS, 16, 33.

Andarini, S., Ikaningtyas, M., Putri, R. K., Fitria, A. D., & Kartika, R. W. (2023). Strategi Peningkatan Daya Saing UMKM Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 698–707. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i2.3318

Asmoro, P. K. (2017). Technology Transfer in Indonesian State Universities: Do Iprs Play a Significant Role? Indonesia Law Review, 7(1). https://doi.org/10.15742/ilrev.v7n1.291

Azhari, A., Kamaruddin, K., & Simahatie, M. (2024). Strategi Penciptaan Lapangan Kerja Pada Sektor Umkm Di Indonesia. Jurnal Ekonomika, 16(1), 19–25. https://doi.org/10.51179/eko.v16i1.2655

Cahyadi, I. (2015). Tantangan Internasionalisasi Ukm Di Indonesia Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. Kajian, 20(02), 129–143. https://pure.ltu.se/

Fardani, A., Fajri, F. N., Muhsoni, R., & Hidayat, F. R. (2024). The Impact of UMKM Growth and Road Infrastructure on Economic Growing Impact in the Village of Korang Mukti. 01(01), 24–36.

Firdaus, M. I., Marseto, & Sishadiyati. (2021). analisis DAMPAK INTEGRASI EKONOMI TERHADAP FOREIGN DIRECT INVESTMENT DI ASEAN. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(3), 494. http://jiss.publikasiindonesia.id/

Fuat, M. A., & Salomo, R. V. (2023). Implementasi Kebijakan Peraturan Pemerintah 7 Tahun 2021 yang Berkaitan dengan Pemberdayaan UMKM dalam Pengadaan Barang dan Jasa di Kementerian Koperasi dan UMKM. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 8(2), 281. https://doi.org/10.28926/briliant.v8i2.1283

Hapsari, Y. A., Apriyanti, P., Hermiyanto, A., & Rozi, F. (2024). Analisa Peran UMKM Terhadap Perkembangan Ekonomi di Indonesia. 4.

Hasran, Rasya Athalla Aaron, R. F. F. (2024). Dampak Kebijakan Perdagangan Terhadap Daya Saing UMKM di Indonesia: Kasus Pembatasan Impor Melalui E-Commerce. 24, 1–14.

Hermana, A. A., Fajrin, H. M., Reva, Y. N., & Zein, M. (2025). Dampak MEA ( Masyarakat Ekonomi Asean ) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Era Globalisasi. 4.

Jasin, M. (2017). Meningkatkan Daya Saing Pelaku Usaha Indonesia Menghadapi ASEAN Economic Community (AEC) 2015. Jurnal Ekonomi, 19(No 19), 5.

Mokalu, O. Y., Montolalu, J., & Keles, D. (2018). Pemanfaatan Fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) Terhadap Peningkatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) (Studi Kasus Bank Mandiri Kantor Kas Manado Paal Dua). Jurnal Administrasi Bisnis, 6(1), 46–49.

Naibaho, A. P., Puspita, R., & Eliza, S. (2023). Tantangan dan Implikasi Integrasi Ekonomi Regional terhadap Pembangunan Ekonomi Kawasan ASEAN. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(9), 2001–1285.

Nurlia, H. R. (2024). Strategi pemasaran produk umkm di era digital. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(5), 640–647.

Pardede, S. J., Rizqiah, K., & Suwito. (2024). Strategi Pemberdayaan UMKM Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Guna Kemandirian Ekonomi Bangsa Indonesia. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 11(2), 1526–1538.

Putra Sitorus, A. (2018). Politik Hukum Perlindungan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Dalam Masyarakat Ekonomi Asean. Doktrina: Journal of Law, 1(2), 125. https://doi.org/10.31289/doktrina.v1i2.1920

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Setiawan, R. I. (2015). Persepsi Tenaga Kerja Lokal Pada Invasi Tenaga Kerja Asing Di Indonesia: Tantangan Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) Tahun 2015. Jurnal Kompilasi Ilmu Ekonomi (KOMPILEK), 7(2), 202–218. http://journal.stieken.ac.id/index.php/kompilek/article/view/192

Suhairi, S., Safitri, D., Fauzan, M., & Helma Musyafa, M. (2024). Etika Dan Tanggung Jawab Sosial Dalam Pemasaran Global: Membangun Reputasi Yang Berkelanjutan. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2660–2664. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i2.13338

Wahyunti, S. (2020). PERAN STRATEGIS UMKM DALAM MENOPANG PEREKONOMIAN INDONESIA DI TENGAH PANDEMI COVID 19. J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah), 03, 208–302.

Winarno, B. (2014). Globalisasi dan Rezim Demokrasi Poliarki: Kebijakan Inetegrasi Ekonomi Indonesia. Jurnal Hubungan Internasional, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.18196/hi.2014.0041.1-12

Yasmanlizar. (2024). Analisis Dampak Kebijakan Ekonomi Terhadap Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah ( Umkm ) di Era Digital. Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam (SEBI), 6(2), 73–85.

Yolanda, C. (2024). Peran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 170–186. https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i3.1147

Downloads

Published

2024-12-14