Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Properti Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Sewa Rumah Kontrakan Griya Harapan Kota Pekanbaru

Authors

  • Muhammad Rianda Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Novita Ayu Setyawati Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Fransiscus Dwikotjo Sri Sumantyo Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v3i8.6110

Keywords:

Service Quality, Property Quality, Customer Satisfaction

Abstract

This research investigates the impact of service quality, property quality, and customer satisfaction on the interest in renting contracted houses at Griya Harapan, pekanbaru City. Adopting a quantitative approach, data were gathered via questionnaires distributed to 92 respondents who are current tenants. The findings, analyzed through Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM), reveal that customer satisfaction and property quality significantly influence rental interest, while service quality does not show a significant effect. These results highlight the necessity of upholding high property standards and ensuring customer satisfaction to boost rental interest. This study aims to assist property managers in developing more effective marketing strategies.

References

Amir, S. (2024). Cara Mudah Membeli Rumah Idaman untuk Pasangan Muda.Penerbit Andi.

Atmawidjaja, H. S. (2022). Entrepreneur Dinamika Sosial Kos Perkotaan. January. www.uhamkapress.com

Cahyono, A. E., & Suhermin, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 6(6).

Charlesa, I., Wianto, E., & Tjandra, M. (2023). Pengaruh Persepsi Kualitas Fisik Properti terhadap Persepsi Nilai dan Minat Beli Konsumen pada Sektor Perumahan Sewa. Sosial Humaniora Dalam Perspektif Seni Rupa Dan Desain, 23.

Elawati, N. (2022). Dampak Kualitas Layanan Digital terhadap Kepuasan Konsumen dalam Sektor Properti. Universitas Dr. Soetomo Surabaya.

Evi, T., & Rachbini, W. (2023). Partial Least Squares (Teori Dan Praktek). CV.AA. Rizky.

Firmansyah, M. A. (2023). Manajemen pemasaran. UMSurabaya Publishing. Fitriani, R., Sitepu, M., Amir, T., Sari, O., & Yolanda, F. (2024). Analisa Bauran

Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan Marketing Mix Analysis of Customer Satisfaction. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Keuangan, Dan Bisnis (JIKABI), 3(1), 1–10. http://jurnalmahasiswa.uma.ac.id/index.php/jikabi

Hair, J., Matthews, L., & Matthews, R. (2018). PLS-SEM: The holy grail for advanced analysis. Marketing Management Journal, 28(1), 1–13.

Hardiyansyah, H. (2020). Kualitas pelayanan publik: Konsep, dimensi, indikator dan implementasinya. Gava Media.

Hariyanto, O. I. B., & Rukmandiana, J. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas layanan dan dampaknya terhadap kepuasan pengunjung. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 6(1), 101. https://doi.org/10.33603/jibm.v6i1.5162

Hutami, W. F. (2024). Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Public Relations Mercu Buana, Query Date, 21, 23.

Kadek, O. I., & Noorwatha, D. (2020). Retail Design: Buku Ajar Desain Interior Retail. 1–255. http://repo.isi-dps.ac.id/4680/1/RETAIL DESIGN.pdf

Kelly, T. P. M. F. (2020). Pemasaran Jasa. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Kristiana, M., & Manadala, K. (2021). Hubungan Pf Dan Lk Dan Kk 3. 8(2), 7576–7605.

Kualitas, P., Dan, L., Terhadap, H., Pada, P., Studi, G., & Kecamatan, W. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Grabfood (Studi Wilayah Kecamatan Setiabudi). Jurnal Ilmiah M- Progress, 12(1), 70–83. https://doi.org/10.35968/m-pu.v12i1.867

Legona, R. B., & Effendi, M. S. (2024). Determinan Loyalitas Karyawan Dimediasi Oleh Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Pada PT. Laboratorium Solusi Indonesia. IKRAITH-EKONOMIKA, 7(1), 56–66.

Lesmana, S. J. (2024). Pengaruh Harga, Kualitas Properti (Ruko), dan Kualitas Jasa Terhadap Minat Sewa Di Emerald Property (Studi Kasus Pada Konsumen Emerald Property Mutiara Taman Palem (MTP), Greenlake & PIK 2). Prosiding: Ekonomi Dan Bisnis, 4(1).

Maulana, I., & Maura, Y. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Yuke Fresh Laundry Di Wilayah Jakarta Pusat. Journal Human Resources 24/7: Business Management, 1(4), 45–53.

Meithiana, I. (2020). Pemasaran dan kepuasan pelanggan. Unitomo Press. MT, M. A. P., & Sukresna, I. M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Nilai, Dan Persepsi Kegunaan, Terhadap Minat Berkelanjutan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Dompet Digital (E-Wallet) Ovo Di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(1), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Muslim, M. N. I., Ikatrinasari, Z. F., & Prabowo, H. A. (2024). Penentuan Prioritas Usulan Peningkatan Kualitas Layanan Kekayaan Intelektual dengan Penggunaan Metode Fuzzy ServQual dan Importance Performance Analysis. JISI: Jurnal Integrasi Sistem Industri, 11(1), 43. https://doi.org/10.24853/jisi.11.1.43-56

Praneta, J. A. T., Nuryadi, N., & Zaman, K. (2023). Pengaruh Harga Sewa dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Apartemen PT Gunawangsa Merr. CEMERLANG: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 3(4), 18–27.

Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode penelitian kuantitatif. Pascal Books.

Santoso, G. A. (2022). Analisis Pengaruh Penerapan Manajemen Properti Terhadap Tingkat Kepuasan Penghuni Perumahan Griya Sampurna Kuningan. Politeknik Keuangan Negara STAN.

Selebes, Q. Y. A., & Nur, N. (2025). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI WARUNG BAKSO AZIZAH DI BARUGA KOTA KENDARI. Jurnal HOMANIS: Halu Oleo Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 364–376.

Shell, A. (2021). Pengantar Perilaku konsumen (Issue August).

Soelistyo, B., & Arena, T. (n.d.). Analisis Promosi, Kualitas Pelayanan terhadap Minat Konsumen, dan Dampaknya pada Pengambilan Keputusan Penyewaan. Indikator, 4(3), 353452.

Sulistyowati, Nissa, I. K., Wardono, M. T. N. S., & Rasmiaty, M. (2022). Teori Ekonomi Syari’ah.

Suriani, N., & Jailani, M. S. (2023). Konsep populasi dan sampling serta pemilihan partisipan ditinjau dari penelitian ilmiah pendidikan. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36.

Yasmini, D. A. P. C. A. (2024). Peran Green Marketing dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Mobil Low Cost Green Car (LCGC) di PT Astra International Tbk–Toyota Auto2000 Sanur. Politeknik Negeri Bali.

Downloads

Published

2025-07-31