ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS LAYANAN JASA KIANO DECORATION)

Authors

  • Irwan Liando Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ambar Lukitaningsih Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Nonik Kusuma Ningrum Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v3i8.6213

Keywords:

Consumer Satisfaction, Consumer Trust, Product Innovation, Service Quality

Abstract

The purpose of this study is to determine the effect of service quality and product innovation on customer satisfaction and its indirect effect on customer trust, which acts as a mediator for Kiano Decoration service customers. The method used in this study is quantitative. Primary data were obtained from a questionnaire with 60 respondents and non-probability sampling using the Slovin formula. To test data quality, the researcher used validity and reliability tests. Data analysis was conducted using classical assumption tests, multiple linear regression, hypothesis testing, and Sobel tests. Based on the results of the study, it was found that service quality has a positive and significant influence on customer satisfaction with the service, product innovation does not have a positive and significant influence on customer satisfaction, service quality has a positive and significant influence on consumer trust, product innovation has a positive and significant influence on consumer trust, and consumer trust does not have a positive and significant influence on customer satisfaction.

References

Adolph, R. (2016). 済無No Title No Title No Title. 1–23.

Afan Zaini, A. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi pada Konsumen “Warung Bek Mu 2” Banjaranyar Paciran Lamongan). Pemasaran Jasa, 1(1), 15.

Anderson, J., & Hidayah, N. (2023). Pengaruh Kreativitas Produk, Inovasi Produk, dan Kualitas Produk terhadap Kinerja UKM. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(1), 185–194. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i1.22566

Andri, I., & Suryanto, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada PT. Andalas Wahana Rezeki Sumatera Barat). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada PT. Andalas Wahana Rezeki Sumatera Barat), 3, 74827501.

Arifin, M. J. (2021). Strategi Islamic Branding Dalam Membangun Kepercayaan Konsumen. Jurnal Eksyar (Jurnal Ekonomi Syariah), 08(1), 67–83. http://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/

ARYANI, E. T., & KURNIANINGSIH, H. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Kepercayaan Merek, Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat Di Surakarta. Jurnal Maneksi, 12(2), 368–377. https://doi.org/10.31959/jm.v12i2.1488

Asti, E., & Ayuningtyas, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1–14. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i01.2

Bali, A. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.56248/jamane.v1i1.7

Barlian, B. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Buana Informatika Cbi, 6(1), 037–043. https://doi.org/10.53918/jbicbi.v6i1.48

Budiarno, B., Udayana, I. B. N., & Lukitaningsih, A. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(02), 226–233. https://doi.org/10.25134/equi.v19i02.4531

Fadhli, K., & Pratiwi, N. D. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, Dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumenposkopi Zio Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 603–612. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/684/585

Farihin, M. K., Imroatus, D., Safitri, U. R., Sujito, A., Nurristiana, W., Oktaviani, S. P., Santoso, B., Wisma, D. S., Wadoyo, D., Nugroho, D. R., Boyolali, U., Boyolali, U., & Boyolali, U. (2024). Krida cendekia. 3(3).

Handayani, F., & Budiarta, K. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Customer Experience Terhadap Kepuasan Konsumen Di Restoran Barak Kota Subulussalam. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, 8(2), 103. https://doi.org/10.35448/jrbmt.v8i2.29757

Jember, K. (n.d.). Versi online: Volume 12, Nomor 2. 12, 101–110.

JMBK_TIARA_SARWO_582-595.pdf. (n.d.).

Kasinem, K. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(4), 329. https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i4.5096

Kepuasan, D. A. N., Pada, P., Agung, A., Diatmika, K., Anggitha, G. I., Arjuna, J., No, U., Rw, R. T., Kepa, K. D., & Jeruk, K. K. (2023). Pengaruh inovasi produk, kepercayaan dan kepuasan pelanggan pada kesetiaan pelanggan. 20(1).

Khairiyah, N. (2025). MODEL KINERJA BISNIS INDUSTRI HALAL : SERTIFIKASI HALAL , INOVASI PRODUK DAN PERAN MEDIASI HALAL , INOVASI PRODUK DAN PERAN MEDIASI.

Lesmana, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2), 115. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i2.2464

Lorensia, S., & Ningrum, N. K. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening pada Gojek di Yogyakarta. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(2), 816. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i2.934

Paramesti, A., & Setyanto, Y. (2022). Strategi Komunikasi PT Indofarma Tbk dalam Membangun Kepercayaan Konsumen di Masa Pandemi. Kiwari, 1(1), 62. https://doi.org/10.24912/ki.v1i1.15508

Pelayanan, P., Inovasi, D. A. N., Kepuasan, T., & Geprek, P. (2023). LAMPUNG. 08, 59–67.

Permatasari, B., & Maryana, S. (2021). PENGARUH PROMOSI DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Gerai Baru Es Teh Indonesia di Bandar Lampung). TECHNOBIZ : International Journal of Business, 4(2), 62. https://doi.org/10.33365/tb.v4i2.1335

Purba, M., Nasution, A. P., & Harahap, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Reputasi Perusahaan terhadap Kepuasan Konsumen dengan Kepercayaan sebagai Variabel Moderasi. Remik, 7(2), 1091–1107. https://doi.org/10.33395/remik.v7i2.12268

Putri, K. A. S., Vania, A., & Fikriah, N. L. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Pada Ukm Kharisma Sejahtera. Journal Industrial Engineering & Management Research, 1(2), 140–152.

Putri, N. D. P. D., Novitasari, D., Yuwono, T., & Asbari, M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal Of Communication Education, 15(1), 1267–1283. https://doi.org/10.58217/joce-ip.v15i1.226

Rahmawati, N. W. (2021). Kepercayaan Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Klinik Kecantikan. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(3), 472. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i3.6456

Sari, A. C. M., & Lestariningsih, M. (2021). Pengaruh Promosi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas konsumen Melalui Kepuasan Pelanggan Aplikasi Shopee (STUDI PADA MAHASISWA STIESIA SURABAYA). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(5), 1–17.

Setyawati, R. (2023). Volume . 19 Issue 1 ( 2023 ) Pages 57-63 INOVASI : Jurnal Ekonomi , Keuangan dan Manajemen ISSN : 0216-7786 ( Print ) 2528-1097 ( Online ) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen The effect of service quality on the level of custome. 1(1), 57–63.

Siti Solikha, I. S. (2020). Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis(JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182.

Sumadi, S., Tho’in, M., Efendi, T. F., & Permatasari, D. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Syariah, Kepuasan Konsumen, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Naughti Hijab Store). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 1117–1127. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2562

Supertini, N. P. S., Telagawati, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2020). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Pusaka Kebaya di Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 61. https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.26201

Terhadap, P., Beli, M., Dengan, U., & Natania, F. O. (2024). Febri Ariyantiningsih. 3(7), 1334–1347.

Tutugo, A. H., & Solichin, M. R. (2020). Pengaruh Kepribadian dan Budaya Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(3), 392–410. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i3.483.

Downloads

Published

2025-08-02