Analisis Persepsi Konsumen terhadap Penggunaan Aplikasi Mobile JKN

Authors

  • Andhi Febisatria Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
  • Aditya Liliyan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v2i2.976

Keywords:

Technology Accepatnce Model (TAM), Mobile  JKN, Persepsi Konsumen

Abstract

Kemajuan teknologi mendorong masyarakat untuk bisa hidup berdampingan dengan teknologi. BPJS Kesehatan selaku penyedia layanan asuransi kesehatan menciptakan aplikasi Mobile  JKN untuk mempermudah layanan BPJS Kesehatan.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menilai bagaiamana pendapat masyarakat dan juga persepsi masyarakat dari sudaut pandang Technology Accepatnce Model (TAM) Hasil penelitian ini menemukan bahwa persepsi kemudahan dalam penggunaan aplikasi dinilai masih belum memuaskan, ditandai dengan banyaknya keluhan masyarakat mengenai fitur dan performa dari aplikasi. Temuan dari penelitian ini memberikan saran dan implikasi bagi penyedia layanan BPJS Kesehatan dan juga pengembang dari aplikasi Mobile JKN.

References

Bahri, S., Amri, A., & Siregar, A. A. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan Menggunakan Metode Service Quality (SERVQUAL). Industrial Engineering Journal, 11(2).

BPJS Kesehatan 2022, “Penerapan Asuransi Sosial Dalam Jaminan Kesehatan Nasional”, Jakarta: Corporate University, 2023

Chuttur, M. (2009). Technology acceptance, information system deployment, TAM, information system theory. Sprouts, 9(2009), 9-37.

Cooper, D. R., & Schindler, P. (2014). Business research methods. Mcgraw-hill.

Davis, F. D. (1989). Technology acceptance model: TAM. Al-Suqri, MN, Al-Aufi, AS: Information Seeking Behavior and Technology Adoption, 205-219.

Eriyanto, 2013, Analisis Isi Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Kencana Perdana Media Group

Fatimah, H. H. (2023). Implementasi Penggunaan Aplikasi Mobile JKN diI BPJS Kesehatan Kantor Cabang Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 25124- 25130.

Fishbein, M. and Ajzen, I. (1975), Belief, Attitude and Behavior: An Introduction to Theory and Research, Addison-Wesley, Reading, MA.

Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2018). Marketing management: an Asian perspective. London: Pearson.

Kotler, P., & Armstrong, G. M. (2010). Principles of marketing. Pearson Education India.

Krisdayanti, Wike. “Pemanfaatan Aplikasi Mobile JKN Untuk Meningkatkan Efektivitas Pelayanan BPJS Kesehatan di Kota Medan”, Medan: Repository UMSU, 2021.

Kurniawan, M. F., Siswoyo, B. E., Mansyur, F., Aisyah, W., Revelino, D., & Gadistina,

W. (2016). Pengelolaan dan pemanfaatan dana kapitasi (monitoring dan evaluasi Jaminan Kesehatan Nasional di Indonesia). Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia: JKKI, 5(3), 122-131.

Lederer, A. L., Maupin, D. J., Sena, M. P., & Zhuang, Y. (2000). The technology acceptance model and the World Wide Web. Decision support systems, 29(3), 269-282.

Napitupulu, D., Simarmata, J., Abdillah, L. A., Setiawan, M. I., Ahmar, A. S., Rahim, R., ... & Erliana, C. I. (2017, November). Analysis of Technology Acceptance Model (TAM) on E-Learning System. In 2017 International Conference on Education and Technology (2017 ICEduTech) (pp. 247-251). Atlantis Press.

Nihriroh, A. Z., Arifianto, D., & Zakiyyah, A. M. (2023). Analisis Kepuasan Peserta Terhadap Aplikasi Mobile JKN Menggunakan Impotance Performance Analysis. Jurnal Smart Teknologi, 4(2), 184-191.

Saryoko, A. S., Hendri, H. H., & Sukmana, S. H. (2019). Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pendaftaran Online Bpjs Kesehatan Pada Aplikasi Mobile JKN. In Proceeding Seminar Nasional STMA Trisakti. (Vol. 4, No. 1, pp. 77-95).

Wardiah, R., Izhar, M. D., & Lanita, U. (2022). STUDI EFEKTIVITAS APLIKASI MOBILE JKN PADA PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) KOTA JAMBI. Jurnal Endurance, 7(3), 607-614.

Downloads

Published

2024-01-02

Issue

Section

Articles