Menggali Hakikat, Filsafat, dan Desain Ideal Madrasah di Era Modernisasi
DOI:
https://doi.org/10.61722/jinu.v2i6.7090Keywords:
Madrasah, pendidikan Islam, Falsafah PendidikanAbstract
Madrasah sebagai lembaga pendidikan islam memiliki peranan yang sangat besar dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan pemahaman keislaman di tengah masyarakat Muslim. Artikel ini membahas falsafah yang menjadi dasar bagi sistem pendidikan madsarah serta kontribusinya dalam membentuk karakter dan moral peserta didik muslim. Penelitian ini mengkaji nilai- nilai utama yang menjadi fondasi tauhid, akhlak, dan kecintaan terhadap ilmu, serta bagaimana nilai- nilai tersebut diterapkan dalam kurikulum dan metode pembelajaran. Selain itu, turut dibahas fungsi madrasah dalam memperkuat identitas keagamaan sekaligus menjaga keseimbangan antara ilmu agama dan pengetahuan umum. Dengan memakai pendekatan deskriptif- analitis, penelitian ini menengaskan bahwa madrasah tidak hanya berperan sebagai tempat mempelajari agama, tetapi juga sebagai institusi yang membentuk generasi berintegritas dengan nilai- nilai islam yang kuat. Artikel ini diharapkan dapat memberikan sudut pandang baru mengenai madrasah sebagai lembaga pendidikan yang fokus pada aspek moral dan spiritual, serta tantangan yang dihadapi dalam proses modernisasi pendidikan islam.
References
Achmad Saefurridjal, Faiz Karim Fatkhullah, Abdul Rohman, & Samsudin. (2023). Visi Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi dan Sosiologi. Jurnal Syntax Transformation, 4(1), 40–58. https://doi.org/10.46799/jst.v4i1.681
Azhari, M. (2024). Integrasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Keislaman di Madrasah: Implementasi dan Evaluasi. Future Academia : The Journal of Multidisciplinary Research on Scientific and Advanced, 2(4), 691–700. https://doi.org/10.61579/future.v2i4.240
Batubara, I. A. (2022). Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society Integrasi Ilmu Sebuah Konsep Pendidikan Islam Ideal Integration of Knowledge An Ideal Islamic Education Concept. Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 759–771.
Damayanti, N. Y., Zalnur, M., & Masyhudi, F. (2024). Analisis Kritis Madrasah Nizamiyah, serta Pengaruhnya terhadap Perkembangan Pendidikan Islam dan Ortodoksi Sunni. Tsaqofah, 4(6), 4060–4072. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i6.4018
Hasibuan, I. (2022). Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society Integrasi Ilmu dalam Islam Integration of Knowledge in Islam. 1(1), 830–838. Retrieved from https://j-las.lemkomindo.org/index.php/BCoPJ-LAS
Ilham. (2020). Sejarah Pendidikan Islam , (Cet. 8, Jakarta: PT. Bumi Aksara Bekerjasama Dengan Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama; 2006), 219 103. Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 4(2), 103–124.
Ilmiah, A. J., & Madrasah, P. (2025). DESAIN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA Rima Kasturi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Zu ’ ama Anggun Larasati Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Eti Hadiati Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Sovi. 9(2), 887–906. https://doi.org/10.35931/am.v9i2.4627
Islamiyah, N. (2022). Sejarah Kebangkitan Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. 9(2), 63–67.
Liviani, R. (2023). Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Berdasarkan Perspekstif Filsafat Perenialisme. Jurnal Asy-Syukriyyah, 24(1), 106–119. https://doi.org/10.36769/asy.v24i1.334
Mahdi, M., Rijal, S., & Silahuddin, S. (2023). Ikhtiar Integrasi Mata Pelajaran Agama di Madrasah. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(1), 179–189. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3606
Muazin Hamdi. (2024). Manajemen Pendidikan Islam dalam Pengembangan Madrasah. Mutiara : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(3), 307–314. https://doi.org/10.59059/mutiara.v2i3.1380
Primarni, A., Sugito, Yahya, M. . D., Fauziah, N., & Arifin, S. (2022). Transformasi Filosofi Pendidikan Pada Pondok Pesantren. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 1177–1192. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2812
Qalam, A., Keagamaan, J. I., Kunci, K., & Pendidikan, V. (2022). PSIKOLOGI , DAN SOSIOLOGI DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM Rasma Afifah Ujang Nurjaman Faiz Karim Fatkhulloh Abstrak Abstact Al Qalam : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Vol . 16 , No . 3 Mei - Juni 2022 Al Qalam : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyar. 16(3), 936–950.
Rahman, I., Zulmuqim, & Masyhudi, F. (2023). The Influence of Nizamiyah Madrasas on Development Islamic Education and Sunni Orthodoxy INFO ARTIKEL ABSTRAK. UNES Journal of Social and Economics Research, 8(2), 1–14. Retrieved from https://ojs.ekasakti.org/index.php/UJSCR
Romadhon, M. S., Padil, M., & Zuhriyah, I. A. (2024). STRATEGY STRENGTHENING QUALITY MANAGEMENT IN. 04(01), 50–61.
Saputri, H. A., & Santosa, S. (2024). Hera+Apriliana+Saputri+Galley. 10(3), 1163–1170.
Sun’an, S. B., Anwar, K., & Rajab, K. (2023). Analisis implementasi metode pendidikan Islam Abdurrahman Al-Nahlawy di Madrasah Singapura. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 197–208. https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i2.14332
Suprapto. (2020). Integrasi Moderasi Beragama Dalam Pegembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Integration of Religious Moderation in the Development of the Islamic Religious Education. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(3), 355–368. Retrieved from http://jurnaledukasikemenag.org
Supriatna, A., Musyadad, V. F., Latip, A. D. A., Sundulusi, C., & Syach, A. (2022). Konsep Pendidikan Islam Menurut Nizham Al-Mulk Serta Kontribusinya Terhadap Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 659–674. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2132
WACHIDAH, S. N. (2021). Konstruksi Pendidikan Islam Di Era Global Menurut Azyumardi Azra. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(3), 177–186. https://doi.org/10.51878/cendekia.v1i3.404
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH NUSANTARA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










