Eksplorasi Teori Generatif-Transformatif: Konsep Inti, Perkembangan, dan Aplikasi Empiris

Authors

  • Mauluddiya Saniyatul Iskaq Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Aulan Nuriyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Puteri Mayla Ramzhi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • M. Yunus Abu Bakar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya https://orcid.org/0000-0002-9311-2444

DOI:

https://doi.org/10.61722/jinu.v2i6.7118

Keywords:

Teori Generatif-Transformatif, Konsep inti, Perkembangan, Aplikasi Empiris

Abstract

Teori Generatif-Transformatif yang dikemukakan oleh Noam Chomsky menyatakan bahwa manusia memiliki kemampuan berbahasa yang bersifat bawaan, sehingga dapat menghasilkan jumlah kalimat yang tak terbatas melalui prinsip-prinsip gramatikal yang sistematis. Kerangka ini menekankan perbedaan antara strutur dalam dan struktur permukaan sebagai cerminan sifat kreatif dalam produksi bahasa. Perkembnaganya dipengaruhi oleh sejumlah tokoh penting seperti Zellig Haris yang merintis analisis transformasi, Roman Jakobson dan Moris Halle yang mengembangkan fonologi generatif, Erick Lennebergh yang menegaskan dasar biologis serta masa kritis pemerolehan bahasa, Jean Berco Gleason dengan “Wug Test” yang menunjukan kemampuan anak menerapkan aturan gramatikal, serta Joan Bresnan yang memperluas tepri sintaksis melalui Lexical-Functional Grammar. Berbagai evaluasi empiris-meliputi eksperime perkembangan bahasa, studi neurolinguistik hingga penelitian korpus lintas bahasa menguatkan pandangan bawa bahasa merupakan sistem generatif yang kompleks dan dibentuk oleh interaksi kognitif, biologis, dan sos.

References

Abdul Basit, M. A., & Kholifatul Ummah, R. P. (2018). Aplikasi Teori Generatif-Transformatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Nurussalam Krapyak Yogyakarta. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, II(2), 155–171.

Abdurakhman, O., & Rusli, R. K. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).

Aribowo, L. (2018). Neurolinguistik : Menerapkan Konsep dan Teori Linguistik. Deskripsi Bahasa, 01, 23–24.

Effendi, M. S. (2012). Linguistik Sebagai Ilmu Bahasa. Jurnal Perspektif Pendidikan, 5(1), 97–101.

Fabrori, F. M. (2023). Teori Generatif Transformatif Noam Chomsky : Analisis Dalam Hadis Nabi Tentang Niat. Al-Bayan: Journal of Hadith Studies, 2(1), 1–11.

Fadillah, J. A., Satriani, J., Badrus, M., & Nur, I. (2021). Madzhab dan Istinbath Hukum. Al-Hikmah: Jurnal Studi Agama-Agama, 7(2), 235–245.

Junaedi, D., Bakar, M. Y. A., & Fuad, A. Z. (2023). Implikasi pemikiran rekonstruksionisme Ismail Raji Al-Faruqi dalam pendidikan Islam. Ta’dibuna (Jurnal Pendidikan Islam), 12(1), 45–61. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i1.9105

Mahbubi, A., Aqilah, N., Arroyyanah, & Abu Bakar, M. Y. (2023). Implementasi Teori Generatif Transformatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. An-Nidzam: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 10(2), 211–228. https://doi.org/https://doi.org/ 10.33507/an-nidzam.v10i2.1127 Vol.10.

Nahar, N. I. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran. Nusantara ( Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial ), 1.

Nurul Mivtakh, B. A. (2023). Teori Tata Bahasa Generatif Transformatif Chomsky serta Aplikasinya dalam Gramatikal Bahasa Arab. ALLAIS: Journal of Arabic Language and Literature Studies Teori, 2(1), 67–79.

Permata, B. A. (2009). Teori Generatif-Transformatif Noam Chomsky dan Relevansinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Empirisma, 24(2), 179–187.

Qorny, A. El. (2018). Analisis Generatif-Transformatif dalam Hadist Tentang Keutamaan Ilmu. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, II(1), 79–95.

Rohmah, N., Firdausiyah, A., & Bakar, M. Y. A. (2023). Implementasi Madzhab Teori Belajar Behaviorisrik dalam Proses Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Lahjah : Jurnal Pendidikan, Bahasa Arab Dan Kajian Linguistik Arab, 6(2).

Safitri, I. D., Azmy Hilmani, A. Z., & Abu Bakar, M. Y. (2024). Menggali Esensi Teori Generatif Transformatif Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. KAMPUS AKADEMIK PUBLISING Jurnal Ilmiah Nusantara ( JINU), 1(6), 353–364.

Salsabila, A. N., Hanifah, H., & Yunus Abu Bakar, M. (2025). Implementasi Teori Behavioristik dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab Siswa. Jurnal Ilmiah Nusantara ( JINU), 2(1).

Setiyadi, A. C. (2018). PENGAJARAN BAHASA DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF: Analisis atas Teori Transformatif- Generatif Noam Chomsky. At-Ta’dib, 4(July 2009). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v4i1.569

Shidqul Wafa, M. A., & Muttaqin, M. (2025). Teori Transformatof Generatif Noam Chomsky dan Implementasi pada Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Injazat Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Universitas Annuqayah, 1(1), 52–65.

Ummah, A. R., Sekarningrum, R., & Abu Bakar, M. Y. (2025). Menelusuri Jejak Teori Generatif-Transformatif : Dari Pokok Pikiran Hingga Uji Coba Lapangan. Jurnal Ilmiah Nusantara ( JINU), 2(3), 109–125. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jinu.v2i3.4415

Yaqzhan, J., Yusuf, M., Nengrum, D. A., Transformatif, T. G., & Wabah, H. T. (2021). TEORI GENERATIF TRANSFORMATIF NOAM CHOMSKY ( STUDI ATAS HADIS NABI TENTANG WABAH ) NOAM CHOMSKY ’ S TRANSFORMATIVE GENERATIVE THEORY ( STUDY OF THE PROPHET ’ S HADITH ABOUT THE PLAGUE ). Jurnal Yaqzhan, 7(1).

Zahra, H. Z., Prilliano, B., & Yunus Abu Bakar, M. (2025). Pendalaman Teori Mazhab Kognitivistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Ilmiah Nusantara ( JINU), 2(3), 441–450.

Downloads

Published

2025-11-28