Implementasi Pendekatan Behavioristik pada Proses Belajar Bahasa Arab

Authors

  • Ayu Nabilla Syaputri Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Nova Fitri Ananda Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • M. Fiqih Dwi Firmansyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • M. Yunus Abu Bakar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya https://orcid.org/0000-0002-9311-2444

DOI:

https://doi.org/10.61722/jinu.v2i6.7121

Keywords:

Behavioristik, Implementasi, Pembelajaran, Bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggali pemahaman tentang penerapan Madzhab Teori Belajar Behavioristik dalam kegiatan pembelajaran bahasa arab. Kajian ini dilakukan dengan menelaah berbagai buku dan artikel ilmiah untuk meghasilkan rumusan penelitian yang lebih menyeluruh. Dalam kehidupan sehari-hari, memperoleh pengetahuan merupakan kebutuhan manusia. Di dunia pendidikan terdapat beragam teori yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang perolehan pengetahuan, salah satunya teori belajar behavioristik. Oleh karena itu, penelitian ini menitikberatkan pada implementasi teori tersebut dalam praktik pembelajaran agar dapat dipahami dan diterapkan dengan tepat. Dengan mengkaji secara mendalam pokok-pokok pemikiran, tokoh, perkembangan, serta uji coba yang berkaitan dengan teori behavioristik, diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan pembelajaran bahasa arab.

References

Arab, P. B. (n.d.). ةغللا ميلعت يف ا ه م ادختساو ةيكولسلا ةيرظنلا ةروربم روتنوك مالسلا راد ةعماج. 87–107.

Aziz, A. A., & Muhid, A. (2022). TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DALAM KITAB BUGHYATUL IKHWAN KARYA IMAM RAMLI. 4(2), 444–461.

Behavioristik, D. P. (2021). ثحبلا صلختسم. 23(1), 87–108.

Nurul Wahyuni, & Wahidah Fitriani. (2022). Relevansi Teori Belajar Sosial Albert Bandura dan Metode Pendidikan Keluarga dalam Islam. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 11(2), 60–66. https://doi.org/10.33506/jq.v11i2.2060

Rohmah, N., Firdausiyah, A., & Yunus Abu Bakar, M. (2023). Implementasi Madzhab Teori Belajar Behaviorisrik dalam Proses Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Lahjah: Jurnal Pendidikan, Bahasa Arab, Dan Kajian Linguistik Arab, 6(2), 9–22. https://doi.org/10.32764/allahjah.v6i2.3717

Salsabila, A. N. (2025). Implementasi Teori Behavioristik dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab Siswa. 2(1).

Yasin, A., Hidayana, S. R., & Zarkasyi, A. H. (2024). Teori Behaviorisme (Albert Bandura) dan Implementasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Kegiatan Halaqah Lughawiyah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 6801–6806. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4669

Maulana, H., & Adi, M. (2020). أ ةيكول سلا ةيرظنلا نع فشكلا لى ا ةسارلدا هذه فدته. 10(1), 22–31.

Oktavia, L. (2022). Penerapan Teori Belajar Behavioristik B . F Skinner dalam Memotivasi Siswa pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. 53–61.

Teori, A., Edward, B., Dan, T., Dalam, I., & Mi, P. S. D. (2020). Analisis teori behavioristik (edward thordinke) dan implementasinya dalam pembelajaran sd/mi. 7, 15–25.

Komputasi, P., Behavioristik, T., Edward, T., & Thorndike, L. (2023). Attractive : Innovative Education Journal. 5(2).

Hull, C., Guthrie, E., & Thorndike, M. (2014). Teori Belajar Behavioristik.

September, V. N. (2022). Tujuan dan penerapan teori behaviorisme dalam pembelajaran. 2(5), 260–271.

Penulisan, A., Kunci, K., & Belajar, T. (2020). 1 , 2 , 3. 9(1), 24–34.

Miguel, J. F. S., González, M., Gascón, A., Moro, J., Hernández, J. M., Ortega, F., Jiménez, R., Guerras, L., Romero, M., Casanova, F., Sanz, M. A., Sanchez, J., Portero And, J. A., & Orfao, A. (1992). Lymphoid subsets and prognostic factors in multiple myeloma. British Journal of Haematology, 80(3), 305–309. https://doi.org/10.1111/j.1365-2141.1992.tb08137.x

Stitnu,+Journal+manager,+2.+Hermansyah-Final. (n.d.).

Skinner, B. F., & Skinner, B. F. (n.d.). BAB II TEORI BEHAVIORAL SOSIOLOGI-BURRHUS FREDERIC SKINNER.

Sidratul Azis, H. (2024). TEORI PENGKONDISIAN KLASIK (IVAN PAPLOVE). Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 14(2), 507–514. https://doi.org/10.23887/jjpf.v14i2.85830

Setiawan, A. P. (2017). Aplikasi Teori Behavioristik dan Konstruktifistik dalam Kegiatan Pembelajaran di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Wijaya Mojokerto. Ta’dibia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 6(2), 33. https://doi.org/10.32616/tdb.v6.2.16.33-46

Purnamasari, N. I. (2020). Siginifikansi Teori Belajar Clark Hull dan Ivan Pavlov bagi Pendidikan Islam Kontemporer.

Karakteristik Teori-teori Pembelajaran. (2023). Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 4(1). https://doi.org/10.30596/jppp.v4i1.13431

Chikmah, K. R., Muniroh, S. Z., Putri, R. T. D., & Bakar, M. Y. A. (2023). Efektivitas 5 Madzhab Teori Belajar (Behavioris, Kognitifistik, Konstruktifistik, Generatif, Dan Humanistik Untuk Penerapan Pembelajaran Bahasa Arab: The Effectiveness of 5 Learning Theory Schools (Behaviorism, Cognitivism, Constructivism, Generativism, and Humanism) for Implementing Arabic Language Learning. MUHIBBUL ARABIYAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 103–118. https://doi.org/10.35719/pba.v3i2.130

Mursyidi, W. (2020). Kajian Teori Belajar Behaviorisme Dan Desain Instruksional. Almarhalah, 3(1), 33–38. https://doi.org/10.38153/alm.v3i1.30

Abidin, A. M. (2022). Penerapan Teori Belajar Behaviorisme dalam Pembelajaran ( Studi Pada Anak ). 15(1), 1–8.

Latif, N. S., Uptd, G., & Marusu, S. (1984). Teori belajar behaviorisme. 1991.

Downloads

Published

2025-11-22