REDESIGN UI/UX SEKOLAHDESAIN.ID MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING DI PT SOLUSI DESAIN BANGSA
DOI:
https://doi.org/10.61722/jirs.v2i2.5474Keywords:
redesign, ui/ux, design thinking, sekolahdesain.id.Abstract
Abstrack: Digital transformation has revolutionized education, making online learning crucial. Online platforms offer flexibility, but their success hinges on optimal UI/UX. Poor UI/UX design leads to frustration and user abandonment. High-quality UI/UX analysis is increasingly vital for startups, as good design enhances valuation. Sekolahdesain.id, a platform by PT Solusi Desain Bangsa, aims to enhance graphic design skills but faces challenges with inconsistent navigation and visual presentation. This research applies a Design Thinking approach to create innovative and measurable solutions, emphasizing user needs. The goal is to create a user-friendly and effective learning platform, improving both aesthetics and functionality. Research results show a Maze Usability Score of 57 (moderate) for the account registration landing page (5 users), and 71 (moderate) for the redesigned quiz. The average SUS score of 78.85 (Grade B, "Good") for the redesigned Sekolahdesain.id 2025 platform indicates a user-friendly and satisfying system, although further improvements are possible.
Keywords: redesign, ui/ux, design Thinking, sekolahdesain.id.
Abstrak: Transformasi digital telah mengubah pendidikan, menjadikan pembelajaran daring krusial. Platform daring Recommendations for improvement will be further developed.menawarkan fleksibilitas, namun keberhasilannya bergantung pada UI/UX yang optimal. Desain UI/UX yang buruk menyebabkan frustrasi dan pengguna meninggalkan platform. Analisis UI/UX berkualitas tinggi semakin penting bagi startup, karena desain yang baik meningkatkan valuasi. Sekolahdesain.id, platform PT Solusi Desain Bangsa, bertujuan meningkatkan keterampilan desain grafis, tetapi menghadapi tantangan navigasi dan tampilan yang tidak konsisten. Penelitian ini menerapkan pendekatan Design Thinking untuk menciptakan solusi yang inovatif dan dapat diukur, dengan penekanan pada kebutuhan pengguna. Tujuannya adalah menciptakan platform yang ramah pengguna dan efektif untuk pembelajaran, memperbaiki estetika dan fungsionalitas. Hasil penelitian menunjukkan Maze Usability Score 57 (sedang) untuk halaman landing pendaftaran akun (5 pengguna), dan 71 (sedang) untuk redesain kuis. Skor SUS rata-rata 78.85 (Grade B, "Good") untuk redesain platform Sekolahdesain.id 2025 mengindikasikan sistem yang mudah digunakan dan memuaskan pengguna, meskipun masih ada potensi peningkatan. Rekomendasi perbaikan akan dikembangkan lebih lanjut.
References
Aulia, H., Setyadi, H. J., & Jundillah, M. L. (2024). Perancangan ulang UI/UX website e-learning UNMUL menggunakan metode design thinking. JITSI : Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 5(4), 128–133. https://doi.org/10.62527/jitsi.5.4.294
Azzahra, S., Hadi, S., & Rejito, J. (2022). Penerapan design thinking pada perancangan UI/UX website Spectrum Fitness Purwakarta. JITSI : Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 3(3), 67–74. https://doi.org/10.30630/jitsi.3.3.66
Bila, D. S., & Indah, D. R. (2023). Perancangan ulang UI-UX desain website BKKBN Provinsi Sumatera Selatan dengan metode design thinking. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika Dan Komputer, 3(6), 746–753. https://doi.org/10.30865/klik.v3i6.870
Efendi, Y., Tashid, T., Yenni, H., Rio, U., & Muzawi, R. (2021). Redesign web sekolah metode user centered design. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 3 (3), 317 24. https://doi.org/10.47065/bits.v3i3.1098
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH RESEARCH STUDENT

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.