MODEL DAN TEKNIK PEMBELAJARAN DALAM KONTEKS PENDIDIKAN SOSIOLOGI KONTEMPORER

Authors

  • Bielva Fitriana Nurhasanah Universitas Negeri Jakarta
  • Seftyyani Tri Rahma Universitas Negeri Jakarta
  • Artha Leena Citra Setyowati Universitas Negeri Jakarta
  • Suyuti Suyuti Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61722/jirs.v2i2.5636

Keywords:

Kata kunci: pendidikan sosiologi, problem‑based learning, project‑based learning, teknologi pembelajaran, TPACK.

Abstract

Penelitian ini bertujuan merangkum model dan teknik pembelajaran paling relevan bagi pendidikan sosiologi kontemporer, yang menuntut proses belajar lebih kritis, kontekstual, dan berbasis teknologi. Kajian ini memakai metode library research seperti menelaah buku, jurnal, dan laporan riset terkini (2020‑2025) untuk memetakan tren, tantangan, dan solusi di lapangan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendekatan student‑centered seperti problem‑based learning (PBL) dan project‑based learning (PjBL) efektif menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, kolaborasi, dan literasi digital mahasiswa. Integrasi teknologi melalui blended learning, flipped classroom, dan pemanfaatan LMS guna untuk memperluas akses sumber belajar sekaligus menjadi objek kajian sosiologi digital. Tantangan utama meliputi keterbatasan infrastruktur, minimnya pelatihan guru, dan kesenjangan antara teori serta praktik sosial. Solusinya mencakup peningkatan kompetensi guru berbasis TPACK, penyesuaian kurikulum agar lebih kontekstual, serta kolaborasi sekolah danmasyarakat. Studi kasus PBL di Madrasah Aliyah An‑Nur Sumenep menegaskan efektivitas pendekatan ini: partisipasi siswa, skor pemahaman materi, dan kemampuan berpikir kritis meningkat signifikan. Simpulan penelitian menyatakan bahwa model pembelajaran yang adaptif, kontekstual, dan terdigitalisasi menjadi kunci agar pendidikan sosiologi mampu menjawab dinamika sosial masa kini dan membentuk lulusan yang peka, reflektif, serta siap menjadi agen perubahan.



References

Tomy Lovendo’Novita Sari,Indra Rahayu Ningsi, 2025. “ TEORI SOSIOLOGI KONTEMPORER” CV, RUANG TENTOR. 31 Januari 2025 80 Halaman.

Vinsuensius Bawa Toron, 2024. “SOSIOLOGI PENDIDIKAN” CV.Ruang Toron, 14 Maret 2024 - 230 Halaman.

Indra Gunawan’ Iwan Ramadhan’Imran, 2023. ‘Pengaplikasikan pembelajaran model jigsaw untuk meningkatkan hasil pemebelajaran siswa” Jurnal tindakan kelas, Universitas Tanjungpura, SMA Negeri 1 Pontianak.

DR. AMIN, S.PD, M.SI’ LINDA YURIKE SUMENDAP,M. PD “MODEL PEMBELAJARAN KONTEMPORER” Pusat Pemerintahan LPPM, Universitas Islam 45 Bekasi.

Dr. Mukhammad Abdullah, M.Ag 2020. “Manajemen pendidikan kontemporer” Konstruksi pendekatan berbasis budaya dan kearifan lokal, CV CENDIKIA PRESS, ISBN : 978-623-7438-94-6, Juli 2020.

Sri Handayani, S.Pd.,M.Pd, Prod.Dr.Sri Umi Mintarti W., S.E, E.P., Ak’Rizza Megasari, S.Pd., M.Pd. 2020 “ Model pembelajaran inovatif di era revolusi industri 4.0” Buku Ajar Strategi pembelajaran ekonomi.PT.Literindo Berkah Jaya

Theodora Indah Jati’Rayi Ambarwati,Raynasari’Tamrin, 2024. “Pemikiran Ibnu Khaldun tentang pendidikan dan relevansi dalam sistem pendidikan kontemprer. Institusi Agama Islam Sunan Giri Ponorogo Indonesia.

Dr. Munifah, M.Pd 2020. “REKONSEPSI PENDIDIKAN KARAKTER ERA KONTEMPORER” Konstruksi episistem penguatan pendidikan karakter (PPK) di indinesia melalui evaluasi model CIPP. CV CENDEDIA PRESS

Indra’Margiyono 2023 “ISU ISU KONTEMPORER PENDIDIKAN ISLAM” PT SADA KURNIA PUSTAKA.

Suyuti’Devi septiandini’Ike aryani, 2024. “IMPLEMTASI MODEL PROBLEM BASE LEARNING PADA MATA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH SWASTA AN-NUR SUMENEP”, Jurnal review pendidikan dan pengajaran.

Putri’Lesti’Ayu, 2024.”ANALISA MODAL SOSIAL TERHADAP KEBERLANJUTAN KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI NELAYAN DI PONDOK BESI KOTA BENGKULU” Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles