PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA

Authors

  • Fadhilatus Sholihah Ahfa Universitas Negeri Jakarta
  • Dimas Galih Universitas Negeri Jakarta
  • Theresa Leda Redo Universitas Negeri Jakarta
  • Suyuti Suyuti Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61722/jirs.v2i2.5642

Keywords:

active learning, sosiologi, pembelajaran partisipatif

Abstract

Penelitian ini mengkaji penggunaan metode pembelajaran aktif dalam pengajaran Sosiologi melalui analisis literatur. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Konstruktivisme Piaget yang pentingnya keterlibatan aktif siswa dalam membangun pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana konsep dan prinsip pembelajaran aktif dapat diterapkan dalam pengajaran Sosiologi pada tingkat sekolah menengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan cara studi pustaka, di mana informasi diambil dari jurnal akademik, buku, dan artikel yang relevan. Pembahasan artikel ini mencakup empat bagian penting, yaitu: (1) konsep dan prinsip pembelajaran aktif dalam konteks pembelajaran Sosiologi, (2) karakteristik pembelajaran Sosiologi serta tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaannya, (3) studi kasus mengenai penerapan pembelajaran aktif dalam kelas Sosiologi berdasarkan kesimpulan dari berbagai sumber literatur, dan (4) menerapkan penerapan pembelajaran aktif terhadap efektivitas pembelajaran Sosiologi. Temuan dari kajian ini menunjukkan bahwa pembelajaran aktif dapat meningkatkan keterlibatan siswa, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan menjadikan proses belajar lebih relevan serta bermakna. Dengan demikian, metode ini memiliki potensi untuk menjadi pendekatan yang tepat dan efektif dalam menghadapi tantangan pengajaran Sosiologi di zaman pendidikan yang terus berubah.

References

Aini, F., Adawiyah, L. R., Yolanda, R., Efendi, S., & Asna, A. (2024). Implikasi Teori Belajar dalam Pembelajaran. Inklusi: Jurnal Pendidikan Islam dan filsafat, 1(01).

Bonwell, C. C., & Eison, J. A. (1991). Active Learning : Creating excitement in teh classroom (ASHE-ERIC Higher Education Report No. 1). Washington, DC: The George Washington University, School of Education and Human Development.

Fatimah, F., Syamsudduha, S., & Jamilah, J. (2016). Pengaruh Guided Note Taking Active Learning. Jurnal Biotek, 4(1), 168–177

Maswi, R. Z., Syahrul, & Datuk, A. (2022). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sosiologi di Madrasah Aliyah Al‑Hikmah Bahri Ternate Kabupaten Alor. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2395–2402.

Nurfitria, N. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 8 Malinau. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 3(2), 227–233.

Pardjono. (2016). Active Learning: The Dewey, Piaget, Vygotsky, and Constructivist Theory Perspectives. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(3).

Putri, U. K., & Junaidi, J. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Sosiologi Melalui Model PBL Berbantuan Media TTS pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Batang Gasan. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(1), 44–51

Subair, M. A. F., Kurnia, R., Majid, M., & Magfirah, N. (2024). Optimalisasi Metode Pembelajaran Discovery Learning pada Pembelajaran Sosiologi di SMA Negeri 3 Maros. JUPENDIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 171–180.

Suyuti, Suyuti, & Septiandini, Devi. (2024). Strategi Pembelajaran Sosiologi. Rayaz Media

Toha, S. M. (2018). Pelaksanaan metode active learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 79-93.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles