Peranan Pendidikan Dalam Upaya Membentuk Nilai Sosial Dan Budaya Pada Peserta Didik Kelas 6 di SD Negeri 3 Lumpatan

Authors

  • Aulia Ersyliasari UIN Raden Fatah Palembang
  • Anisa Wulandari UIN Raden Fatah Palembang
  • Saprina Putri Vannisa UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v1i3.1410

Keywords:

Anak-anak, Nilai Sosial, Nilai Budaya, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena mulai menghilangnya nilai-nilai sosial dan budaya pada diri anak-anak dan remaja saat ini. Fenomena ini ditunjukkan dengan maraknya kasus hilangnya rasa toleransi, bullying dan intimidasi yang kerap terjadi di sekolah maupun diluar sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana peranan lembaga Pendidikan dalam membentuk dan menumbuhkan kembali nilai sosial dan budaya pada anak-anak sebagai generasi penerus sekaligus melihat keterlibatan orang tua dalam menyokong prosesnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan peran pendidikan dalam membentuk nilai sosial dan budaya pada anak sangatlah besar. Karena di lingkup pendidikan anak-anak akan berinteraksi dengan banyak orang yang multikultural. Namun begitu, peran orang tua tetap dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan tersebut karena anak akan meniru segala sesuatu yang dilakukan oleh orang tuanya.

References

Atika, Aisyah. (2023). Pola asuh anak usia dini untuk meningkatkan keterampilan sosial anak. Jawa Tengah: Eureka Media Aksara

Darmodiharjo, D. (1986). Nilai, Norma & Moral Dalam Penghayatan & Pengamalan Pancasila. Jakarta: Aries Lima

Husamah, Restian Arina, Widodo Rohmad. (2019). Pengantar Pendidikan . Indonesia: UMMPress

Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi (GP Press Group)

Pramono, Eko, dkk. (2022). Upaya Penguatan Karakter Melalui Pendidikan Nilai-Nila Kemanusiaan Pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer. 4 (1), 10.

Putri, E. Derma. (2022). Kasus Bullying Di Lingkungan Sekolah: Dampak Serta Penanganannya. Keguruan: Jurnal Penelitian, Pemikiran dan Pengabdian. 10 (2), 24.

Sari, F. Lintang & Najicha, F. Ulfatun. (2022). Nilai-Nilai Sila Persatuan Indonesia Dalam Keberagaman Kebudayaan Indonesia. JGC: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan. XI (1), 80

Simanjuntak, M.M. (2021). Analisis Nilai Budaya dalam Cerita Rakyat “Mado-mado Nias”, Jurnal Bahasa, 10(4),

Sudjana, Nana. 2004. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Thoha, C. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Downloads

Published

2024-05-23

Issue

Section

Articles