ASSESMEN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TKA MASJID NURUL MUSLIMIN

Authors

  • Eka Damayanti Hasibuan Universitas Islam Sumatera Utara
  • Khadija Khadija Universitas Islam Sumatera Utara
  • Hairani Ananda Putri Universitas Islam Sumatera Utara
  • Diana Siregar Universitas Islam Sumatera Utara
  • Sulaika Marito Nasution Universitas Islam Sumatera Utara
  • Khofifa Juliana Pilpres Universitas Islam Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v1i3.1616

Keywords:

Asessmen; Sosial Emosional; Anak Usia Dini

Abstract

Asesmen perkembangan sosial emosional anak usia dini di TKA Masjid Nurul Muslimin merupakan proses yang penting untuk memahami dan mendukung perkembangan anak secara holistik. Dengan melibatkan berbagai metode asesmen dan memperhatikan aspek-aspek penting dalam perkembangan sosial emosional, TKA Masjid Nurul Muslimin dapat memberikan pendidikan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui analisis terhadap sistem yang sistematis untuk mengukur perkembangan sosial-emosional siswa di TKA Masjid Nurul Muslimin. Metode pada artikel ini menggunakan Metode kualitatif merupakan metode penelitian yang bersifat deskriptif atau menguraikan permasalahan-permasalahan yang ada di lapangan. penelitian kualitatif adalah penelitian untuk menghasilkan data berupa pernyataan dari suaru kejadi yang terjadi dengan berbagai teknik penelitian yang digunakan data penelitian berlangsung.. Hasil penelitian ini bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen perkembangan sosial emosional di TKA Masjid Nurul Muslimin sangat penting untuk membantu anak-anak mengembangkan kemampuan sosial-emosional yang lebih baik. Asesmen ini juga membantu guru dalam mengetahui kelebihan dan kekurangan anak-anak dan memberikan umpan balik yang lebih baik.

References

Suyadi, S. (2017). Perencanaan dan Asesmen Perkembangan Pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), 65–74. http://ejournal.uin- suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/1251

sugiyono. 2019. Metode Penelitihan Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, Dan Penelitian Pendidikan). apri nurya. bandung

Miranda, Dian. R, Marmawi. Yuniarni, Desni. Amalia, Annisa. 2022. “Pengembangan Panduan Penilaian Perkembangan Sosial Anak Usia 4-6 Tahun.” jurnal Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia 7(8.5.2017): 2003–5.

Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181-190.

Miranda, Dian. R, Marmawi. Yuniarni, Desni. Amalia, Annisa. 2022. “Pengembangan Panduan Penilaian Perkembangan Sosial Anak Usia 4-6 Tahun.” jurnal Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia 7(8.5.2017): 2003–5

Dabis, Yuwita. 2019. “Asesmen Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini.” Jambura Early Childhood Education Journal 1(2): 55–65.

Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181-190

Isjoni. (2013). Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2024-06-08

Issue

Section

Articles