ASSESMEN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TKA MASJID NURUL MUSLIMIN
DOI:
https://doi.org/10.61722/jmia.v1i3.1616Keywords:
Asessmen; Sosial Emosional; Anak Usia DiniAbstract
Asesmen perkembangan sosial emosional anak usia dini di TKA Masjid Nurul Muslimin merupakan proses yang penting untuk memahami dan mendukung perkembangan anak secara holistik. Dengan melibatkan berbagai metode asesmen dan memperhatikan aspek-aspek penting dalam perkembangan sosial emosional, TKA Masjid Nurul Muslimin dapat memberikan pendidikan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui analisis terhadap sistem yang sistematis untuk mengukur perkembangan sosial-emosional siswa di TKA Masjid Nurul Muslimin. Metode pada artikel ini menggunakan Metode kualitatif merupakan metode penelitian yang bersifat deskriptif atau menguraikan permasalahan-permasalahan yang ada di lapangan. penelitian kualitatif adalah penelitian untuk menghasilkan data berupa pernyataan dari suaru kejadi yang terjadi dengan berbagai teknik penelitian yang digunakan data penelitian berlangsung.. Hasil penelitian ini bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen perkembangan sosial emosional di TKA Masjid Nurul Muslimin sangat penting untuk membantu anak-anak mengembangkan kemampuan sosial-emosional yang lebih baik. Asesmen ini juga membantu guru dalam mengetahui kelebihan dan kekurangan anak-anak dan memberikan umpan balik yang lebih baik.
References
Suyadi, S. (2017). Perencanaan dan Asesmen Perkembangan Pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), 65–74. http://ejournal.uin- suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/1251
sugiyono. 2019. Metode Penelitihan Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, Dan Penelitian Pendidikan). apri nurya. bandung
Miranda, Dian. R, Marmawi. Yuniarni, Desni. Amalia, Annisa. 2022. “Pengembangan Panduan Penilaian Perkembangan Sosial Anak Usia 4-6 Tahun.” jurnal Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia 7(8.5.2017): 2003–5.
Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181-190.
Miranda, Dian. R, Marmawi. Yuniarni, Desni. Amalia, Annisa. 2022. “Pengembangan Panduan Penilaian Perkembangan Sosial Anak Usia 4-6 Tahun.” jurnal Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia 7(8.5.2017): 2003–5
Dabis, Yuwita. 2019. “Asesmen Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini.” Jambura Early Childhood Education Journal 1(2): 55–65.
Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181-190
Isjoni. (2013). Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.