Peningkatan Kualitas dan Semangat Belajar Anak di PAUD Melati Melalui Metode Belajar Sambil Bernyanyi

Authors

  • Tarisa Ananda Yearin uin raden fatah palembang
  • Tazkia Yukofani UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v1i3.1658

Abstract

Program pengabdian masyarakat dalam bentuk pendidikan ini atas dasar kerja sama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang dengan Desa Sembadak, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan untuk memberikan pengajaran terkait peningkatan kualitas dan semangat belajar dan bimbingan belajar melalui metode bernyanyi kepada anak usia dini (AUD). Berdasarkan hasil pengamatan yang saya amati terhadap perkembangan anak yang belum berkembang dengan optimal sehingga perlu dilakukannya penggunaan metode bernyanyi yang sesuai tema ketika belajar. Dengan adanya metode bernyanyi anak dapat termotivasi dalam belajar sehingga menumbuhkan rasa semangat dalam diri anak. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan semangat anak dalam belajar, sehingga membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, dengan kegiatan belajar sambil bernyanyi agar mudah mengingat setiap apa yang telah disampaikan dan membantu anak usia dini dalam mengembangkan 6 aspek perkembangannya.

References

Abd.Rosyid, Mudrikatul Amaniyah, dkk. (2023) “Internalisasi metode bernyanyi dalam pengenalan bahasa inggris pada anak usia dini di RA Nuruz Sufyan Liridlallah Pamekasan Madura," Jurnal Golden Age, Vol.07 No.2

Fatmawati, dkk. (2020) “Pengaruh Penggunaan Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Mengingat Lambang Bilangan Pada Anak.” WALADUNA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 3, no. 2 : 79–94.

Rani, dkk. (2020) “الأنا والآخر ودوي زالغرب.” Range Management and Agroforestry 4, no. 1 : 1–15.

Sadam, dkk. (2023) “Implementasi Metode Bernyanyi ‘ASYIK’ Dalam Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak RA Daarul Kirom.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6, no. 6 : 3996–4003.

Wicaksono, dkk. (2022). “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Usia Dini.” Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Din 4, no. 2 : 409–10.

Witrin, Nurfitri Yulianti. (2021) “Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Dengan Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Kosa Kata Di Masa Pandemic Covid 19 Increasing Interest in Learning Arabic Language with The Application of Sing Methods In Learning Vocabulary in The Covid-19 Pan.” Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, no. Desember : 32–43.

Downloads

Published

2024-06-11

Issue

Section

Articles