IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA KOLASE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA DINI DI POS PAUD EPORBIA DESA SERDANG MENANG
DOI:
https://doi.org/10.61722/jmia.v1i3.1661Keywords:
Kolase, Motorik halus, Anak usia diniAbstract
Program pengabdian masyarakat dalam bentuk pendidikan ini atas dasar kerja sama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang dengan Desa Serdang Menang, Kecamatan Sirah Pulau Padang, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan untuk meningkatkan motorik halus 14 anak usia dini melalui media kolase gambar masjid. Motorik halus anak ditingkatkan melalui kegiatan menulis, menggunting, dan menempel. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan media kolase gambar masjid lebih efektif daripada metode menempel biasa, karena anak mengenal bentuk masjid sambil mengembangkan motorik halus mereka melalui kegiatan merobek dan menempel kertas origami
References
Afifah, T. S., Sumardi, & Mulyadi, S. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Montase Pada Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 360.
Amelia, & Sumarni, S. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengoptimalkan Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 11(2), 171–180.
Dhieni, N., Yuliantina, I., Soendjojo, R., Yuswanto, D. T., Nurjannah, Riany, Y. E., & Rosmalia, R. (2020). Panduan Penegerian Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Pendidikan Anak Usia Dini.
Hayati, H. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Meronce Bentuk dan Warna pada Kelompok B TK Dharma Wanita Tetebatu. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains, 1(2), 222–223. Diambil dari https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/306%0Ahttps://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/download/306/252
Jantrika, S., & Marlina, S. (2021). Dampak Pembelajaran Saat Pandemi Dalam Menstimulasi Kemampuan Sosial Anak di TK Negeri Pembina 01 Pancung Soal Pesisir Selatan. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(1), 98. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v5i1.1236
Khadijah. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Penerbit Kencana.
Maulana, A., Yunitasari, N., Hikmah, R. N., Rusmana, R., & Khomaeny, E. F. F. (2018). Bermain Ludo Untuk Meningkatkan Sosial Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2a), 2–10. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2a.285
Nisa, K. (2021). Implementasi Penggunaan Kolase dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Paradigma, 12(01), 142–143.
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 2. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Praptiwi, W., & Widyastuti, T. M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Kolase dari Kain Perca Pada Anak Usia 4-5 tahun. Jurnal Exponential (Education For Exceptional Children) Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 3(1), 366. Diambil dari https://journal.upy.ac.id/index.php/PLB/article/view/3576
Riza, M., & Swaliana, A. (2018). Deteksi Perkembangan Kompetensi Motorik Anak. Jurnal As-Salam, 2(3), 45.
Susiani, T. S., Priyatnomo, M. A., & Tantifah, L. (2018). Implementation of Collage Skills on Early Childhood Creativity. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(2), 475. https://doi.org/10.20961/shes.v1i2.26818
Sutrisno, A. (2021). Pentingnya Pendidikan anak di Usia Dini. Jurnal UMJ, 1(1), 2–3.
Yulianto, D., & Awalia, T. (2017). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Montase Pada Anak Kelompok B Ra Al-Hidayah Nanggungan Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016. Pinus, 2(2), 120.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.