EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMAKER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.61722/jmia.v1i3.1750Keywords:
Media Pembelajaran, Animaker, Motivasi BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran didalam kelas sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa di SDN Tanamera I, metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif, yaitu dengan melakukan kegiatan wawancara, observasi, serta dokumentasi serta penelliti menggunakan angket yang akan dikerjakan oleh siswa agar untuk mendapatkan hasil dari penelitian dan dari hasil penelitian ini diperoleh hasil yang pertama, menyatakan bahwa media pembelajaran memiliki pengaruh sangat tinggi terhadap motivasi belajar sehingga siswa tidak mudah bosan ketika mendengarkan pelajaran dari guru. Kedua bahwa sebelum memiliki media pembelajaran guru harus mengetahui apa media yang ingin dipakai itu sesuai dengan materi yang ingin disampaikan kepada siswa didalam kelas sehingga siswa tidak merasa kebingungan menyimak materi yang disampaikan oleh guru. Ketiga media pembelajaran harus jelas arahnya serta harus singkrong dengan materi pelajaran. Keempat dengan media pembelajaran animaker video siswa sangat bersemangat mendengarkan materi yang disampaikan pada saat peneliti melakukan uji coba dikelas.
References
Aini, K., AR, M. M., Hodairiyah, H., Arifa, S., & Astutik, C. (2023). INOVASI PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA MELALUI PELATIHAN PENGEMBANGAN E-COMIC BAGI GURU SDN KEBUNAGUNG II SUMENEP. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(2), 1622-1635.
Aini, K., AR, M. M., & Ridwan, M. (2024). Growing Numeral Literacy Skills through Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics Based on Local Wisdom. MIMBAR PGSD Undiksha, 12(1).
AR, M. M., Aini, K., & Armadi, A. (2023). KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK BERBASIS STEAM. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 2894-2902.
AR, M. M., & BASRI, H. (2018, September). PENGARUH PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MAHASISWA PGSD. In Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2.
Ar, M. M., Aini, K., & Hidayatillah, Y. (2024). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Literasi-Numerasi Digital Guru Sekolah Dasar Di Era Merdeka Belajar. Darmabakti: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(01), 111-125.
Ar, M. M., & Aini, K. (2023). The Implementation of Ecoliteracy as a Learning Resource to Improve Environmental Care Attitudes in Elementary Schools. In Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar) (Vol. 10, No. 1, pp. 122-134). Indonesia University of Education. Jl. Mayor Abdurachman No. 211, Sumedang, Jawa Barat, 45322, Indonesia. Web site: https://ejournal. upi. edu/index. php/mimbar/index.
AR, M. M., Hardiansyah, F., Aini, K., Armadi, A., & Astutik, C. (2023). Pelatihan Game Edukasi Berbasis Sdgs Dalam Upaya Membentuk Karakter Melalui Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru Mi Ziyadatul Ulum Desa Kambingan Barat. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(1), 416-424.
AR, M. M., & Hardiansyah, F. (2022). Prosocial behavior of elementary school students based on gender differences in society 5.0. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(3), 390-396.
AR, M. M., & Hardiansyah, F. (2022). Analisis optimalisasi peran guru dan orang tua dalam mendampingi anak selama pembelajaran daring siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 423-432.
AR, M. M., Rasyid, S. F., & Ridwan, M. (2021). Legacy of heroic values education kh. abdullah sajjad from madura assisted with learning comics for sd/mi students in sumenep. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 14(1), 79-88.
AR, M. M., Zainuddin, Z., Aini, K., & Mutia, T. (2022). Analysis of Numeration Literacy Program Implementation In Low Class Learning. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 3134-3137.
AR, M. M., & Asmoni, A. (2023, December). IDENTIFIKASI POLA ASUH ORANG TUA PERANTAU KE-JAKARTA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK SEKOLAH DASAR (STUDI SDN KALIANGET BARAT V SUMENEP MADURA). In PROSIDING SNAPMA (Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat LPPM UNIPMA) (Vol. 1, pp. 111-119).
AR, M. M., Sulalah, A., & Astutik, C. (2024). STRATEGI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI ERA MERDEKA BELAJAR. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(3), 301-308.
Armadi, A., AR, M. M., Wafa, A. S., Yasir, M., Fattah, M. K., & Fadila, F. (2023). Pengabdian Budidaya Garam Dan Dampak Dari Peluasan Wilayah Tambak Garam Beserta Penanaman Pohon Di Desa Galis Kec. Gili Genting. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 5(3), 147-152.
Armadi, A., AR, M. M., & Wardi, M. (2024). Analysis of Field Dependent and Field Independent Cognitive Styles in Solving Science Problems in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(3), 1159-1166.
Astuti, Y. P., & AR, M. M. (2023). Implementation of the Campus Teaching Program Batch 3 in Building Scientific Literacy in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(7), 5140-5149.
CHOLI, A. (2023). Buku Ajar Problematika Bimbingan dan Konseling.
Damayanti, N. P. U. I., AR, M. M., & Aini, K. (2024). KETERKAITAN PEMBELAJARAN RAGAM GEOGRAFIS DAERAH DENGAN DIAGRAM VENN DAN BILANGAN BULAT. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 102-109.
Delia, 2020 “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif mata kuliah medan elektromagnetik”, Jurnal Edukasi@Elektro Vol.5, No.1, hal: 11-18.
Hardiansyah, F., AR, M. M., Hidayatillah, Y., & Astutik, C. (2023). UTILIZATION OF ECO-LITERACY IN SCIENCE LEARNING AS A TEACHING MEDIA IN ELEMENTARY SCHOOLS. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 1384-1396.
Hardiansyah, F., & Abuyamin Rasia, M. M. (2022, April). Enhancing Students' Learning Motivation through Changing Seats in Primary School. In Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar) (Vol. 9, No. 1, pp. 253-268). Indonesia University of Education. Jl. Mayor Abdurachman No. 211, Sumedang, Jawa Barat, 45322, Indonesia. Web site: https://ejournal. upi. edu/index. php/mimbar/index.
Hermawan hary, 2018. Metode kuantitatif untuk riset bidang kepariwisataan Yogyakarta: open sciene framework
Hidayatillah, Y., AR, M. M., Astuti, Y. P., & Kumala, R. S. D. (2023). Pemberdayaan Masyarakat dalam Pencegahan Stunting Desa Aenganyar Kecamatan Giligenting Kabupaten Sumenep. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(05), 1195-1201.
Jamilah, J., AR, M. M., Ridwan, M., Armadi, A., & Aini, K. (2023). Pendampingan Pembelajaran RBUS (Rumah Belajar Ustadzah Sundari) untuk Siswa Sekolah Dasar Sebagai Solusi Pembelajaran di Era Pandemi. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 104-113.
Jemmi burdam. 2013. Role of parents in improving motivation. Jurnal inovasi penelitian. Vol 1. No 2.
Kusumahwardani dewi, dkk. 2022, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Video Animasi Audiovisual Berbasis Animaker Pada Materi Sistem Gerak Manusia, 8(1). Jurnal Educatio
M.mifta. 2013. Fungsi dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Jurnal kwangsan. Vol 1. No 2.
Maheswari galuh, pramudiani puri. 2021, Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Animaker terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Vol 3, No 5. Jurnal ilmu pendidikan
Nilamsari natalina. 2014. Memahami studi dokumen dalam penelitian kualitatif. Jurnal wacana. Vol 13. No 2.
Nurrita teni. 2018. Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal ilmu-ilmu al-quran, hadis, syariah dan tarbiyah. Vol 3. No 1.
Nasution. 2013. Berbagai pendekatan dalam proses belajar mengajar. Jakarta. Pt bumi aksara.
Ridwan, M., AR, M. M., Budiyono, F., & Sukitman, T. (2023). Improve The Numeracy Skills of Fifth-Grade Students Through Self-Efficacy in Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(3), 526-535.
Rohani, 2018, manfaaat media dalam pembelajaran vol 7. No 1 E-ISSN: 2580-0450.
Rozalisa mita, 2015, Wawancara, sebuah interaksi komunikasi dalam penelitian kualitatif, Jurnal ilmu budaya, Vol. 11, no. 2.
Uno. 2017. Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta; pt bumi aksara.
Shiddiq, A. (2022). The Foundation's Leadership Strategy for Developing Nurul Mannan Elementary School in West Banjar Gapura Sumenep. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 3094-3097.
Sukitman, T., Hardiansyah, F., & AR, M. M. (2023). PENGUATAN NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Karaton: Jurnal Pembangunan Sumenep, 3(1).
Zaki ahmad. 2020. Penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran pkn. Jurnal ilmu pendidikan. Vol 7. No 2. ISSN 2550-0686.
Zainuddin, Z., AR, M. M., Hidayat, F., & Fadhilah, A. (2021). Penguatan komunikasi orang tua dan guru terhadap perkembangan belajar siswa sekolah dasar. Prosiding SNAPP, 119-122.
.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.