Impact of Using Information and Communication Technology in Elementary School Education
Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Pendidikan di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.61722/jmia.v1i4.2199Keywords:
TIK, Pendidikan, Sekolah Dasar, Kualitas PembelajaranAbstract
Di era digital saat ini, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memiliki peran yang sangat signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Penerapan TIK di sekolah dasar dapat memberikan berbagai keuntungan, seperti peningkatan kualitas pembelajaran dan pengembangan keterampilan digital siswa. Artikel ini mengkaji penggunaan TIK di sekolah dasar, manfaat yang ditawarkan, tantangan yang dihadapi, strategi untuk mengoptimalkan penerapannya, serta kajian teoritis yang mendukung. Secara umum, guru masih banyak menggunakan metode dan media konvensional dalam mengajar, yang menyebabkan kurangnya motivasi siswa. Penelitian menunjukkan bahwa TIK dapat membuat pembelajaran lebih interaktif dan menarik, membantu siswa memahami materi lebih baik. Namun, implementasi TIK juga menghadapi tantangan, seperti keterbatasan infrastruktur dan biaya tinggi untuk pengadaan perangkat serta perangkat lunak yang dibutuhkan .Strategi untuk mengoptimalkan penggunaan TIK meliputi pengembangan infrastruktur yang memadai dan penyelenggaraan pelatihan berkelanjutan bagi guru.
References
Abdaul Huda, Irkham. 2020. “Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasa.”
Aisy, Rifdah Rihhadatul, Lailatul Hasanah, Nazwa Fenty Nurmalita, Gedungan Barat, and Jawa Timur. 2024. “Pengaruh_Penggunaan_Teknologi_Informasi_Dalam_Mana.” 1(4):46–53.
Akbar, Amin, and Nia Noviani. 2019. “Tantangan Dan Solusi Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan Di Indonesia.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 2(1):18–25.
Anisah, Syahid Suhandi Aziz, and Ferdian Ari Bowo. 2021. “Pengaruh Pembelajaran Investigasi Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Manajerial 15(1):1–4.
Ardiana, Reni. 2023. “Implementasi Media Berbasis TIK Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini.” Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1):103–11. doi: 10.37985/murhum.v4i1.117.
Fadriati, Fadriati, Litasari Muchlis, and Iman Asroa BS. 2023. “Model Pembelajaran PAI Dengan Project Based Learning Berbasis ICT Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA.” Islamika 5(1):177–88. doi: 10.36088/islamika.v5i1.2542.
Gardner, H. 2020. Multiple Intelligences: New Horizons in Theory and Practice.
Handayani, Rani Irma, Tuti Haryanti, and Titin Kristiana. 2022. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi ( TIK ) Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Anggota Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama ( IPNU ) Ciledug.” 1(2):69–76.
Hudayati, Nur, Yayuk Andayani, and Eka Junaidi. 2021. “Pengaruh Persepsi Guru Tentang TIK Terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran IPA SMA/MA Se-Kecamatan Gerung.” Chemistry Education Practice 4(1):84. doi: 10.29303/cep.v4i1.2233.
Intang, D Odol BPuguh Jayadi, Pratiwi Susanti, Nasrul Rofiah Hidayati, Slamet Riyanto, Bekti Kiswardianta. 2022. “OPTIMALISASI E-LEARNING DI SMKCENDEKIA MADIUN MELALUI PELATIHAN GOOGLE CLASSROOM BAGI GURU.”
Miningsih, Sri. 2019. “IMPLEMENTASI TIK DALAM PEMBELAJARAN MENDENGARKAN DI SEKOLAH DASAR.” Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret (November):102–14.
Rahmania, Nita. 2022. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Abstrak PENDIKDAS : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Model Pembelajaran Merupakan Salah Satu Metodologi Yang Diciptakan Dunia Pendidikan Dalam .” 03(01):1–5.
Rahmi, Ulfia, Abna Hidayati, and Azrul Azrul. 2020. “Pelatihan E-Learning Untuk Mengintegrasikan Tik Dalam Pembelajaran Bagi Guru-Guru Sma.” Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 4(1):34. doi: 10.20956/pa.v4i1.6710.
Rivalina, Rahmi, and Sudirman Siahaan. 2020. “Pemanfaatan Tik Dalam Pembelajaran: Kearah Pembelajaran Berpusat Pada Peserta Didik.” Jurnal Teknodik 73–87. doi: 10.32550/teknodik.v0i2.690.
Rostati, and Nita Rahmania. 2022. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR STKIP HARAPAN BIMA.”
Siregar, Zakaria, and Topan Bilardo Marpaung. 2020. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran Di Sekolah.” BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) 3(1):61–69. doi: 10.30743/best.v3i1.2437.
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Umardulis. 2019. “Peningkatan Kompetensi Guru Menggunakan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Melalui Supervisi Klinis. Https://Pajar.Ejournal.Unri.Ac.Id/Index.Php/.”
Vygotsky, L. S. 2018. “Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes.”
Wahyuni, Anggun, Nurratri Kurnia Sari, and Tri Sutrisno. 2022. “Pengaruh Literasi Digital Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 02 Ngadiluwih Kecamatan Matesih Kabupaten Karangayar Tahun Pelajaran 2020/2021.” EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar 5(2):118–24. doi: 10.26740/eds.v5n2.p118-124.
Wulan, Lilik Dewi Candra, and dan Lia Hikmatul Prayogo, Muhammad Suwignyo Aula. 2023. “PENGARUH TEKNOLOGI DIGITAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SDN 03 MANGLI JEMBER.”
Yulianto, Agus. 2021. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK PADA SISWA KELAS V SD YPPK DON BOSCHO BUDHI MULIA MERAUKE.” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 01(02):7–8.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.