Analisis Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Sumenep

Authors

  • Ike Yuli Mestika Dewi STKIP PGRI Sumenep
  • Fitriana Minggani STKIP PGRI Sumenep
  • Mohamad Suhaidi STKIP PGRI Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v1i4.2334

Keywords:

Analisis; Strategi Guru; Motivasi Belajar; Matematika

Abstract

Kajian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengeksplorasi berbagai faktor ketidaksukaan siswa terhadap matematika dan mengetahui berbagai strategi pembelajaran matematika yang dilakukan oleh guru di sejumlah sekolah dasar di Kabupaten.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik, yaitu teknik wawancara mendalam (indepth interview), observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis isi (content analisys) untuk mengurai data-data yang telah didapatkan, serta bersifat deskriptif dimana data dideskripsikan sekaligus dilakukan analisis mendalam dengan cara berfikir reflektif. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran di kalangan siswa sekolah dasar yang terjadi di sejumlah sekolah dasar di Kabupaten Sumenep. Antara lain, siswa memang kurang berminat pada matematika, apatis karena keterbatasan matematis, dan pembelajaran guru yang monoton. Untuk mengatasi problem tersebut, para guru melakukan langkah-langkah taktis dalam pembelajaran dengan menggunakan strategi dan pendekatan dalam pembelajaran.

References

Aini, K., Hidayatillah, Y., AR, M. M., Bahri, S., & Astuti, Y. P. (2023). Pelatihan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDN Palongan. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 659-669.

Aini, K., AR, M. M., & Ridwan, M. (2024). Growing Numeral Literacy Skills through Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics Based on Local Wisdom. MIMBAR PGSD Undiksha, 12(1).

AR, M. M., & Asmoni, A. (2023, December). IDENTIFIKASI POLA ASUH ORANG TUA PERANTAU KE-JAKARTA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK SEKOLAH DASAR (STUDI SDN KALIANGET BARAT V SUMENEP MADURA). In PROSIDING SNAPMA (Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat LPPM UNIPMA) (Vol. 1, pp. 111-119).

AR, M. M., Asmoni, A., & Aini, K. (2024). The Relationship of the 5th Batch Campus Teaching Program to Literacy and Numeracy Skills in Elementary Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2).

Armadi, A., AR, M. M., & Aini, K. (2022). Training and Coaching Strengthening Character Education Based On School Culture InThe Upper Class Of Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Tamidung Batang-Batang. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 144-151.

Asmoni, A., & Hodairiyah, H. (2022, November). IMPROVING TEACHER ABILITY IN CLASSROOM MANAGEMENT POST COVID-19 PANDEMIC AT INTEGRATED ISLAMIC ELEMENTARY SCHOOL, PANGARANGAN SUMENEP. In Proceeding International Conference on Digital Education and Social Science (Vol. 1, No. 1, pp. 1-6).

Asmoni, A., & Kuswandi, I. (2021). College Survive Strategy Through Risk Management. Praniti Wiranegara (Journal on Research Innovation and Development in Higher Education), 1(1), 01-09.

Asmoni, D., & MPd, S. E. (2018). The Entrepreneurial Leadership of Headmaster in Realizing Achievement School: Case Study at Public Junior High School 1 Lamongan East Java Indonesia.

Asmoni, A. (2019). KAPITALISME, PROFESIONALISME DOSEN, DAN PERAN PEMERINTAH PADA PENDIDIKAN TINGGI. Reflektika, 14(2), 103-126.

Asmoni, M., & Fathurrahman, M. (2018, July). Strengthening School Committee as an Effort to Increase Community Participation. In 2018 3rd International Conference on Education, Sports, Arts and Management Engineering (ICESAME 2018) (pp. 98-102). Atlantis Press.

Astuti, Y. P., & Astutik, C. (2024). PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA TIK MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT SDN KALIANGET TIMUR IX. Jurnal Akademik Pengabdian Masyarakat, 2(4), 90-99.

Astuti, Y. P., & Jamilah, J. (2024). Penerapan Model Cooperative Learning dengan Teknik Two Stay Two Stray dalam Pembelajaran Ipas di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 8-8.

Astuti, Y. P., & AR, M. M. (2023). Implementation of the Campus Teaching Program Batch 3 in Building Scientific Literacy in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(7), 5140-5149.

CHOLI, A. (2023). Buku Ajar Problematika Bimbingan dan Konseling.

Damayanti, N. P. U. I., AR, M. M., & Aini, K. (2024). KETERKAITAN PEMBELAJARAN RAGAM GEOGRAFIS DAERAH DENGAN DIAGRAM VENN DAN BILANGAN BULAT. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 102-109.

Dewi, Ike Yuli Mestika (2019). Karakter Toleran Pada Anak Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Berkualitas. Banter : CV AA Rizki

Dewi, Ike Yuli Mestika (2020) Metematika Teologis untuk Mengembangkan Kecerdasan Spritual Siswa Sekolah Dasar. Banten : YPSM

Dewi, Ike Yuli Mestika (2020). Pengembangan Karakter Toleran Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Melalui Pendekatan Saintific Approach Di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Sumenep. ELSE (Elementary School Education Journal). Volume 4 Nomor 1 Pebruari 2020. https://journal.um-surabaya.ac.id/pgsd/issue/view/442. hlm. 80

Fathurrahman, F., Asmoni, A., & Al Faruq, M. S. (2022). Servant Leadership dalam Program Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Era Digital. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 7(2), 51-60.

Fathurrahman, F., Asmoni, A., & Sidi, A. (2018, October). The Entrepreneurial Leadership of Headmaster in Realizing Achievement School: Case Study at Public Junior High School 1 Lamongan East Java Indonesia. In 3rd International Conference on Educational Management and Administration (CoEMA 2018) (pp. 19-22). Atlantis Press.

Hardiansyah, F., Armadi, A., AR, M. M., & Wardi, M. (2024). Analysis of Field Dependent and Field Independent Cognitive Styles in Solving Science Problems in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(3), 1159-1166.

Hamzah B. Uno – Nina Lamatenggo (2016).Tugas Guru dalam Pembelajaran Aspek yang Memengaruhi. Jakarta : Bumi Aksara

Hidayatillah, Y., Wahdian, A., & Misbahudholam, M. (2022). Peran Sekolah melalui Kegiatan Pembiasaan Terintegrasi Pembelajaran IPS untuk Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(4), 1422-1433.

Jamilah, J., AR, M. M., Ridwan, M., Armadi, A., & Aini, K. (2023). Pendampingan Pembelajaran RBUS (Rumah Belajar Ustadzah Sundari) untuk Siswa Sekolah Dasar Sebagai Solusi Pembelajaran di Era Pandemi. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 104-113.

Kuswandi, I., & Asmoni, A. (2023). Epistemologi Keilmuan Pesantren Pendekatan Multidisipliner. DINAMIKA: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman, 8(2), 23-34.

Kuswandi, I., Tobroni, T., In'am, A., Khozin, K., & Asmoni, A. (2021). INTERCONNECTION MODEL OF MORALS-REASONING-RESEARCH IN PESANTREN CURRICULUM. Ulul Albab, 22(1), 69.

Muhsetyo, Gatot, dkk (2016). Pembelajaran Matematika SD . Banten : Universitas Terbuka

Murhaini, Suriansyah (2016).Menjadi Guru Profesional Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yogjakarta : LaksBang-Pressindo

Nurhadi, A., Idris, H., & Asmoni, A. (2021). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Membudayakan Akhlaqul Karimah Siswa di Madrasan Aliyah Negeri Sampang. re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 4(1), 60-71.

Ridwan, M., AR, M. M., Budiyono, F., & Sukitman, T. (2023). Improve The Numeracy Skills of Fifth-Grade Students Through Self-Efficacy in Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(3), 526-535.

Rohaeti, Euis Eti, dkk (2019).Pembelajaran Inovatif Matematika Bernuansa Pendidikan Nilai dan Karakter. Bandung : PT Refika Aditama

Rosmala, A. (2021). Model-model pembelajaran matematika. Bumi Aksara.

Sama, S., Bahri, S., & AR, M. M. (2022). Realizing creative innovative education through increasing digitalization skills in learning with canva media in the era of smart society 5.0. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 70-81.

Sembiring, J. br. (2024).”Pengembangan Media Papan Daily Number Pada Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Kelas II SD”. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri,hlm 10.

Sukitman, T., Hardiansyah, F., & AR, M. M. (2023). PENGUATAN NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Karaton: Jurnal Pembangunan Sumenep, 3(1).

Winarni, Endang Setyo – Sri Harmini (2011).Matematika untuk PGSD. Bandung : Rosda Karya

Wulandari, S. (2020). Media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat siswa belajar matematika di smp 1 bukit sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43-48.

Zainuddin, Z. (2021, December). Kepatuhan Pesantren terhadap Program Vaksinasi Nasional di Era New Nomal. In ICONIS: International Conference on Islamic Studies (Vol. 5, pp. 17-26).

Downloads

Published

2024-08-05

Issue

Section

Articles