PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART BOX TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA FASE A PADA MATA PELAJARAN IPS
DOI:
https://doi.org/10.61722/jmia.v2i1.3173Keywords:
Learning Media, Smart Box, Learning ResultsAbstract
The use of smart boxes as learning media is a solution by providing more interesting and fun learning material. Social studies learning which tends to be abstract and complex requires a more interesting approach so that students can understand the material more easily. The aim of this research is to find out how smart box learning media is used to produce learning outcomes for phase A students. The method used in this writing is a descriptive-qualitative research method which involves observation, analysis, observations, interviews, and describing an event or phenomenon. that occurs in a research object. The results of this research show that the impact of using Smart Box learning media can result in an increase in phase A student learning outcomes in social studies subjects.
References
Aminah, Siti, and Eka Yusnaldi. 2024. “Pengembangan Media Smart Box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Kependidikan 13(3):3077–86.
AR, MM, Asmoni, A., Aini, K., & Wardi, M. (2024). Hubungan Program Studi Pengajaran Kampus Angkatan V dengan Kemampuan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan , 16 (2), 1999-2011.
Ar, M. M., Aini, K., Hardiansyah, F., & Kunci, K. (2024). Pelatihan PengembanganMedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Literasi-numerasi Digital Guru Sekolah Dasar di Era Merdeka Belajar. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 01(February 2023), 111–125.
AR, M. M., & Asmoni, A. (2023, December). IDENTIFIKASI POLA ASUH ORANG TUA PERANTAU KE-JAKARTA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK SEKOLAH DASAR (STUDI SDN KALIANGET BARAT V SUMENEP MADURA). In PROSIDING SNAPMA (Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat LPPM UNIPMA) (Vol. 1, pp. 111-119).
Asmoni, A., & Hodairiyah, H. (2022, November). IMPROVING TEACHER ABILITY IN CLASSROOM MANAGEMENT POST COVID-19 PANDEMIC AT INTEGRATED ISLAMIC ELEMENTARY SCHOOL, PANGARANGAN SUMENEP. In Proceeding International Conference on Digital Education and Social Science (Vol. 1, No. 1, pp. 1-6).
Aspiati, Ahid Hidayat, and Arvyaty. 2023. “Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Anak Usia Dini Dengan Media Kotak Pintar Di TK Barakti Kota Kendari.” Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO 6(2):141–50.
Astuti, Y. P., & Astutik, C. (2024). PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA TIK MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT SDN KALIANGET TIMUR IX. Jurnal Akademik Pengabdian Masyarakat, 2(4), 90-99.
Fadila, Marshanda Nur, and Fachrur Rozie. 2024. “Pengaruh Penggunaan Media Smart Box Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Materi ‘Telling Time’ Siswa Kelas IV SDN Bulak Banteng 1/263 Surabaya.” Indo-MathEdu Intellectuals Journal 5(3):3565–76. doi: 10.54373/imeij.v5i3.1350.
Hardiansyah, F., Armadi, A., AR, M. M., & Wardi, M. (2024). Analysis of field dependent and field independent cognitive styles in solving science problems in elementary schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(3), 1159-1166.
Hsb, Siti Fatimah Handayani, Nurul Intan Humairah, Marini Joy Stella Simanjuntak, Fika Salsabilla Amar, Shopia Veronica Manurung, Putri Luthfiah Ritonga, Joy Firdaus Hamonangan Silalahi, and Tri Indah Prasasti. 2024. “Penerapan Media Bahan Ajar Smartbox Dalam Pembelajaran BIPA Pada Materi Pengenalan Kuliner Etnis Simalungun.” JICN : Jurnal Intelek Dan Cendekiawan Nusantara 1(3):3303–4.
Maharani, Suci, Nurmayani, Halimatusakdiah, Faisal, and Masta Marselina Sembiring. 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Smart Box Untuk Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri 065006 Belawan TA. 2023/2024.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8(2):27498–510.
Putri, Defita Berliani, Fauziyyah Muna Karomah, and Isna Rahmawati. 2024. “Penerapan Media Smart Box Dengan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri 1 Gumul Materi Sumber Daya Alam Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ).” Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran 01(04):751–57.
Putri, Tama Sofiyani, Nurul Kusuma Dewi, and Yeni Yudha Ekawati. 2024. “Penerapan Media Smart Box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Kelas IV SD Materi Kekayaan Budaya Indonesia.” Jurnal Media Akademik 2(10):545–54.
Ramadani, Angely Noviana, Kartika Chandra Kirana, Umi Astuti, and Arita Marini. 2023. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Dunia Pendidikan (Studi Literatur).” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora 2(6):784–808.
Sari, Elfin Purnama, Frendy Aru Fantiro, and Ima Wahyu Putri Utami. 2024. “Pengembangan Media Smart Box Berbasis Permainan Monopoli Dalam Kalimat Transitif Dan Kalimat Intransitif Peserta Didik Kelas 4 Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 09(02).
Suhaemi, Andi, Endang Tri Asih, and Fitriyah Handayani. 2020. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar Ips Sd.” Jurnal Holistika 4(1):36. doi: 10.24853/holistika.4.1.36-45.
Sukaryanti, A., Murjainah, M., & Syaflin, S. L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Pintar Keragaman Di Indonesia Untuk Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 7(1), 140. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i1.675
Sudarto, Muhammad Amin, and Suriana. 2024. “PENGARUH MEDIA SMART BOX TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 216 TALUNGENG.” 3(10):36–43.
Sugiantara, I. Putu, Ni Made Listarni, and Krisnanda Pratama. 2024. “Urgensi Pengembangan Media Pembelajaran Lingkaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Literasi
Trisari, Maria Novi, and Suprayitno. 2023. “Pengembangan Media Kotak Misteri Dalam Pembelajaran IPS Materi Jenis-Jenis Usaha Ekonomi Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jpgsd 11(4):890–902.
Wijayani, Titis Ghani, and Nurul Aini. 2024. “Pengembangan Media Smart Box Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran PKN Pada Materi Pancasila.” Jurnal Kajian Ilmiah Interdisiplinier 8(6):962–73.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Yusnaldi, Eka. 2024. “Pengembangan Media Smart Box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Kependidikan 13(3):3077–86.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.