ETNOMATEMATIKA: KESENIAN TANJIDOR DI KELURAHAN CIJANTUNG DAN KAITANNYA DALAM PENERAPAN KONSEP MATEMATIKA

Authors

  • Syifa Najwa Putri Universitas Indraprasta PGRI
  • Ananda Muazizah Universitas Indraprasta PGRI
  • Fauzi Mulyatna Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v2i1.3515

Keywords:

Ethnomathematics; Tanjidor; Traditional musical instruments.

Abstract

Ethnomathematics is a science that studies the relationship between mathematics and culture. There are cultural elements in mathematics, for example traditional food, traditional buildings, regional dances, regional musical instruments and even regional musical arts which have mathematical concepts in them. The culture from which we can explore ethnomathematics is Betawi regional art, namely the tanjidor musical instrument which originates from Betawi. The aim of this researcher is to preserve cultural arts. This research uses a qualitative research method with an ethnographic approach model. The results of the research can show that the art of the Tanjidor musical instrument has several mathematical concepts for each instrument, namely the concept of size of the Tanjidor musical instrument, the concept of lines, the concept of flat shapes, the concept of space and the concept of numbers on the Tanjidor musical instrument.

References

Fadilah, W. S. Alim, A. Zumrudiana, I. W. Lestari, A. Baidawi, and A. D. Elisanti, Pendidikan karakter. Bojonegoro: Agrapana Media, 2021.

F. Widiandari and T. Hamami, “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Pendekatan Humanistik Di Indonesia,” At-Ta’dib J. Ilm. Prodi Pendidik. Agama Islam, vol. 14, no. 2, pp. 164–174, 2022, doi: 10.47498/tadib.v14i2.1562.

D. Ilham, “Menggagas pendidikan nilai dalam sistem pendidikan nasional,” Didakt. J. Kependidikan, vol. 8, no. 3, pp. 109–122, 2019, doi: 10.58230/27454312.73.

S. Wulandari, D. A. Dewi, and Y. F. Furnamasari, “Peran pendidikan kewarganegaraan dalam mengembangkan rasa toleransi di kalangan siswa sekolah dasar,” Edumaspul J. Pendidik., vol. 6, no. 1, pp. 981–987, 2022, doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.2505.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003.

H. Burhanuddin, “Pendidikan Karakter dalam Perspektif Al Qur’an,” Al-Aufa J. Pendidik. Dan Kaji. Keislam., vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2019, doi: 10.36840/alaufa.v1i1.217.

F. Mulyatna, A. Z. Jinan, C. N. Amalina, E. P. Widyawati, G. A. Aprilita, and H. Suhendri, “DESKRIPSI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK,” Transform. J. Pendidik. Mat. dan Mat., vol. 7, no. 1, pp. 107–118, 2023, doi: 10.36526/tr.v7i1.2854.

F. Mulyatna, “Proses Pembentukan Konsep dalam Menemukan Kembali Teorema Pythagoras dan Miskonsepsi yang Terjadi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI),” Arith. Acad. J. Math, vol. 1, no. 1, pp. 1–22, 2019, doi: 10.29240/ja.v1i1.762.

A. P. Mardiyati, M. I. A. H. Al Hasyir, and F. Mulyatna, “Ethnomathematics: Exploring Mathematical Concepts in the Art of Lenggang Nyai Dance,” MathSciEdu J. Math. Sci. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 53–62, 2024, doi: 10.19109/MathSciEdu.v1i1.22172.

F. Mulyatna and W. Kusumaningtyas, “Simbolisasi dalam Metode Numerik sebagai Representasi Konsep dan Prosedur,” Numer. J. Mat. dan Pendidik. Mat., pp. 73–86, Dec. 2017, doi: 10.25217/numerical.v1i2.129.

W. F. Maulana and H. Suhendri, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT AND SATISFACTION) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA,” J. Innov. Res. Knowl., vol. 3, no. 5, pp. 1127–1134, 2023, https://www.bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/6753.

A. Lisgianto and F. Mulyatna, “Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik,” in Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 2021, pp. 15–28, https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5558.

S. W. Apriliyani and F. Mulyatna, “Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras,” in Prosiding Seminar Nasional Sains, 2021, vol. 2, no. 1, pp. 491–500, https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389.

A. Nurrahmah, S. Seruni, and F. Mulyatna, “Engklek and Dakon Traditional Games as Mathematical Learning Innovation,” 2020, https://prosiding.upgris.ac.id/index.php/iccsv2019/iccsp220/paper/view/3184.

F. Mulyatna, A. Nurrahmah, and Seruni, “PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA DI MGMP MATEMATIKA KOMISARIAT CISARUA,” in Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2023, vol. 4, pp. 101–109, https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/39357.

D. Oktavianti, A. R. Hakim, A. Hamid, N. Nurhayati, and F. Mulyatna, “Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Jakarta dan Kaitannya dengan Pembelajaran Matematika,” JKPM (Jurnal Kaji. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 1, pp. 29–44, 2022, doi: 10.30998/jkpm.v8i1.14921.

F. Mulyatna, A. Karim, and Y. Wiratomo, “EKSPLORASI KEMBALI ETNOMATEMATIKA PADA JAJANAN PASAR DI DAERAH CILEUNGSI,” Cartes. J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 2, pp. 76–84, 2022, doi: 10.33752/cartesian.v1i2.2477.

N. S. Harahap and A. Jaelani, “Etnomatematika pada Permainan Tradisional Engklek,” Parad. J. Pendidik. Mat., vol. 15, no. 1, pp. 86–90, 2022, doi: 10.24114/paradikma.v15i1.35995.

S. F. D. Patri and S. Heswari, “Etnomatematika dalam seni anyaman Jambi sebagai sumber pembelajaran matematika,” J. Inov. Penelit., vol. 2, no. 8, pp. 2705–2714, 2022, doi: 10.47492/jip.v2i8.1150.

F. M. Dharsono, “Eksplorasi Tari Badaya Wirahmasari Rancaekek,” Skripsi: Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, 2023.

F. Adinugraha, A. I. Ponto, and T. R. Munthe, “POTENSI KEBUDAYAAN BETAWI SEBAGAI PENDEKATAN KEARIFAN LOKAL DAN BUDAYA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI,” EDUPROXIMA (Jurnal Ilm. Pendidik. IPA), vol. 2, no. 2, pp. 55–66, 2020, doi: 10.29100/eduproxima.v2i2.1625.

N. Normah, “Peran Multimedia Dalam Pembelajaran Kebudayaan Betawi Bagi Siswa Sekolah Dasar,” Cakrawala-Jurnal Hum., vol. 15, no. 2, pp. 1–15, 2015, doi: 10.31294/jc.v15i2.4902.

Fitriani, “MUSIK TANJIDOR DALAM PESTA PERNIKAHAN MELAYU DI DESA PENDAWAN KECAMATAN SAMBAS TAHUN 1970-2015,” J. SAMBAS (Studi Agama, Masyarakat, Budaya, Adat, Sejarah), vol. 6, no. 2, pp. 67–75, 2023.

I. Azhari, I. Ismunandar, and C. Silaban, “Eksistensi Kesenian Tanjidor di Kota Pontianak,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 7, no. 9, 2017.

Y. Permadi, N. Nafi’iyah, and N. F. Apriliani, “Aplikasi Pembelajaran Peralatan Tanjidor Berbasis Android,” Joutica, vol. 1, no. 2, pp. 1–6, 2017, doi: 10.30736/jti.v1i2.45.

A. Purwanto, Konsep dasar penelitian kualitatif: Teori dan contoh praktis. Lombok Tengah: Penerbit P4I, 2022.

I. Isnaningrum and M. A. Wahab, “Eksplorasi Etnomatematika Pada Kue Tradisional Di Daerah Magelang,” J. Ilmu Pendidik. dan Sos., vol. 1, no. 4, pp. 499–508, 2023, doi: 10.58540/jipsi.v1i4.113.

S. Ramadhan, “Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Pada Masyarakat Suku Pekal Kecamatan Malin Deman Sebagai Sumber Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama,” Skripsi: Prodi Tadris Matematika, Jurusan Sains dan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Tadris Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno Bengkulu, 2024.

Downloads

Published

2024-12-23

Issue

Section

Articles