PENINGKATAN MINAT KEMAMPUAN SPEAKING SKILL PADA SISWA TINGKAT ATAS MELALUI PROGRAM ENGLISH CLUB

Authors

  • Herman Jufri Andi Universitas Islam Madura
  • Badrut Tamam Universitas Islam Madura
  • Abdur Rouf Universitas Islam Madura
  • Ina Daril Hanna Universitas Islam Madura
  • Robiatul A Universitas Islam Madura

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v2i1.3861

Keywords:

Speaking ability; English Club; Upper secondary student; English language development.

Abstract

Kemampuan berbicara dalam bahasaInggris (speaking skill) merupakan salah satu aspek penting yang harus dikuasai oleh siswa di tingkat menengah atas, namun sering kali menjadi tantangan besar bagi banyak siswa. English Club sebagai sarana untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran English Club dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa tingkat menengah atas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan kegiatan English Club di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa English Club dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam berbicara bahasa Inggris, memperluas kosa kata mereka, serta mendorong siswa untuk berinteraksi lebih aktif dalam bahasaInggris. Meskipun demikian, tantangan seperti kurangnya waktu menjadi hambatan dalam mengoptimalkan program ini. Penulis rekomendasi untuk memberikan dukungan dari pihak sekolah dan pengembangan kegiatan yang lebih variatif dan menarik.

References

Hasan, N., Pandey, M. K., Ansari, S. N., & Purohit, V. R. (2022). An Analysis of English Communication Skills. World Journal of English Language, 12(3), 194–202. https://doi.org/10.5430/wjel.v12n3p194

Imansari, N., Sudewi, P. W., Mega, A., & Putri, J. (2024). Meningkatkan Keterampilan Public Speaking dan Kemahiran Berbicara Bahasa Inggris Melalui Program English Club bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama Improving Public Speaking Skills and English Proficiency through an English Club Program for Junior High School Students. 9(4), 765–774.

Kurniati. (2023). Correlation between Participation in English Club, Learning Motivation, and Students’ Confidence in Speaking: A Quantitative Study at SMPN 1 Pangkalanbaru, Central Bangka Regency. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 19173–19180. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/9419

Mamaliga, A. (2023). The role of English in the age of globalisation. 124–127. https://doi.org/10.53486/icspm2023.17

Noviyanti, M. (2021). Implementasi Program UKM English Club Mahasiswa Non-English Department. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(1), 35–46. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i1.588

Sudewi, P. W. P. A. M. J. I. N. (2022). PKM_Academic Writing Training at SMAN 1 Karrosa. 1(2), 14–18.

Suherman, H. L. B. D. D. J. F. Y. (2022). Implementasi Kegiatan Esktrakurikuler English Club DalamMengembangkan Keterampilan Berbahasa Inggris. Jurnal Al Amin, 3(1), 108–116.

Downloads

Published

2025-01-18

Issue

Section

Articles