Kualitas dan Daya Tahan Produk Makeup Brand Lokal untuk Rias Pengantin Internasional: Analisis Perkembangan dan Tantangan
DOI:
https://doi.org/10.61722/jmia.v2i2.4378Abstract
This study aims to examine the quality and durability of local Indonesian makeup brands in the context of international bridal makeup. The research method used is a literature review, collecting and analyzing various related publications regarding local makeup products, especially concerning product durability and quality under extreme conditions. The findings indicate that local Indonesian makeup products, such as Wardah, Make Over, Emina, and others, have shown competitive quality and can withstand extreme conditions, although challenges remain, such as consistency between batches and performance outdoors. Despite these challenges, the use of local products in international bridal makeup is increasingly accepted due to continuous innovations.
References
Agustin, Raymond Bagas Dhani. 2025. “Peran Sosial Media Marketing Terhadap Pembelian Secara Berulang Dengan Mediasi Kecintaan Merek, Kesadaran Merek, Kepercayaan Merek, Loyalitas Merek Pada Brand Fashion Maternal Disaster Di Indonesia.”
Betty, Betty Rahayu, Tri Yuli, Hassanudin Nursalim, and Akfin Fadillah. 2023. “PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PERUSAHAAN JASA RIAS DAN DEKORASI MAHKOTA JOMBANG: Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen.” EBA Journal: Journal Economic, Bussines and Accounting 10(2):73–88.
Bintang, Agung. 2021. Sosial Pedia. CV Jejak (Jejak Publisher).
Fatimah, Siti, Najmatul Haya Zen, and Azmi Fitrisia. 2025. “Literatur Riview Dan Metodologi Ilmu Pengetahuan Khusus.” Innovative: Journal Of Social Science Research 5(1):41–48.
Hardiyanti, Marsa Faaiza, S. Mutiah, and M. I. Kom. 2024. “STRATEGI CO-BRANDING ANTARA AZARINE DAN MARVEL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK.” The Commercium 8(1):67–76.
Herawati, Anjanis Dewi, Mohammad Yahya Arief, and Randika Fandiyanto. 2023. “Pengaruh Brand Awareness Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Seafood Situbondo.” Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME) 2(7):1434–51.
Herlina, Nina, and Aldy Santo Hegiarto. 2024. “Personal Branding Mua Nina Make Up Pada Media Sosial Instagram@ Nhrl. N.” EKONOMIKA45: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan 12(1):514–29.
Ifadah, Raida Amelia, Pinasthika Rizkia Warapsari Wiratara, and Chairul Anam Afgani. 2022. “Ulasan Ilmiah: Antosianin Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan.” Jurnal Teknologi Pengolahan Pertanian 3(2).
Maheswara, Elma Ayudhia, Diana Ambarwati, and Nurali Agus Najibul Zamzam. 2023. “Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Elmayudia Makeup Kediri.” Business and Investment Review 1(5):83–93.
Murniati, Aniek, S. Sos, M. Ak, Raisa Fitri, and S. Ab. 2024. Kewirausahaan. Uwais Inspirasi Indonesia.
Noviana, Salsabilla. 2021. “Tanggung Jawab Tata Artistik Pada Divisi Make Up & Wardrobe Dalam Pembuatan Video Klip ‘Sulur-Romantisme Kehidupan.’”
Omar, Yaumil Atia A. A. 2024. “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN DUTA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI CITRA MEREK (STUDI KASUS PADA PENGGUNA PRODUK AZARINE COSMETIC DI KOTA MAKASSAR).”
Pramadya, Teguh Puja, and Jusmalia Oktaviani. 2021. “Korean Wave (Hallyu) Dan Persepsi Kaum Muda Di Indonesia: Peran Media Dan Diplomasi Publik Korea Selatan.” Insignia: Journal of International Relations 8(1):87–100.
Putri Dea Giantari, Ni Luh, and I. Wayan Ramantha. 2019. “Pengaruh Motivasi, Lingkungan Keluarga Dan Pendidikan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Akuntansi Reguler.” E-Jurnal Akuntansi 28:1. doi: 10.24843/eja.2019.v28.i01.p01.
Safina, Aurellia. 2024. “PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, DAN PROMOSI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK LUXCRIME DI JAKARTA SELATAN.”
Setiawan, Zunan, Muchtar Muchtar, and Sepriano Sepriano. 2025. Manajemen Pemasaran Strategis. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sihombing, Nikous Soter, Erwin Pardede, Anton Sihombing, and Nowell Dewantara. 2022. Pemasaran Digital. Penerbit Widina.
Sinolungan, Marchella, and Arianis Chan. 2025. “ANALISIS PERAN MEGA, MACRO, DAN MICRO INFLUENCER DALAM PROMOSI PRODUK KECANTIKAN (STUDI PADA KONTEN INFLUENCER DI TIKTOK).” JURNAL LENTERA BISNIS 14(1):69–83.
Surabagiarta, I. Ketut, and Evita Purnaningrum. 2021. “Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, Dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian The Body Shop.” Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR) 2(2):294–301.
Syahla, Salsabila, Sri Irtawidjajanti, and Lilis Jubaedah. 2024. “Perbandingan Penggunaan Primer Cair Dan Primer Gel Sebagai Skin Preparation Untuk Kulit Wajah Berminyak.” Jurnal Adijaya Multidisplin 2(03):510–21.
Wahyuni, Ni Kadek Tara. 2023. “PENGARUH DESIGN PRODUCT, BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE PADA KARIN BEAUTY GLAMOUR SUKAWATI.”
Zuchriadi, Achmad, Fajar Rahayu, Mohammad Rachman Waluyo, and Annastya Bagas. 2021. “PELATIHAN OPTIMASI GOOGLE BISNISKU ANTUK UMKM ANGGOTA KOMUNITAS TANGAN DIATAS (TDA) JAKARTA TIMUR AGAR BISA BERTAHAN SAAT PANDEMI C-19 GOOGLE MY BUSINESS OPTIMIZATION TRAINING FOR UMKM MEMBERS OF THE TANGAN DIATAS (TDA) EAST JAKARTA SO THAT THEY CAN SURVIVE.” PROSIDING 49.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.