Peran Guru Sebagai Garda Utama Penerapan Pendidikan Anti Korupsi Di Lingkungan Sekolah

Authors

  • Risnu Puja Kesuma Universitas Bandar Lampung
  • Anggun Sakinah Universitas Bandar Lampung
  • Zein Norika Marsyanda Universitas Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v2i2.4396

Keywords:

: strategi,pendidikan karakter, integritas, dan keteladanan

Abstract

This study highlights the strategic role of teachers in integrating anti-corruption values into the world of education. Teachers not only function as transmitters of teaching materials, but also as agents of character formation who instill the values of honesty, responsibility, and integrity. Through a curriculum integrated with anti-corruption values, inspiring learning methods, and a conducive learning environment, teachers have an important role in fostering anti-corruption awareness from an early age. Teachers' exemplary behavior in everyday life and involvement in non-formal activities also strengthen the formation of students' character. Collaboration between schools, families, and communities is a supporting factor in creating a young generation with high integrity. Thus, teachers are at the forefront of efforts to build a nation free from corruption.

References

Budimansyah, D. & Suryadi, K. (2008). Pendidikan Karakter. Bandung: Rizqi Press.

Fitriyah,L.,&Mulyasa,E.(2021)."Tantangan Guru dalam Implementasi Pendidikan Antikorupsi di Sekolah Menengah."Jurnal Ilmu Pendidikan, 27(1), 50–62.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2010). Panduan Pendidikan Antikorupsi untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud

Korupsi pemberantasan korupsi.(2020).panduan Pendidikan antikorupsi diperguruan tinggi. Jakarta:KPK.

Komisi pemberantasan korupsi (KPK).Pendidikan antikkorupsi.25 april 2025

Prabowo,A.(2018)pendidikn karakter dalam kegiatan ekstrakulikuler di sekolah.juranal pendidukan dan kebudayaan,24(3),112-121

Siregar,E.(2021) strategi Pendidikan antikorupsi berbasis nilai lokal di era digital. jurnal Pendidikan karakter,11(2),230-241.

Suyatno, et al. (2019). "Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam dan Relevansinya dengan Pendidikan Antikorupsi." Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. 9 No. 2.

Suyanto,s.(2019).peran guru dalam Pendidikan karakter.yogyakarta:Graha ilmu.

Tilaar, H.A.R. (2002). Pendidikan, Kebudayaan dan Masyarakat Madani Indonesia: Strategi Reformasi Pendidikan Nasional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Transparency international.(2023) corruption perceptions index 2023

Uesco. (2005). Guidelines for Strengthening Education Against Corruption

Wibowo,A. (2017).Peran Guru dalam Membangun Karakter Siswa Melalui Pendidikan Antikorupsi. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 123–134.

Zuchi,D.(2011).pendidikan karakter:konsep dasar dan implementasi di sekolah.yogyakarta:UNY press.

Zainudin Hasan..2025. prndidikan antikorupsi. Universitas Bandar Lampung:Lampung

Zainudin Hasan.(2025). Pendidikan anti korupsi: Integrasi pencegahan tindak pidana korupsi di era 4.0. Bandar Lampung: Universitas Bandar Lampung (UBL) Press.

Zainudin Hasan., & Saputri, W. (2024). Upaya pencegahan korupsi melalui pendidikan anti korupsi sejak dini di lembaga pendidikan. Journal of Social Science Research, 4(6).

Zainudin Hasan, Wijaya, B. S., Yansah, A., Setiawan, R., & Yuda, A. D. (2024). (Strategi Dan Tantangan Pendidikan Dalam Membangun Integritas Anti Korupsi Dan Pembentukan Karakter Generasi Penerus Bangsa). Perkara: Jurnal Ilmu Hukum dan Politik, 15.

Downloads

Published

2025-04-30

Issue

Section

Articles