Influence of the Discovery Learning Model on Critical Thinking Skills of Grade 4 Students of SD Negeri Cukir 1 on Fraction Material
Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 4 SD Negeri Cukir 1 Pada Materi Pecahan
DOI:
https://doi.org/10.61722/jmia.v2i3.4505Keywords:
discovery learning, berpikir kritis, critical thinking, kontruktivismeAbstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-experimental dan menggunakan jenis rancangan one group pretest-posttest design. Pengambilan sampel penelitian ini adalah dengan teknik sampling jenuh dengan instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan berpikir kritis yang terdiri dari beberapa soal kemampuan berpikir kritis. Permasalah pada penelitian ini adalah kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa khususnya pada materi pecahan yang dibuktikan dengan nilai hasil pretest dengan rata-rata nilai 66,27. Hasil penelitian yang didapat pada penilitian ini adalah terdapat adanya pengaruh dari model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 4 SDN Cukir 1 pada materi pecahan, pengujian hipotesis yang dilakukan menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05 (5%) dengan hasil pengujian hipotesis t untuk kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh nilai Sig (2 Tailed) 0,00 < 0,05 sehingga Ha diterima.
References
Afiesta, Annisa Aprilia, dan Muliati Syam. “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 9 Samarinda Materi Suhu dan Kalor” 3 (2022).
Hasnan, Syiti Mutia, Rusdinal Rusdinal, dan Yanti Fitria. “Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dan Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4, no. 2 (27 Maret 2020): 239–49. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.318.
Hudojo, Herman. “Mengajar belajar matematika / Herman Hudojo,” 1988. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:172074196.
Muthi’ah, Harisun Salma. “Pengembangan LKPD Berbasis Model Guided Discovery Learning Materi Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas IV Sekolah Dasar,” 2023.
Rachamatika, Tiara, M. Syarif Sumantri, Agung Purwanto, Jatu Wahyu Wicaksono, Alrahmat Arif, dan Vina Iasha. “Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SDN Di Jakarta Timur.” Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 17, no. 1 (8 Februari 2021): 59–69. https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no1.a3162.
Radiatunisa. “Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Di Dusun Karang Kebon Barat Tahun Ajaran 2021/2022,” 2021.
Sugiyono, Prof Dr. “Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D.” Penerbit CV. Alfabeta: Bandung 225, no. 87 (2017): 48–61.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.