PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI PESERTA DIDIK: STUDI KASUS DI SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR

Authors

  • Holikul Mubin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
  • Devi Pramitha Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v2i3.4529

Keywords:

Media Sosial, Konsentrasi Belajar, Chi-Square

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap tingkat konsentrasi peserta didik kelas 8 di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel berjumlah 42 responden dipilih secara acak dari populasi kelas 8. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner yang mengukur durasi penggunaan media sosial dan dampaknya terhadap konsentrasi belajar. Analisis data dilakukan menggunakan uji Chi-Square untuk menguji hubungan antara dua variabel kategori. Hasil uji Chi-Square menunjukkan nilai X² hitung sebesar 9,235 dengan X² tabel pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 12,59. Karena X² hitung < X² tabel, maka H₀ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara intensitas penggunaan media sosial dan tingkat konsentrasi peserta didik. Temuan ini mengindikasikan bahwa konsentrasi belajar tidak hanya dipengaruhi oleh durasi penggunaan media sosial, tetapi juga oleh faktor lain seperti kemampuan manajemen waktu, motivasi belajar, serta dukungan lingkungan belajar. Oleh karena itu, pendidikan literasi digital dan strategi belajar mandiri perlu ditingkatkan dalam mendukung fokus belajar peserta didik.

References

AB. Dimas Ghimby. (2022). PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR Oleh. JOEL Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2091–2104.

Abdurrohman, A., Noor, M., Shodiq, J., Lamongan, U. I., Sosial, M., & Muamalah, F. (2025). Penyebaran Sinematografi Melalui Media Sosial Perspektif Fikih Muamalah Dan Undang- Undang Hak Cipta Asmira. Journal of Islamic Economic Law, 3(1), 1–25.

Aini, Q. (2023). Hubungan Media Sosial TikTok Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa. At-Taujih: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(1), 3.

Ajis, H. (2024). Analisis Pengaruh Game Online Mobile Legends Terhadap Minat. Jurnal Pendidikan Rafflesia, 3(1), 63–72.

Artha Margiathi, S., Lerian, O., Wulandari, R., Putri, N. D., Musyadad, V. F., Pgmi, R., & Santang, I. (2023). Dampak Konsentrasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Primary Edu (JPE), 1(1), 63.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Sage Publications.

Elfa Febriyoli, Martin Kustanti, Rezki Amelia, G. (2024). PEMBIMBINGAN PENGGUNAAN GADGET SECARA SEHAT PADA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kita Semua Vol. 2 No. 3 Desember 2024 [Hal. 199-205] Https://Doi.Org/10.61124/1.Renata.81 PEMBIMBINGAN, 2(3), 199–205.

Farida Payon, F., Andrian, D., & Mardikarini, S. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas III SD. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(02), 53–60. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.397

Fatimah, U. N., Suarni, W., & Kaimuddin, S. M. (2024). Intensitas Penggunaan Media Sosial dengan Motivasi Belajar pada Siswa di SMA Negeri 1 Wawotobi. Jurnal Sublimapsi, 5(3), 417–425.

Fauziah, S. (2023). Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 5(1), 21–27. https://doi.org/10.52005/belaindika.v5i1.100

Kamaruddin, I., Leuwol, F. S., Putra, R. P., Aina, M., Suwarma, D. M., & Zulfikhar, R. (2023). Dampak Penggunaan Gadget pada Kesehatan Mental dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. Journal on Education, 6(1), 307–316. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/2944

Karlina, Taena La, R. (2023). Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi, 8(1), 181–189.

Mustofa, Z., Ulya, I. L., Muqorrobbin, Z., Pangestu, R. T., Rochim, R. L., & Prayitno, M. A. (2023). Strategi Peningkatan Konsentrasi Belajar Siswa dalam Memahami Materi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Damhil Education Journal, 3(1), 19–35. https://doi.org/10.37905/dej.v3i1.1755

MutiaraPuradireja, S., Futri, E., Salsabilla, M., Wahyudin, D., & Caturiasari, J. (2024). Analisis Dampak Sosial Media Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sinektik, 7(1), 8–15. https://doi.org/10.33061/js.v7i1.9183

Nur Cahya, M., Ningsih, W., & Lestari, A. (2023). Dampak Media Sosial terhadap Kesejahteraan Psikologis Remaja: Tinjauan Pengaruh Penggunaan Media Sosial pada Kecemasan dan Depresi Remaja. Jurnal Sosial Teknologi, 3(8), 704–706. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i8.917

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Priska Meita Anggraeni1, W. K. (2025). HUBUNGAN ANTARA SELF-ESTEEM DENGAN FEAR OF MISSING OUT (FOMO) PADA REMAJA PEREMPUAN PENGGUNA AKTIF MEDIA SOSIAL Oleh. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(10), 7327–7338.

Putri, A., Akshan, F. M., Fathir, M. R., Putri, R. T., Damayanti, U., Salsabiila, Z., & Siddiq, R. (2024). Peran Pojoksatu.id dalam Menyebarkan Informasi (Studi Kasus: Media Sosial Tiktok, Instagram dan Facebook). KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 3(1), 57–64.

Saadatun Nikmah, & Theresia Sri Hartati, M. (2022). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa. Pedagogika, 13(Nomor 01), 35–43. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i1.1291

Yusup, A, H., Azizah, A., Reejeki, Endang, S., & Meliza, S. (2023). Literature Review: Peran Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dalam Media Sosial. JPI: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5), 1–13. https://doi.org/10.59818/jpi.v3i5.575

Zimmerman, B. J. (2002). Becoming a Self-Regulated Learner: An Overview. Theory into Practice, 41(2), 64-70.

Downloads

Published

2025-05-13

Issue

Section

Articles