PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL PRAKTIK PANGKAS RAMBUT LANJUTAN
DOI:
https://doi.org/10.61722/jmia.v2i3.4563Keywords:
learning media, video tutorial, haircut practice, vocational educationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan media video tutorial dalam pembelajaran praktik pangkas rambut lanjutan melalui metode Systematic Literature Review (SLR). Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kebutuhan peserta didik vokasional untuk menguasai keterampilan teknis secara efektif dan efisien. Keterbatasan metode konvensional mendorong pemanfaatan media visual seperti video tutorial yang memungkinkan pembelajaran mandiri, fleksibel, dan berulang. Data dikumpulkan melalui Google Scholar dan Publish or Perish dengan kriteria inklusi seperti rentang waktu 2019–2024, konteks pendidikan vokasional, serta fokus pada praktik pangkas rambut. Hasil studi menunjukkan bahwa media video tutorial berkontribusi positif dalam meningkatkan hasil belajar, pemahaman konsep, dan keterampilan psikomotorik peserta didik. Faktor-faktor penentu efektivitas meliputi kualitas penyajian video, sudut kamera, durasi, serta integrasi dengan strategi pembelajaran kolaboratif seperti diskusi dan praktik langsung. Video tutorial juga memberikan akses fleksibel melalui platform digital seperti YouTube dan aplikasi Android. Simpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa video tutorial bukan sekadar alat bantu, tetapi merupakan pendekatan pedagogis yang strategis dalam pendidikan vokasional, khususnya praktik pangkas rambut lanjutan. Implikasi dari temuan ini merekomendasikan integrasi media video dalam kurikulum sebagai strategi pembelajaran berbasis teknologi yang efektif.
References
Alamsyah, N., Erpurini, W., & Handayani, W. (2022). Get Haircut application based on mobile Android using React Native framework. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(4), 381–390. DOI : https://10.0.218.119/fjas.v1i4.1218
Atmaka, S. N., Dwiyanti, S., Maspiyah, & Kusstianti, N. (2024). Penerapan media pembelajaran video pada materi pemangkasan rambut teknik uniform layer siswa kelas XI SMK Negeri 2 Jombang. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(2), 228–234.
Guk, M. (2023). Effectiveness of camera angles in vocational video tutorials: A case study on haircut training. Korean Journal of Beauty & Cosmetology, 19(3), 305–317.
Ha, Y., & Youn, J. (2019). The impact of video-based learning on vocational education: A systematic review. Journal of Vocational Education Research, 12(1), 45–60. DOI : https://doi.org/10.3102/0034654321990713
Kim, M., & Chang, M. (2021). Haircut practice curriculum instruction based on Vygotsky educational theory. Journal of Korean Society of Cosmetology, 27(2), 464–477. DOI: https://doi.org/10.52660/JKSC.2021.27.2.464
Mayer, R. E. (2001). Multimedia learning. Cambridge University Press.
Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (2nd ed.). Cambridge University Press.
Piaget, J. (1970). Science of education and the psychology of the child. Orion Press.
Pujiningrum, D. K., Megasari, D. S., & Puspitorini, A. (2023). Penerapan media video tutorial praktik pemangkasan rambut solid di SMKN 3 Kediri. E-Jurnal Pendidikan Tata Rias, 12(1), 54–62.
Putri, A. B., & Mukti, R. A. (2024). Pengaruh video tutorial terhadap hasil belajar praktik pemangkasan di SMK Negeri 3 Kediri. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 1699–1704.
Ramadany, N., Suhartiningsih, O. K. P., & Wilujeng, B. Y. (2021). Pembuatan video tutorial pemangkasan rambut teknik uniform layer sebagai media pembelajaran di SMK kecantikan. E-Jurnal Pendidikan Tata Rias, 10(3), 29–37. DOI: https://doi.org/10.26740/jtr.v10n3.p29-37
Sari, D. M., & Siagian, S. (2013). Media video pembelajaran pangkas rambut lanjutan berbasis komputer program studi tata rias rambut. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 1–10. ISSN: 1979-6692
Sensoy, B. A., & Bollen, N. P. B. (2016). How much for a haircut? Illiquidity, secondary markets, and the value of private equity. Fisher College of Business Working Paper Series.
Suci, A., & Astuti, M. (2024). Pengembangan media pembelajaran video tutorial pada mata pelajaran pemangkasan dan pewarnaan rambut di SMK N 7 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 9978–9987. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.1068
Turyani S. M. E., et.al. (2016). Modul Guru Pembelajaran Paket Keahlian Tata Kecantikan Rambut: Pemangkasan, Pengeritingan Desain dan Pelurusan Rambut. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.