Analisis Faktor Minat Mahasiswa Generasi Z Kepulauan Bangka Belitung dalam Melakukan Investasi
DOI:
https://doi.org/10.61722/jmia.v2i3.4718Keywords:
Literasi Keuangan, Minat Investasi, Persepsi Resiko InvestasiAbstract
Perubahan yang sangat pesat pada perilaku pengelolaan keuangan pada generasi muda khususnya Generasi Z telah menjadi topic yang sangat penting dan banyak dibicarakan dalam berbagai studi keuangan modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi minat para mahasiswa Generasi Z untuk berinvestasi. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan metode kuantitatif berdasarkan beberapa studi literatur dari berbagai penelitian terdahulu dan kuisioner yang kami sebarkan kepada Generasi Z kususnya mahasiswa. Faktor-faktor utama penentu keputusan investasi Generasi Z yang dikaji dalam penelitian ini meliputi seberapa besar pengetahuan meraka terhadap literasi keuangan sehingga dapat ditentukan bagaimana sikap mereka dalam mengelola keuangan serta bagaimana persepsi mereka terhadap resiko serta faktor-faktor lainnya yang dapat mempengaruhi keputusan mereka dalam berinvestasi seperti kondisi demografis dan sosial. Temuan yang kami temukan dari studi literature menunjukkan bahwa Generasi Z di negara maju lebih tertarik pada sekuritas-sekuritas instrument investasi yang sangat berdampak terhadap individu dan dapat memberikan keuntungan yang sangat tinggi kepada penggunanya seperti crypto dan forex, sementara itu, dinegara-negara berkembang mereka lebih cendrung untuk berinvestasi pada instrument-instrumen investasi yang lebih aman untuk diinvestasikan seperti emas, deposito, saham, dan obligasi. Selain itu, minat para generasi muda untuk berinvestasi juga banyak dipengaruhi oleh literasi-literasi digital yang membahas potensi-potensi keuntungan yang sangat tinggi dari investasi.
References
Burhanudin, H., Mandala Putra, S. B., & Hidayati, S. A. (2021). PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, MANFAAT INVESTASI, MOTIVASI INVESTASI, MODAL MINIMAL INVESTASI DAN RETURN INVESTASI TERHADAP MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram). Distribusi - Journal of Management and Business, 9(1), 15–28. https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i1.137
Ganefi, H. S., & Lesmana, A. S. (2024). Edukasi Keuangan Pelajar: Pengenalan Investasi Pada Generasi Z Untuk Mencapai Tujuan Keuangan. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 3(2), 141–149. https://doi.org/10.37905/ljpmt.v3i2.26923
Putri, R.A., Wahyudi, S. (2024) THE INFLUENCE OF FoMO ON INVESTOR INVESTMENT DECISION. International Conference on Law and Social Science, 1–14.
Mottola, G., & Munson, R. (2023). Gen Z and Investing: Social Media, Crypto, FOMO, and Family. CFA Institute, May, 1–16.
Norjanah, N. F., Usman, O., & Fawaiq, M. (2024). Pengaruh Social Media Influencer dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Reksadana oleh Generasi Z yang Dimediasi oleh FOMO. Lancah, 2(2), 630–638.
Weinbrenner, H. L. (2023). Impact Investment Intentions Of Generation Z: Exploring The Factors That Drive Young Private Investors To Decide For Environmental, Social, And Governance (Esg) Funds.
RHB Trade Smart (2024). Gen Z dan Milenial Mulai Investasi Saham, Ini Fenomenanya. Available at: https://rhbtradesmart.co.id/article/gen-z-dan-milenial-mulai-investasi-saham-ini-fenomenanya1/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.