PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CANVA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATERI AJAR PASAR SMA NEGERI 13 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.61722/jmia.v2i3.4785Keywords:
Learning Media; Canva; Student MotivationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran Canva terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 13 Medan. Menggunakan pendekatan kuantitatif, analisis regresi linear sederhana diterapkan untuk mengukur hubungan antara media pembelajaran Canva (X) dan motivasi belajar siswa (Y). Kuesioner yang terdiri dari 18 pernyataan disusun berdasarkan pedoman Arikunto (2014) dan diambil dari total populasi 31 siswa dengan teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Canva memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa, dengan nilai signifikansi 0,000 dan korelasi R = 0,671. Koefisien regresi sebesar 0,74 menunjukkan bahwa setiap peningkatan satu satuan dalam penggunaan media ini meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 0,74. Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,431 menunjukkan bahwa 43,1% variasi motivasi belajar dapat dijelaskan oleh penggunaan media tersebut. Temuan ini merekomendasikan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan motivasi siswa.
References
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Daniati, N., Novianti, Y., & Mashuri, K. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas VII di SMP PAB 7 Tandem Hilir. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5611-5617.
Hendracipta, N., & Rokmanah, S. (2023). Peran motivasi dalam meningkatkan keberhasilan belajar siswa sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 1236– 1245.
Oktaviani, N. K. W., & Putra, M. (2021). Motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja guru di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 294. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.35146
Ramasari, A. D., Febriosa, S., & Putri, D. A. E. (2025). Analisis Media Pembelajaran Canva terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 1035-1042.
Ratnaningsih, T. (2022). Fostering students’ motivation to learn mathematics through STEAM. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 158–168.
Rizanta, G. A., & Arsanti, M. (2022, July). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran masa kini. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 560-568).
Robandi, B. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 316-321.
Rowell, L., & Hong, E. (2013). Academic motivation: Concepts, strategies, and counseling approaches. Professional School Counseling, 16(3), 158–171. https://doi.org/10.5330/psc.n.2013-16.158
Sajdah, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Canva terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(6), 15-34.
Samsiadi, S., & Humaidi, M. N. (2022). Efektivitas Google Form Sebagai Media Penilaian Dan Evaluasi Pembelajaran Pai Di Smk Negeri 1 Berau Kaltim. Research and Development Journal of Education, 8(2), 666-673.
Saputri, A. D., & Hasyim, S. H. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Canva terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Makassar. Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 3(3), 201-211.
Schunk, D. H., & Zimmerman, B. J. (2008). Motivation and self-regulated learning: Theory, research, and applications. Lawrence Erlbaum Associates Publishers.
Sugiyono, A., & Pramono, S. S. (2012). Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Jakarta: Intidayu Press.
Tsai, M. C., Shen, P. D., Chen, W. Y., Hsu, L. C., & Tsai, C. W. (2020). Exploring the effects of web-mediated activity-based learning and meaningful learning on improving students’ learning effects, learning engagement, and academic motivation. Universal Access in the Information Society, 19(4), 783–798. https://doi.org/10.1007/s10209-019-00690-x
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.