RESPON SISWA TERHADAP EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI LEMBAGA KEUANGAN

Authors

  • Eki Monalisa Br Surbakti Universitas Negeri Medan
  • Iyana Tasya Br Ginting Universitas Negeri Meda
  • Lilis Sartika Sihite Universitas Negeri Medan
  • Yescenia Sigiro Universitas Negeri Medan
  • Revita Yuni Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v2i3.4787

Keywords:

video media,student understanding,financial institutions, learning

Abstract

Penggunaan media video dalam pembelajaran telah menjadi sorotan utama dalam berbagai studi yang menunjukkan efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, termasuk dalam konteks pembelajaran ekonomi di tingkat menengah. Media video memiliki keunggulan dalam menyampaikan informasi yang kompleks secara sederhana dan menarik. Namun, efektivitas penggunaan media video sangat dipengaruhi oleh kesesuaian konten dengan karakteristik siswa dan pendekatan pedagogis yang diterapkan guru. Oleh karena itu, pemanfaatan media video perlu dirancang secara strategis dan kontekstual sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif analitis dengan studi literatur untuk mengkaji efektivitas media video dalam pembelajaran. Hasil kajian menunjukkan bahwa media video memiliki potensi besar dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi lembaga keuangan, asalkan digunakan secara tepat dan dengan pertimbangan pedagogis yang matang. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya pelatihan bagi guru untuk mengembangkan atau memilih media video yang sesuai dengan kurikulum dan karakteristik siswa. Dengan demikian, media video dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dan menciptakan proses pembelajaran yang lebih aktif, reflektif, dan bermakna.

References

Afandi, R. (2022). Pendekatan deskriptif analitis dalam kajian pembelajaran berbasis teknologi. Jurnal Pendidikan Teknologi, 5(2), 123-135.

Alharbi, A. (2020). The impact of video-based learning on students' engagement and learning outcomes. Journal of Educational Technology Systems, 49(3), 345-360.

Alharbi, M. (2020). Accessibility of video learning in online education: Impact on student participation. Journal of Educational Media, 45(3), 234-247.

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of educational objectives: The classification of educational goals. Handbook I: Cognitive domain. Longmans, Green.

Buraeda Nur. (2021). Peran media video dalam pembelajaran aktif. Dalam Novita Dewi (Ed.), Media Pembelajaran dan Teknologi Pendidikan (hal. 89-104). Jakarta: Pustaka Ilmu.

Hwang, G. J., & Chang, H. F. (2011). A formative assessment-based mobile learning approach to improving the learning attitudes and achievements of students. Computers & Education, 56(3), 1023-1031.

Moreno, R., & Mayer, R. E. (2000). Engaging students in learning: The case for personalized multimedia messages. Educational Psychologist, 35(3), 160-167.

Morrines Sitompul, R., Sari, D. P., & Rahmawati, N. (2024). The effect of animated video media on students' learning motivation in economics. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 45-58.

Mufarokah, 2015)

Muhammad Ikhsan & Muhammad Syafiq Humaisi, 2021)

Nasrulloh, A., Hidayati, S., & Prabowo, B. (2024). Evaluasi efektivitas video tutorial dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Digital, 7(1), 45-58.

Nasrulloh, M., Hidayati, N., & Prabowo, A. (2024). The effectiveness of tutorial videos in enhancing students' understanding of accounting cycles. Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, 9(2), 123-135.

Novita Dewi. (2021). Penggunaan media video dalam pembelajaran konsep abstrak. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 76-89.

Rakhma, F., Sari, R., & Wulandari, D. (2024). The impact of video media on elementary students' learning outcomes in social studies. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(3), 200-210.

Rakhma, S., Sari, N., & Wulandari, T. (2024). Pengaruh media video terhadap peningkatan skor akademik siswa SD pada mata pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 100-112.

Sitompul, D., Sari, P., & Rahmawati, L. (2024). Fleksibilitas media video dalam mendukung pembelajaran mandiri. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 15(2), 210-223.

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi, A., Setiawan, B., & Lestari, R. (2021). The role of video media in enhancing student engagement and learning outcomes. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(1), 67-78.

Supriyadi, S., Setiawan, H., & Lestari, A. (2021). Media video dan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(2), 150-165.

Suriyanti & Thoharudin, 2019)

Yudhawati, D. (2020). Pengaruh gaya belajar terhadap efektivitas media pembelajaran video. Jurnal Psikologi Pendidikan, 14(1), 67-79.

Zed, M. (2021). Studi literatur sebagai metode penelitian: Integrasi dan kritik temuan. Jurnal Metodologi Penelitian, 10(3), 95-110.

Downloads

Published

2025-05-28

Issue

Section

Articles