PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP PEMAHAMAN MATERI SISWA MAN 2 MODEL MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.61722/jmia.v2i3.4788Keywords:
Digital Learning Media, Material Understanding, Man 2 Model Medan Students.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran digital terhadap pemahaman materi siswa di MAN 2 Model Medan. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada transformasi pendidikan di era digital, di mana penggunaan media digital semakin meluas dan menjadi bagian integral dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei, di mana data dikumpulkan melalui angket yang terdiri dari 20 butir pertanyaan dan disebarkan kepada seluruh populasi siswa kelas penelitian sebanyak 31 orang (total sampling). Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana untuk menguji hubungan antara variabel penggunaan media pembelajaran digital (X) dan pemahaman materi siswa (Y). Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen penelitian valid dan reliabel. Hasil analisis regresi menunjukkan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,540, yang berarti 54% variasi pemahaman materi siswa dapat dijelaskan oleh penggunaan media pembelajaran digital, sedangkan sisanya 46% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Uji t menghasilkan nilai thitung sebesar 6,135 yang lebih besar dari ttabel 1,69389, serta nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran digital terhadap pemahaman materi siswa. Temuan ini merekomendasikan pemanfaatan media digital secara strategis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah, khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
References
Andi Asrafiani Arafah, Sukriadi, S., & Auliaul Fitrah Samsuddin. (2023). Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 358–366. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.946
Astriawati, N. (2016). Penerapan Analisis Regresi Linier Berganda Untuk Menentukan Pengaruh Pelayanan Pendidikan Terhadap Efektifitas Belajar Taruna Di Akademi Maritim Yogyakarta. Jurnal Ilmu-Ilmu Kemaritiman, Manajemen Dan Transportasi, 14(23), 22–37. http://jurnal.stimaryo.ac.id/index.php/MIBJ/article/view/90
Hakim, A. N., & Yulia, L. (2024). Dampak Teknologi Digital Terhadap Pendidikan Saat Ini. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(1), 145–163. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu
Minat, M., Ips, B., Sekolah, D. I., Fadilla, P. A., Maibang, S., Putri, N., Siagian, Z. I., Siagian, N. N., & Yusnaldi, E. (2025). NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DALAM. 12(3), 1069–1077.
Ningsih, Y., Alwi, N. A., Rahmadani, A. S., & Wagira, E. (2025). Keterkaitan Media Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD.
Nurjaman, A., Yudianto, A., Nastiti, I., & Pembelajaran, M. (2024). VIDEO MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS VII SMP NEGERI 6 SURADE. 7, 12714–12723.
San Mikael Sinambela, Joy Novi Yanti Lumbantobing, Mima Defliyanti Saragih, Al Firman Mangunsong, Chairun Nisa, Johan Pardamean Simanjuntak, & Jamaludin Jamaludin. (2024). Kesenjangan Digital dalam Dunia Pendidikan Masa Kini dan Masa Yang Akan Datang. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 15–24. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i3.3003
Sindi Septia Hasnida, Ridho Adrian, & Nico Aditia Siagian. (2023). Tranformasi Pendidikan Di Era Digital. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(1), 110–116. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i1.2488
Siregar, A., & Sumantri, P. (2024). Pemanfaatan Media Digital dalam Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu di Sekolah Dasar Kak Seto. Education & Learning, 4(1), 17–22. https://doi.org/10.57251/el.v4i1.1242
Sulistiyowati, W. (2017). Buku Ajar Statistika Dasar. Buku Ajar Statistika Dasar, 14(1), 15–31. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-73-7
Ummah, M. S. (2019). Title. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Widiastini, L. K. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Direct Instruction Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ips. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 135. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25208
Zaka, A. R. (2017). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pada LBB Antologi Semarang. Diponegoro Journal Of Manajement, 6(1), 1–13.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.