KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM QS AL-JUMU’AH : 2

Authors

  • Patma Azizah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Dila Puspita Sari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Salsabila Salsabila Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v2i3.4833

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji dan menjelaskan kompetensi pedagogik guru dalam perspektif Al-Qur’an dengan berfokus pada penafsiran QS. Al-Jumu’ah ayat 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melibatkan pemanfaatan sumber data primer dan sekunder. Penelitian ini mengungkap bahwa kompetensi pedagogik dalam perspektif Q.S. Al-Jumu‘ah ayat 2 tidak hanya terbatas pada kemampuan menyampaikan materi akademik, tetapi juga mencakup tanggung jawab moral dan spiritual seorang guru dalam mendidik peserta didik. Guru memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai skeimanan, akhlak mulia, dan pemikiran yang sehat. Proses pendidikan yang ideal menurut ayat ini menekankan pentingnya pendekatan yang penuh kelembutan dan kasih sayang dalam membina karakter siswa, bukan dengan cara yang keras atau menyudutkan. Selain itu, guru juga dituntut mampu menyampaikan ilmu syar’i secara sistematis dan sesuai dengan kemampuan peserta didik, dengan pendekatan yang logis dan metodis. Dengan demikian, temuan ini menegaskan bahwa pendidikan dalam Islam harus berlandaskan pada wahyu ilahi dan nilai-nilai akhlak, menjadikan guru sebagai sosok pembimbing yang tidak hanya cakap secara intelektual, tetapi juga menjadi teladan moral dalam kehidupan sehari-hari. 

Kata kunci : Kompetensi; Guru; Surah Al-Jumu’ah ayat 2

References

Yusuf, Kadar M, (2013), Tafsir Tarbawi: Pesan-Pesan Al-Qur’an tentang pendidikan, Jakarta: Penerbit Amzah

Mulyasa, E, (2007), Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Pidarta, Made, (2007), Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia, Jakarta: PT Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri, (2005), Guru dan Anak didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta

Al-Rasyidin dan Nizar, Samsul, (2005), Filsafat Pendidikan Islam, Ciputat: PT Ciputat Press

Hamalik, Oemar, (2008), Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara

Al-Syalhub, Fu’ad bin ‘Abd Al-Aziz, (2013), Begini Seharusnya Menjadi Guru, Jakarta: Darul Haq

Departemen Pendidikan Nasional RI, (2005), Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta

Sari, Z. I., & Noe, W, (2014), Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dengan Kinerja Mengajar Guru di SDIT Nurul Falah Kec, Tambun Utara Kab. Bekasi, Jurnal Pedagogik, Vol ll, No. 1

Meutia, H, Johar, R, Ahmad, A, (2013), Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Menerapkan Penilaian Kinerja Untuk Menilai Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika, Jurnal Peluang, Vol. 1, No. 2

Wahyudi,I, (2012)Panduan Lengkap Uji Sertifikasi Guru , Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya

Minal, M, Afrizal, M, (2019), Tugas Guru Dalam Perspektif Al-Qur’an Surat Al-Jumu’ah Ayat 2, Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Isla, Vol. 2, No. 1

Departemen Agama RI. (2005), Al-Qur’an dan Terjemahannya, Jakarta: Departemen Agama RI

Muhaimin. (2009) Reorientasi Pendidikan Islam Menuju Pengembangan Kepribadian Insani, Jakarta: Rajawali Pres

Downloads

Published

2025-05-30

Issue

Section

Articles