KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM QS AL-JUMU’AH : 2
DOI:
https://doi.org/10.61722/jmia.v2i3.4833Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengkaji dan menjelaskan kompetensi pedagogik guru dalam perspektif Al-Qur’an dengan berfokus pada penafsiran QS. Al-Jumu’ah ayat 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melibatkan pemanfaatan sumber data primer dan sekunder. Penelitian ini mengungkap bahwa kompetensi pedagogik dalam perspektif Q.S. Al-Jumu‘ah ayat 2 tidak hanya terbatas pada kemampuan menyampaikan materi akademik, tetapi juga mencakup tanggung jawab moral dan spiritual seorang guru dalam mendidik peserta didik. Guru memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai skeimanan, akhlak mulia, dan pemikiran yang sehat. Proses pendidikan yang ideal menurut ayat ini menekankan pentingnya pendekatan yang penuh kelembutan dan kasih sayang dalam membina karakter siswa, bukan dengan cara yang keras atau menyudutkan. Selain itu, guru juga dituntut mampu menyampaikan ilmu syar’i secara sistematis dan sesuai dengan kemampuan peserta didik, dengan pendekatan yang logis dan metodis. Dengan demikian, temuan ini menegaskan bahwa pendidikan dalam Islam harus berlandaskan pada wahyu ilahi dan nilai-nilai akhlak, menjadikan guru sebagai sosok pembimbing yang tidak hanya cakap secara intelektual, tetapi juga menjadi teladan moral dalam kehidupan sehari-hari.
Kata kunci : Kompetensi; Guru; Surah Al-Jumu’ah ayat 2
References
Yusuf, Kadar M, (2013), Tafsir Tarbawi: Pesan-Pesan Al-Qur’an tentang pendidikan, Jakarta: Penerbit Amzah
Mulyasa, E, (2007), Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Pidarta, Made, (2007), Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia, Jakarta: PT Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri, (2005), Guru dan Anak didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta
Al-Rasyidin dan Nizar, Samsul, (2005), Filsafat Pendidikan Islam, Ciputat: PT Ciputat Press
Hamalik, Oemar, (2008), Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara
Al-Syalhub, Fu’ad bin ‘Abd Al-Aziz, (2013), Begini Seharusnya Menjadi Guru, Jakarta: Darul Haq
Departemen Pendidikan Nasional RI, (2005), Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta
Sari, Z. I., & Noe, W, (2014), Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dengan Kinerja Mengajar Guru di SDIT Nurul Falah Kec, Tambun Utara Kab. Bekasi, Jurnal Pedagogik, Vol ll, No. 1
Meutia, H, Johar, R, Ahmad, A, (2013), Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Menerapkan Penilaian Kinerja Untuk Menilai Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika, Jurnal Peluang, Vol. 1, No. 2
Wahyudi,I, (2012)Panduan Lengkap Uji Sertifikasi Guru , Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya
Minal, M, Afrizal, M, (2019), Tugas Guru Dalam Perspektif Al-Qur’an Surat Al-Jumu’ah Ayat 2, Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Isla, Vol. 2, No. 1
Departemen Agama RI. (2005), Al-Qur’an dan Terjemahannya, Jakarta: Departemen Agama RI
Muhaimin. (2009) Reorientasi Pendidikan Islam Menuju Pengembangan Kepribadian Insani, Jakarta: Rajawali Pres
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.