EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF POWER POINT PADA MATERI PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP PEMAHAMAN SISWA SMA NEGERI 3 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.61722/jmia.v2i3.4875Keywords:
Interactive Power Point Media;Economic Growth;Student UnderstandingAbstract
Pemahaman konsep ekonomi serinngkali menjadi tantangan bagi sisiwa, sehingga pemanfaatan, media pembelajaran inovatif dianggap krusial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Efektivitas penggunaan media interaktif power point dakam meningkatkan pemahaman siswa pada materi pertumbuhan ekonomi di SMA Negeri 3 Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner berbasis Geoogle Form. Populasi dalam penelitian ini mencakup siswa dalam satu kelas SMA Negeri Medan, dengan sampel 35 responden yang dipilih menggunakan tekhnik total sampling. Analisis data penelitian ini adalah Regresi Linear Sederhana menggunakan SPSS 25 untuk mengkaji efektivitas penggunaan media interaktif power point pada materi pertumbuhan Ekonomi terhadap pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media interaktif power point berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman siswa akan materi pertumbuhan ekonomi. Ini dibuktikan dari hasil nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel. Temuan ini
References
Alfi, C., Fatih, M., & Islamiyah, K. I. (2022). Pengembangan Media Power Point Interaktif Berbasis Animasi pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 6(2), 351. https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/487
Budianti, Y. (2023). Penggunaan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. 7, 127–136.
Cahaya, N., Subhan, M., & Rahmawati, E. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Fisika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP. Gravity Edu ( Jurnal Pendidikan Fisika ), 5(2), 6–11. https://doi.org/10.33627/ge.v5i2.837
Deria, M. D., & Wardani, D. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuaan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(2), 148–156. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i2.12283
Ezalia, E., R, I. E., Elizabeth, G., My, W. A. N. H., Norhanim, A., Wahidah, A., Ym, C., Rahimah, A., Chin, J. G., Juliana, I., Hamid, A., Gunasagaran, K., Amir, J., John, P., Azmi, A., Mangantig, E., Hockham, C., Ekwattanakit, S., Bhatt, S., … Mary Anne Tan, J.-A. (2020). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS POWER POINT PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS. Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9.
Herlina, P., & Saputra, E. R. (2022). Pengembangan Media Power point Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1800–1809. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2207
Khairiani, D., & Saifullah, I. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah 1. 3, 87–98.
Khoiron, M. (2021). Media pembelajaran untuk generasi milenial (Vol. 000, Issue 1).
Mantiri, J. (2019). PERAN PENDIDIKAN DALAM MENCIPTAKAN SUMBER DAYA MANUSIA BERKUALITAS di PROVINSI SULAWESI UTARA. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 20. https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.904
Rahmawati, B. F., Badarudin, B., & Hadi, M. S. (2020). Penggunaan Media Interaktif Power Point Dalam Pembelajaran Daring. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 4(2), 60–67. https://doi.org/10.29408/fhs.v4i2.3135
Simamora, T., AHarapan, E., & Kesumawati, N. (2020). FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) P-ISSN: 2548-7094 E-ISSN 2614-8021. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 5(2), 195–196.
Sulastri, Imran, & Firmansyah, A. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 2 Limbo Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Online, 3(1), 90–103.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.