STRATEGI MEMBANGUN BUDAYA RELIGIUS DI SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER SOSIAL PADA PESERTA DIDIK

Authors

  • Nabilla Cintana Gusti Banafsa Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nurjannah Nurjannah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhammad Zaenul Fikri Laksana Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v2i3.4914

Keywords:

Strategi, Budaya Religius, Sekolah

Abstract

Pendidikan tidak semata-mata berfokus pada pengetahuan dan keterampilan, melainkan juga pada bagaimana membentuk karakter yang baik, terutama di tengah masalah degradasi moral yang semakin meningkat di generasi muda. Artikel ini mengeksplorasi pentingnya mengembangkan budaya religius di institusi pendidikan sebagai cara untuk menanamkan nilai-nilai sosial dan spiritual ke dalam diri siswa. Dengan menggunakan pendekatan studi literatur, artikel ini mengungkapkan bahwa budaya religius tidak hanya terbatas pada ritual ibadah resmi, tetapi juga mencakup kebiasaan sehari-hari yang mencerminkan nilai-nilai positif seperti saling menghormati, kejujuran, dan kepedulian terhadap sesama. Penelitian ini memberikan beberapa strategi, mulai dari peran kepala sekolah, kurikulum, hingga kegiatan ekstrakurikuler, serta partisipasi seluruh komunitas sekolah. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa pembangunan budaya religius yang berkesinambungan dan melibatkan semua pihak dapat memperkuat karakter sosial siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih positif. Dengan kata lain, membangun budaya religius di lingkungan sekolah bukan sekadar penting, melainkan sangat krusial untuk menghadapi berbagai tantangan di era sekarang.

References

Amiyah, F., & Subiyantoro, H. (2020). Membangun Budaya Religius Siswa Melalui Kegiatan Sekolah di Lingkungan SMA Sunan Ampel. Inspirasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 17(2), 346–357.

Arif, W. (2020). Strategi kepala sekolah dalam pembinaan budaya religius. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(1), 69–78.

Arifin, S. (2012). Pengembangan Budaya Religius di Sekolah. Urwatul Wutsqo, 1(2).

Azis, M. A., & Masrukin, A. (2019). Budaya Religius Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SMP Islam Ulul Albab Nganjuk. . . Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 9(3), 377–386.

Fauzi, I., Sari, D. N., & Junaidi, M. (2024). Pengembangan Budaya Religius pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 17(1), 49–59.

Ikbal, M., Us, K. A., & Hayat, N. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Religius dalam Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 10829–10842.

Ilmi, A. M., & Sholeh, M. (2021). Manajemen kepala sekolah dalam mewujudkan budaya religius di sekolah Islam. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 389–402.

Merliana, N., Imamah, Y. H., & Mashar, A. (2023). Implementasi pendidikan karakter religius dalam membina akhlak yang baik di sekolah menengah pertama. UNISAN JURNAL, 2(3), 617–628.

Mirrota, D. D. (2024). Tantangan dan Solusi Pembelajaran Agama Islam di Sekolah Inklusi. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 13(1), 89-101.

Muliastrini, N. K. E., Gotama, P. B. A. P., & Handayani, N. N. L. (2022). Membangun moderasi beragama umat melalui budaya religius sekolah. Maha Widya Bhuwana: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 5(1), 31–37.

Mulyadi, E. (2018). Strategi pengembangan budaya religius di Madrasah. Jurnal Kependidikan, 6(1), 1–14.

Narti, S., Ratmiati, R., & Husaini, H. (2021). Integrasi Nilai Religius dalam Pembelajaran MI/SD untuk Membangun Karakter Siswa. El-Ibtidaiy. Journal of Primary Education, 4(1), 65.

Sabrina, U., Ardianti, S. D., & Ermawati, D. (2021). Kendala dalam menumbuhkan karakter religius anak usia sekolah dasar selama pandemi covid 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3079–3089.

Saputri, I., Rafifah, S. I., & Chanifudin, C. (2024). Pentingnya Kolaborasi Orang Tua, Sekolah, dan Masyarakat dalam Mendukung Pendidikan Karakter Anak. Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation, 1(2), 782–790.

Siswanto, H. (2018). Pentingnya Pengembangan Budaya Religius di Sekolah. Madinah: Jurnal Studi Islam, 5(1), 73–84.

Sutarto, S. (2022). Membangun Budaya Religius Di Sekolah: Suatu Kajian Terhadap Konsep, Pola, Model, Pendekatan, Metode, Strategi Dan Problematika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2801–2812.

Zainuddin, Z., MUSTAFIYANTI, M., & MUTTAQIN, M. (2022). STRATEGI DAN IMPLEMENTASI BUDAYA RELIGIUS DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 7(2), 45–59.

Downloads

Published

2025-06-03

Issue

Section

Articles