TIKTOK BRAIN: EFEK VIDEO PENDEK PADA DAYA KONSENTRASI MAHASISWA PENDIDKAN AGAMA ISLAM IAIN PALANGKA RAYA
DOI:
https://doi.org/10.61722/jmia.v2i3.5006Keywords:
Kata Kunci: TikTok, video pendek, daya konsentrasi mahasiswa.Abstract
Penggunaan platform media sosial seperti TikTok, yang menampilkan konten video pendek dengan durasi singkat dan stimulasi tinggi, telah menjadi fenomena global, termasuk di kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak konsumsi video pendek TikTok terhadap daya konsentrasi mahasiswa progam studi Pendidikan Agama Islam IAIN Palangka Raya. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap sampel mahasiswa aktif pengguna TikTok berjumalah 9 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur frekuensi penggunaan TikTok, durasi pemakaian, serta tingkat gangguan konsentrasi saat melakukan tugas akademik. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata penggunaan TikTok mencapai 2,8 jam/hari, menyebabkan penurunan signifikan dalam produktivitas belajar (35%) dan nilai akademik (12-15%), khususnya pada aktivitas yang membutuhkan fokus intensif seperti menghafal Al-Qur’an dan analisis teks keagamaan. Gejala "TikTok Brain" teridentifikasi melalui kesulitan mempertahankan konsentrasi jangka panjang, peningkatan distraksi, serta perlunya waktu 15-30 menit untuk mengembalikan fokus setelah menggunakan platform tersebut. Dampak ini lebih kentara pada proses pembelajaran yang memerlukan pemrosesan mendalam dan kesinambungan kognitif. Temuan ini mengindikasikan perlunya pengaturan penggunaan media sosial untuk mempertahankan efektivitas belajar.
References
Amory, J. D. S., & Mudo, M. (2025). Transformasi Ekonomi Digital Dan Evolusi Pola Konsumsi: Tinjauan Literatur Tentang Perubahan Perilaku Belanja Di Era Internet. Jurnal Minfo Polgan, 14(1), 28-37.
Anista, R. (2023). Transformasi Kebudayaan: Dampak Perkembangan Teknologi Dan Media Sosial. Jurnal Pendidikan Sosial Indonesia, 1(1), 35-43.
Azizah, O. V. N., & Zahid, A. (2023). Identitas Diri Perempuan Muslim Generasi Z (Studi Kasus Pengguna Tiktok Mahasiswa Febi 2019 Uin Satu Tulungagung). Pute Waya: Sociology Of Religion Journal, 4(1), 42-62.
Bahtiar, I. (2024). Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Sosial Keagamaan Genarasi Muda (Studi Kasus Kampung Blang Kolak Ii Kabupaten Aceh Tengah) (Doctoral Dissertation, Uin Ar-Raniry).
Bugiardo, D. (2015). Berkomunikasi Ala Net-Generation. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Basuki, W. (2022). Manajemen Pendidikan Teknologi Kejuruan Dan Vokasi. Bumi Aksara.
Carr, N. (2014). The Shallows: Internet Mendangkalkan Cara Berfikir Kita. Mizan Pustaka.
Hazriyanto, H., Sari, A. P., & Afrinanda, A. (2025). Strategi Pemasaran Digital. Padang: Cv. Gita Lentera.
Hill, W. F., Khozim, M., & Prihatmoko, A. (2021). Theories Of Learning: Interpretasi Mengenai Memori Dan Evolusi Pembelajaran. Nusamedia.
Kertati, I., Muhammadiah, M. U., Zamista, A. A., Rahman, A. A., Yendri, O., Pratama, A., ... & Artawan, P. (2023). Model & Metode Pembelajaran Inovatif Era Digital. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia.
Lakilaki, E., Puri, R. M., Saputra, A. N. Z., Shawmi, A. N., Asiah, N., & Rizky, M. (2025). The Phenomenological Analysis Of The Impact Of Digital Overstimulation On Attention Control In Elementary School Students: A Study On The'brain Rot'phenomenon In The Learning Process. Tofedu: The Future Of Education Journal, 4(1), 265-274.
Mazrur, M., Surawan, S., & Yuliani, Y. (2022). Kontribusi Kompetensi Sosial Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa. Attractive: Innovative Education Journal, 4(2), 281-287.
Nugroho, M. T., Istiqomah, L., Gr, S. P., Yanti, I. C., Prayogi, A., Safira, D. Y., & Sagala, A. (2025). Generasi Digital Jiwa Berkarakter: Pendidikan Masa Kini “Membentuk Generasi Cerdas Teknologi Dengan Nilai-Nilai Kemanusiaan”. Penerbit Kbm Indonesia.
Nurhidayat, F. W. (2024) Pengaruh Aplikasi Tiktok Di Kalangan Anak Muda Sebagai Media Informasi Di Tengah Perkembangan Era Digital.
Rahmayani, M., Ramdhani, M., & Lubis, F. O. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Kecanduan Mahasiswa. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(7), 3327-3343.
Riwayanto, R. M., & Zahra, G. L. A. (2024). Persepsi Mahasiswa Fisip Unsoed Terhadap Pengaruh Video Pendek Dalam Efektivitas Pembelajaran Di Kelas. Public Policy And Managament Inquiry, 8(2), 24-38.
Rosiana, P. S., Nurhidayat, A. R., Mohsa, A. A., & Ridha, A. A. (2023). Analisis Aplikasi Tiktok Berdasarkan Prinsip Dan Paradigma Interaksi Manusia Dan Komputer Menggunakan Evaluasi Heuristic. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 11(3).
Sholihah, D. A. (2022). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Cognitive Load Theory Untuk Meminimalkan Extraneous Cognitive Load. Equals: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 13-23.
Widayati, L. W. (2025) Bersahabat Dengan Generasi Alfa. Yogyakarta: Pt Kanisius.
Windiani, N. A., Muslan, A. H., & Hutari, N. A. (2024). Pergeseran Sumber Informasi Dari Youtube Ke Tiktok Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(1), 159-166.
Wuriyani, E. P., Siregar, M. W., & Prasasti, T. I. (2024). Keterampilan Bahasa Produktif. Paadang: Cv. Gita Lentera.
Zein, M. F. (2019). Panduan Menggunakan Media Sosial Untuk Generasi Emas Milenial. Mohamad Fadhilah Zein.
Zulmi, E. N. Pengaruh Fear Of Missing Out, Need Of Fulfillment Dan Regulasi Diri Terhadap Adiksi Media Sosial Pada Remaja Di Jabodetabek (Bachelor's Thesis, Fakultas Psikologi Uin Syarif Hidayatullah Jakarta).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.