PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU PAUD Sumatera Utara

Authors

  • Cindy Yola Aritonang Universitas Negeri Medan
  • Setiani Hotnida Rambe Universitas Negeri Medan
  • Mulyani Simanjuntak Universitas Negeri Medan
  • Rifka Manik Universitas Negeri Medan
  • Aman Simare-mare Universitas Negeri Medan
  • Elya Siska Anggraini Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v2i4.5388

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Profesionalisme Guru, PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Pelatihan Guru, Inovasi Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning) terhadap peningkatan profesionalisme guru PAUD di TK Cerdas Ceria. Profesionalisme guru dalam pendidikan anak usia dini mencakup kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional yang saling terintegrasi. Pembelajaran berbasis proyek dipilih karena mampu mendorong guru untuk terlibat aktif, kolaboratif, serta mengembangkan kreativitas dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimen menggunakan model one group pretest-posttest. Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam indikator profesionalisme guru setelah mengikuti pelatihan berbasis proyek. Guru menjadi lebih reflektif, inovatif, dan berorientasi pada pembelajaran yang kontekstual serta berpusat pada anak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran berbasis proyek dapat dijadikan alternatif strategis dalam program diklat PAUD untuk meningkatkan kualitas profesional guru, sehingga berdampak langsung pada mutu layanan pendidikan di tingkat taman kanak-kanak.

References

Hayashikawa, M., & Bang, K. (2018). Kerangka Kompetensi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)untuk Asia Tenggara (Vol. 1).

Rasmani, U. E. E., Rahmawati, A., Palupi, W., Jumiatmoko, J., Zuhro, N. S., & Fitrianingtyas, A. (2021). Manajemen Soft skills Guru dalam Menguatkan Mutu Pembelajaran di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 886–893. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1584

Hibana, Adinda, W. N., & Samiaji, M. H. (2021). MANAJEMEN LEMBAGA PAUD Konsep, Karakteristik, dan Implementasi Manajemen PAUD. In CV. Rumah Kreatif Wadah Kelir.

Mirawati, M., Justicia, R., Halimah, L., & Hopiani, A. (2023). Pelatihan Interaktif untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Penyusunan KOSP dan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Usia Dini, 9(2), 128. https://doi.org/10.24114/jud.v9i2.52406

Marta, N. A., Mindarto, Djunaidi, D., Martini, S., Husmiati, R., Afrizal, A., & Putri, W. (2022). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mendesain Model, Metode, dan Media yang Inovatif, Kreatif, Komunikatif-Interaktif dan Menyenangkan Di PAUD/TK Kamboja Berseri 01 Wilayah Binaan Jakarta. Satwika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 105–114. https://doi.org/10.21009/satwika.020205

Windi Pebriannti. (2024). Pengembangan Kompetensi Guru Paud dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 3(2), 81–87. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i2.1477

Lidyasari, A. T., Purwanta, E., Maryatun, I. B., Salsavira, D., Ningrum, C., Uning, S., & Utami, P. (2024). Peningkatan Kompetensi Pedagogi Guru PAUD dalam Pelatihan Pengembangan Kurikulum berbasis Local Wisdom. 8(5), 905–914. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.6099.

Downloads

Published

2025-06-23

Issue

Section

Articles