Kesehatan Mental Peternak Babi Pasca Wabah ASF: Studi Deskriptif Di Kelurahan Kambajawa dan Kanatang
DOI:
https://doi.org/10.61722/jmia.v2i4.5389Keywords:
Kesehatan Mental, Stres, Depres, Kecemasan, Peternak babiAbstract
Kesehatan mental pada peternak babi mengacu pada kondisi psikologis yang mencakup kemampuan mereka dalam mengelola stress, mengatasi kecemasan, dan mempertahankan fungsi kehidupan sehari-hari setelah terdampak wabah Virus African Swine Fever (ASF). African Swine Fever (ASF) merupakan penyakit hewan menular yang menyebabkan kematian massal babi dan telah memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian lokal dan kesejahteraan masyarakat. Tujuan penelitian untuk menggambarkan kondisi kesehatan mental peternak pasca wabah ASF. Pendekatan penelitian menggunakan deskriptif-kuantitatif dengan sampel sebanyak 50 responden yang terdampak langsung wabah ASF pada Kelurahan Kambajawa dan Kanatang. Hasil penelitian pada peternak babi akibat wabah ASF, yang mengalami stress terbanyak dengan kategori ringan berjumlah 39 (0,78%) responden, depresi dengan kategori ringan berjumlah 25 (0,5%) responden dan sedang 18 (0,36%) responden dan kecemasan dengan kategori sedang berjumlah 20 (0,4%) responden hal ini dikarenakan factor tuntutan ekonomi keluarga atau beternak babi menjadi pengahasilan utama keluarga, faktor budaya, dan kebutuhan keluarga lainnya yang bisa dihasilkan dari hasil beternak babi hilang akibat wabah Virus African Swine Fever (ASF).
References
Hayashikawa, M., & Bang, K. (2018). Kerangka Kompetensi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)untuk Asia Tenggara (Vol. 1).
Rasmani, U. E. E., Rahmawati, A., Palupi, W., Jumiatmoko, J., Zuhro, N. S., & Fitrianingtyas, A. (2021). Manajemen Soft skills Guru dalam Menguatkan Mutu Pembelajaran di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 886–893. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1584
Hibana, Adinda, W. N., & Samiaji, M. H. (2021). MANAJEMEN LEMBAGA PAUD Konsep, Karakteristik, dan Implementasi Manajemen PAUD. In CV. Rumah Kreatif Wadah Kelir.
Mirawati, M., Justicia, R., Halimah, L., & Hopiani, A. (2023). Pelatihan Interaktif untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Penyusunan KOSP dan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Usia Dini, 9(2), 128. https://doi.org/10.24114/jud.v9i2.52406
Marta, N. A., Mindarto, Djunaidi, D., Martini, S., Husmiati, R., Afrizal, A., & Putri, W. (2022). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mendesain Model, Metode, dan Media yang Inovatif, Kreatif, Komunikatif-Interaktif dan Menyenangkan Di PAUD/TK Kamboja Berseri 01 Wilayah Binaan Jakarta. Satwika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 105–114. https://doi.org/10.21009/satwika.020205
Windi Pebriannti. (2024). Pengembangan Kompetensi Guru Paud dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 3(2), 81–87. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i2.1477
Lidyasari, A. T., Purwanta, E., Maryatun, I. B., Salsavira, D., Ningrum, C., Uning, S., & Utami, P. (2024). Peningkatan Kompetensi Pedagogi Guru PAUD dalam Pelatihan Pengembangan Kurikulum berbasis Local Wisdom. 8(5), 905–914. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.6099.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.