PERSEPSI PERILAKU PEMILIH PEMULA (GENERATION-Z) PADA POLITIKUS PEMILU 2024

Authors

  • Tika Sofiditiya Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Yuli Candrasari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v2i4.5715

Keywords:

Persepsi, Pemilih Pemula, Generasi Z, Politikus, Pemilu 2024

Abstract

Pemilih pemula dari kalangan Generasi Z menjadi segmen strategis dalam kontestasi politik Pemilu 2024. Sebagai generasi digital yang lahir dan tumbuh di era teknologi informasi, pola pikir dan perilaku politik mereka cenderung berbeda dibandingkan generasi sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana persepsi pemilih pemula terhadap para politikus peserta Pemilu 2024 terbentuk dan bagaimana persepsi tersebut memengaruhi kecenderungan perilaku memilih mereka. Pendekatan kualitatif digunakan dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada sejumlah pemilih pemula di usia 17–23 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi terhadap politikus banyak dipengaruhi oleh faktor personal branding di media sosial, integritas yang ditampilkan, serta isu-isu yang relevan dengan kehidupan generasi muda seperti pendidikan, lapangan kerja, dan lingkungan. Selain itu, sikap skeptis terhadap politik tradisional juga memengaruhi selektivitas dalam menerima informasi politik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa persepsi pemilih pemula bukan hanya terbentuk dari faktor rasional, tetapi juga emosional dan nilai-nilai identitas generasi. Temuan ini penting untuk menjadi perhatian para politikus dan partai politik dalam merumuskan strategi komunikasi politik yang inklusif dan relevan terhadap generasi masa depan..

References

Bawono, M. (2008). Persepsi dan Perilaku Pemilih terhadap Partisipasi Politik dalam Pemilihan Umum Legislatif 2004 di Kabupaten Nganjuk. M'Power Jurnal.

Dr. Muhadam Labolo dan Teguh Ilham, S. (2015). Partai Politik Dan Sistem Pemilihan Umum Di Indonesia. Jakarta: PT RajaGafindo Persada.

Hanifah, S. N. (2019). Motif Penggunaan Media (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Motif Penggunaan Akun Instagram Gosip Oleh Follower Di Kalangan Mahasiswa Universitas Sebelas Maret). Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Indonesia, T. I. (2014). Persepsi Pemilih Pemula pada Pemerintah. Korupsi, dan Pemilu Nasional.

Irrubai, M. L. (2014). Partai Politik Dan Pemilih Pemula. Society.

Juditha, C. (2015). Political Marketing dan Media Sosial (Studi Political Marketing Capres RI 2014 melalui Facebook). Jurnal Studi Komunikasi dan Media.

Kartinawati, E., & Purwasito, A. (2021). Preference of Media Politics and Beginner Voter Trust in Surakarta. Journal of Social Studies.

Mahmudah, D. (2016). Pengetahuan dan Pendapat Pemilih Pemula terhadap Akses Informasi Publik. Jurnal Studi Komunikasi dan Media.

Nugroho, R. J., & Rizar, D. (2019). Segmentasi Pemilih Pemula Berdasarkan Akses Berita Politik Melalui Media Sosial di Kabupaten Bogor. Jurnal Komunikasi Pembangunan.

Nur, E. (2020). Tanggapan Generasi Z Terhadap Pemanfaatan Media Sosial Dalam Mendukung Keterlibatan Dalam Pemilu Legislatif 2019 (The Generation Z Response to Use of Media Social in Supporting Involvement in the 2019 Legislative Election). Jurnal Peneliti.

Perangin-angin, L. L., & Zainal, M. (2018). Partisipasi Politik Pemilih Pemula dalam Bingkai Jejaring Sosial di Media Sosial. Jurnal Aspikom.

Ratana, M. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Ekuitas Merek. Jurnal Studi Komunikasi dan Media.

Ratnamulyani, I. A., & Maksudi, B. I. (2018). Peran Media Sosial dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemula Dikalangan Pelajar di Kabupaten Bogor. Sosiohumaniora.

Setiajid. (2011). Orientasi Politik Yang Mempengaruhi Pemilih Pemula Dalam Menggunakan Hak Pilihnya Pada Pemilihan Walikota Semarang Tahun 2010 (Studi Kasus Pemilih Pemula di Kota Semarang). Integralistik.

Suharyanti, & Hanathasia, M. (2021). Kampanye Generasi Berencana (GENRE), Sikap Generasi Z di Jakarta, dan Penetrasi Media Sosial Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Studi Komunikasi dan Media.

Susanto, A. B. (2004). Power Branding: Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Mizan Pustaka.

Triastari, D. (2011). Persepsi Iklan Politik Pada Pemilih Pemula (Studi Deskriptif Kualitatif Persepsi Pemilih Pemula Terhadap Iklan Politik Kampanye Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Pada Pemilu 2009 di Media Televisi). Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Wasesa, S. A. (2018). Personal Branding Code. Jakarta: Noura.

Downloads

Published

2025-07-04

Issue

Section

Articles