Strategi Penguatan Hubungan Sekolah dan Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.61722/jmia.v2i5.6177Keywords:
School-community relations, community participation, educational communication, partnership strategies, communication media, improving the quality of education.Abstract
Abstrak. The relationship between schools and the community is a crucial aspect in supporting educational success. As technology advances, strategies for building relationships between schools and the community also change. This study employed a descriptive qualitative method with a literature review approach, examining various techniques and strategies for school-community relationships through written and oral communication, demonstrations, and the use of electronic media such as mobile phones, radio, video, and so on. The results show that relationships built sustainably, openly, and tailored to community characteristics can increase community trust, concern, and support for educational institutions. The goal is to create synergy between schools and the community in improving the quality of education through active and collaborative participation. This is to foster understanding, active participation, and moral and material support from the community for educational programs. Through the delivery of clear, simple, comprehensive information that is tailored to community characteristics, it is hoped that constructive synergy will be created in addressing various school problems and continuously improving the quality of education.
Keywords: School-community relations, community participation, educational communication, partnership strategies, communication media, improving the quality of education.
Abstrak. Hubungan antara sekolah dan masyarakat merupakan aspek penting dalam menunjang keberhasilan pendidikan. Seiring berkembangnya teknologi, strategi membangun hubungan antara sekolah dan masyarakat juga mengalami perubahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka, yang mengkaji berbagai teknik dan strategi hubungan sekolah dengan masyarakat melalui komunikasi tertulis, lisan, peragaan, dan pemanfaatan media elektronik seperti handphone, radio, video, dan lain sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan yang dibangun secara berkelanjutan, terbuka, dan disesuaikan dengan karakteristik masyarakat dapat meningkatkan kepercayaan, kepedulian, serta dukungan masyarakat terhadap lembaga pendidikan. Tujuannya adalah menciptakan sinergi antara sekolah dan masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui partisipasi aktif dan kolaboratif. Yakni untuk menciptakan pemahaman, partisipasi aktif, serta dukungan moral dan material dari masyarakat terhadap program-program pendidikan. Melalui penyampaian informasi yang jelas, sederhana, menyeluruh, dan sesuai dengan karakteristik masyarakat, diharapkan tercipta sinergi yang konstruktif dalam mengatasi berbagai permasalahan sekolah serta meningkatkan mutu pendidikan secara berkelanjutan.
Kata Kunci: Hubungan sekolah dengan masyarakat, partisipasi masyarakat, komunikasi pendidikan, strategi kemitraan, media komunikasi, peningkatan mutu pendidikan.
References
Frank, Jefkins. (2002). Public Relations edisi 2. Blackie: Planned Press.
Hendiyat, Soetopo & Wasty, Soemanto. (1982). Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Mulyasa. (2007). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mundiri, Akmal. (2016). Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Membangun Branding Image Pedagogik. No.2
Nazir, Moh. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Rahmat, Abdul. (2016). Manajemen Humas Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.
S.Arcaro, Jerome. (2007). Quality in Education: an Implementation Handbook‖ diterjemahkan oleh Yosal Iriantara, Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-Prinsip dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sagala, S. (2008). Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Nimas Mutiara.
Winarwi, F. (2006). Reorientasi Pendidikan Nilai Dalam Menyiapkan Kepemimpinan Masa Depan. Cakrawala Pendidikan XXV, no.1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.