TANGGUNG JAWAB HUKUM INFLUENCER ATAS PRODUK ILEGAL: KAJIAN HUKUM PERIKATAN DAN TINDAK PIDANA ITE
DOI:
https://doi.org/10.61722/jmia.v2i3.6257Keywords:
Influencer, Illegal Products, Contract Law, ITE Law, Legal LiabilityAbstract
The phenomenon of the increasing number of influencers promoting products through social media has raised legal issues when the advertised products turn out to be illegal or harmful to consumers. This study examines the legal liability of influencers from the perspective of contract law under the Indonesian Civil Code (KUHPerdata) and criminal provisions under the Law on Electronic Information and Transactions (ITE Law). Using a normative juridical approach, this study finds that influencers may be held civilly liable for breach of contract if they fail to exercise due diligence in promotional agreements. On the criminal side, the promotion of illegal products may be subject to sanctions under Article 45A of the ITE Law if it fulfills the element of spreading false or misleading information. Therefore, more comprehensive regulations are needed to clarify the legal status of influencers as legal subjects with ethical and legal obligations in the digital sphere.
References
Apsari, Kirana Pungki, Ismail Ismail, and Dewi Iryani. "Tanggung Jawab Selebgram terhadap Iklan yang Dilakukan di Sosial Media untuk Mewujudkan Kepastian Hukum." Jurnal Syntax Admiration 6.1 (2025): 597-615.
Daely, Pinter Putra Sudianto. "Tanggung Jawab Hukum Influencer Terhadap Produk Yang Di Promosikan Di Media Sosial." Leuser: Jurnal Hukum Nusantara 2.2 (2025): 1-6.
Fuskhahti, Hidayah Aulia, and Tiyas Vika Widyastuti. Perlindungan Hukum bagi Konsumen Endorsement Produk Kecantikan Ilegal. Penerbit NEM, 2024.
Irawan, Hengki. "Regulasi Hukum Bisnis Dalam Praktik Endorsement Judi Online Di Media Sosial Oleh Influencer Indonesia: A Review." Islamic Law Journal 2.2 (2024): 47-56.
Latuneimas, Nurintan. Pertanggungjawaban Perdata Influencer Atas Endorsement Produk Kosmetik Tanpa Izin Edar di Sosial Media. Diss. Universitas Islam Indonesia, 2023.
Lubis, Muhammad Adli Fahmi, et al. "Pertanggungjawaban Hukum Affiliator yang Mempromosikan Produk Menyebabkan Kerugian Konsumen." SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan 3.4 (2024): 487-514.
Nainggolan, Ibrahim. "Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen atas Kerugian Akibat Tindak Pidana yang Dilakukan Oleh Affiliator." Iuris Studia: Jurnal Kajian Hukum 4.2 (2023): 89-99.
Novianto, Nurul Shafira, et al. "Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Atas Endorsement Dari Influencer." Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi 2.5 (2025): 184-194.
Praditya, Yulius Ananda Yudis, and Anita Zulfiani. "Pertanggungjawaban Hukum Bagi Influencer Yang Mempromosikan Binary Options (Studi Putusan Nomor 1240/Pid. Sus/2022/PN Tng)."
Putri, Gita Nurnila, Jacobus Jopie Gilalo, and R. Djuniarsono. "Analisis Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Atas Pengiklanan Produk Berbahaya Oleh Influencer." Karimah Tauhid 3.4 (2024): 4929-4946.
PUTRI, NABILA TIARA. "Pertanggungjawaban Perdata Influencer Atas Testimoni Palsu Dalam Konten Endorsement Melalui Instagram."
PUTRI, NOVIKA WAMA. "Tanggung Jawab Influencer Terhadap Endorsement Produk Palsu Melalui Media Sosial."
Ramadhana, Widodo, Andrew Chew, and Irwanda Irwanda. "Pertanggungjawaban Pidana Terhadap Pelaku Penyebaran Promosi Investasi Menyesatkan Pada Platform Binary Option dalam Perspektif UU ITE No. 19 Tahun 2016." SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan 2.12 (2023): 3729-3738.
Razak, Irbah Ufairah. Perlindungan Hukum Terhadap Produsen atas Review oleh Influencer yang Memengaruhi Brand Trust Produk Kosmetik. Diss. Universitas Hasanuddin, 2022.
Safrudin, Vebrianti, and Niken Yulian Yusuf. "Pertanggungjawaban Pidana Influencer Dalam Penipuan Dengan Modus Aplikasi Trading." Sultra Law Review (2023): 2700-2715.
Samosir, Damaris Rosa Michelle Florencia. Perlindungan Konsumen Terhadap Produk Kosmetik Ilegal yang di Iklankan Melalui Media Sosial dengan Melibatkan Endorsement Influencer (Analisis Putusan Nomor 1555/Pid. Sus/2019/PN. Sby di Pengadilan Negeri Surabaya). Diss. Universitas Kristen Indonesia, 2023.
Shelsy, Merinda. Perlindungan hukum terhadap investor dalam investasi ilegal akibat promosi media online influencer melalui akun youtube. Diss. Universitas Andalas, 2023.
Solikhin, Karin Deany. Tanggung Jawab Influencer Atas Produk Kosmetik yang dipromosikan melalui Media Sosial yang merugikan Konsumen. Diss. Universitas Islam Indonesia, 2024.
Supriadi, Supriadi. "Pertanggungjawaban Pidana Influencer Dalam Penipuan Dengan Modus Aplikasi Trading." ecotechnopreneur: Journal Economics, Technology And Entrepreneur 3.02 (2024): 137-161.
Wiyaka, Jessica. Tinjauan Yuridis Terhadap Tanggung Jawab Hukum Influencer dalam Memasarkan Platform Investasi Melalui Media Sosial. Diss. Universitas Kristen Indonesia, 2023.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.