PENGARUH BEBAN KERJA DAN TUNTUTAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA DAN MOTIVASI GURU SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI SMA NEGERI 5 TUBAN
DOI:
https://doi.org/10.61722/jmia.v2i5.6304Keywords:
Beban Kerja, Tuntutan Pengembangan Kompetensi, Motivasi Kerja Guru, Kinerja GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh beban kerja dan tuntutan pengembangan kompetensi terhadap kinerja guru, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui motivasi kerja sebagai variabel intervening di SMA Negeri 5 Tuban. Menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan explanatory dan analisis Partial Least Square (PLS), penelitian ini melibatkan seluruh guru di sekolah tersebut (35 orang) sebagai sampel. Hasil menunjukkan bahwa seluruh variabel berada dalam kategori tinggi. Beban kerja dan tuntutan pengembangan kompetensi berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi kerja. Namun, hanya tuntutan pengembangan kompetensi dan motivasi kerja yang berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru secara langsung. Beban kerja dan tuntutan pengembangan kompetensi juga berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja secara tidak langsung melalui motivasi kerja.
References
Chamariyah, C., Utari, W., & Rosdianingsih, F. (2024). Pengaruh Kompetensi Pegawai terhadap Kinerja Pegawai melalui Motivasi sebagai Variabel Mediasi: Studi pada Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pamekasan. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(4), 324–346.
Fathussyakir, M., Meutia, M., & Heriani, H. (2022). Pengaruh Kompensasi Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru Smk Kota Bima Dengan Motivasi Sebagai Intervening. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 6(2), 2613–2628. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2.3193
Hasibuan, M. S. P. (2019). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.
Irawati, R., & Carollina, D. A. (2017). Analisis pengaruh beban kerja terhadap kinerja karyawan operator pada PT Giken Precision Indonesia. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 5(1), 51–58.
Koesomowidjojo, S. (2017). Panduan Praktis Menyusun Analisis Beban Kerja. Jakarta: Raih Asa Sukses.
Kompri. (2017). Belajar: Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi.
Mulyanto, H., Didin, H. P., Imelda Novia Susiang, M., Dhyan Parashakti, R., & Nina Rostina, C. (2023). Teacher Performance Post-Covid-19: A Study of Workload, Leadership Style, and Teacher Work Discipline at SMAN 21 Tangerang District. KnE Social Sciences, 2023, 11–21. https://doi.org/10.18502/kss.v8i12.13646
Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Najiburrahman, M., Harsono, & Haryanto, S. (2024). The Impact of Work Motivation on Teacher Performance. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 2(2), 583. https://doi.org/10.31851/jmksp.v7i2.8352
Ngongo, A., Talok, D., Sia Niha, S., A. Manafe, H., & H. Kaluge, A. (2023). Pengaruh Sarana Pembelajaran Digital dan Kompetensi Digital Guru terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 2 Kupang dengan Motivasi Berprestasi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(1), 231–245. https://doi.org/10.38035/jmpis.v4i1.1422
Putra, C. D., Suryani, A., & Sudirman, S. (2024). Pengaruh Kompetensi dan Beban Kerja Terhadap Motivasi Kerja yang Berimplikasi Terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 8(1), 837. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v8i1.1731
Putri, N. S., Bahri, S., & Rambe, M. F. (2023). Pengaruh Beban Kerja Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderating Pada Kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Deli Serdang Pengaruh Beban Kerja Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 6(2), 222–235. Diambil dari https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO/article/view/18161/10611
Rosayu, A. A., Harjadi, D., & Djuniardi, D. (2023). Pengaruh Kompetensi, Beban Kerja dan Fasilitas Kerja terhadap Kinerja Guru SMA Sekecamatan Dukupuntang dengan Motivasi Kerja sebagai Moderasi. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan, 4(03), 8–26. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v4i03.5716
Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Salvano, D. P., Ode Labsin Naadu, L., & Mahendri Hara, T. (2023). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Cabang Bri Kota Bekasi. Jurnal sosial dan sains, 3(2), 185–198. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i2.696
Sari, P. I., Marbawi, M., & Murhaban, M. (2020). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening Pada Smk 1 Lhoksukon. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia), 4(2), 67. https://doi.org/10.29103/j-mind.v4i2.3377
Solania, N., Coñado, E., Paguta, M. J., Ventura, R., & Arnado, A. (2023). The Influence of Workload and Work Motivation on the Performance of Teachers. International Journal of Multidisciplinary: Applied Business and Education Research, 4(4), 1270–1277. https://doi.org/10.11594/ijmaber.04.04.22
Usman, H. (2022). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan Edisi 4. Bumi Aksara.
Utari, W., & Muliyani, S. (2024). Employee Performance Impacted By Work Environment And Compensation Through Loyalty At Puskesmas Cerme. Fokus Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ekonomi, 19(2), 231–240.
Wahyudi, A. S. G. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bali: CV. Noah Aletheia.
Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja (Kelima). Depok: PT Raja Grafindo.
Yuliani, R., Harun, C. Z., & Yusrizal, Y. (2022). The Positive Influence of Satisfaction and Workload on Teachers Performance. Journal of Education Research and Evaluation, 6(1), 195–201. https://doi.org/10.23887/jere.v6i1.37850
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.