Peningkatan Hasil Belajar Kelas X Di MA I’anathu Tholibin Pada Pelajaran Aqidah Akhlak Dengan Menggunakan Metode Diskusi

Authors

  • Yanti Usmayanti MA I’anathu Tholibin

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v2i3.6481

Keywords:

Aqidah Akhlak, Hasil Belajar, Keaktifan, Metode Diskusi, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan minat belajar siswa kelas X MA I’anathu Tholibin pada mata pelajaran Aqidah Akhlak melalui penerapan metode diskusi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 25 siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada keaktifan siswa, minat belajar, serta kemampuan dalam menyimpulkan materi. Pada siklus pertama, partisipasi siswa masih terbatas pada sebagian kelompok, sementara pada siklus kedua hampir seluruh siswa aktif berpendapat dan berinteraksi dalam diskusi. Penerapan metode diskusi juga mampu menciptakan suasana kelas yang lebih kondusif, kolaboratif, dan menyenangkan sehingga siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode diskusi efektif digunakan dalam pembelajaran Aqidah Akhlak untuk meningkatkan hasil belajar sekaligus membangun keterampilan komunikasi dan kerja sama siswa.

References

Ahmadi, A. (2005). Psikologi umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of educational objectives: The classification of educational goals. New York: Longman.

Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2013). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Firda, A., & Pamungkas, A. (2022). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7(2), 101–112

Hasanah, U., & Fitriani, S. (2024). Penerapan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Madrasah, 9(1), 57–68

Hasibuan, J. J., & Moedjiono. (2008). Proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The action research planner. Geelong: Deakin University Press.

Lubis, R. N. (2023). Efektivitas metode diskusi terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di MTs Khoirotul Islamiyah Pematangsiantar. Jurnal Tarbiyah, 2(1), 12–25

Mahwiyah, S., Nurhayati, L., & Arifin, F. (2023). Penerapan metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak. Darul Jannah: Journal of Community Education, 2(2), 55–64

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pratiwi, R. M., Ikhtiono, G., & Fadil, M. (2024). Pengaruh metode diskusi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Bosowa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 44–52

Rohmatillah, R., Ulfah, N., & Munawarah, N. (2022). Pengaruh metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak siswa kelas XI di MA Nurul Huda Wadeng Sidayu. Fakultas Tarbiyah Universitas Qomaruddin, 1(1), 1–10

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuningsih, D., & Darodjat, A. (2020). Efektivitas penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran PAI dengan pendekatan saintifik. Alhamra: Jurnal Studi Islam, 5(2), 125–140

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles