IMPLEMENTASI NILAI NILAI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT MULTIKULTURAL INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.61722/jmia.v2i6.6916Keywords:
Pancasila, masyarakat multikultural, toleransi, metode normatif, keragaman budayaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat multikultural di Indonesia dengan menggunakan metode penelitian normatif. Fokus penelitian mencakup dua rumusan masalah, yaitu faktor-faktor yang menyebabkan terbentuknya masyarakat multikultural di Indonesia dan upaya menumbuhkan sikap toleransi serta saling menghargai antaranggota masyarakat yang berbeda budaya, agama, dan suku. Sumber data penelitian terdiri dari sumber primer, berupa peraturan perundang-undangan, serta sumber sekunder, yaitu buku, artikel ilmiah, jurnal, dan publikasi daring yang relevan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan dan dokumentasi, sedangkan analisis dilakukan secara normatif dengan menafsirkan teori, konsep, pendapat ahli, dan peraturan yang ada untuk menemukan landasan hukum dan nilai sosial yang mendukung toleransi serta penerapan Pancasila. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia terbentuk sebagai masyarakat multikultural akibat sejarah migrasi, keragaman budaya, interaksi sosial, dan pengaruh globalisasi, sementara implementasi nilai-nilai Pancasila, khususnya sila kedua hingga kelima, berperan penting dalam menumbuhkan sikap toleransi, saling menghargai, dan harmonisasi antaranggota masyarakat yang berbeda latar belakang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila secara konsisten menjadi kunci terciptanya kehidupan sosial yang harmonis dalam masyarakat multikultural Indonesia.
References
Hasan, Z. (2023). Pancasila dan kewarganegaraan. Yogyakarta: CV Alinea Edumedia, hlm. 75.
Aini, D. N., & Efendi, A. (2019). Penanaman nilai-nilai nasionalisme Pancasila dalam pendidikan vokasi. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 1(1), 34–45.
Alfarisi, M. D. A., & Wahyudinotho, A. R. (2023). Berbagai macam agama yang ada di Indonesia. Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 2(6), 468–478.
Aulia, N., Simbolon, K. O., Zahra, A. N. A., Winandar, D. P., Hidayat, Z. F., & Fitria, R. (2025). Gotong royong di Desa Lagadar: Membangun kebersamaan dengan nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan Nonformal, 2(4), 10–10.
Chintary, V. Q., & Lestari, A. W. (2016). Peran pemerintah desa dalam mengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP), 5(2).
Eliza, K. M., Sari, S., Hellenia, S., Tianasati, F., & Hasan, Z. (2024). Implementasi nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi negara dalam kehidupan masyarakat di era globalisasi. Journal of Law and Nation (JOLN), 3, 341–350.
Fithriyana, E. (2019). Menumbuhkan sikap empati melalui pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada sekolah berasrama. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 42–54.
Hasan, Z. (2023). Pancasila dan kewarganegaraan. Yogyakarta: CV Alinea Edumedia, hlm. 75.
Hasan, Z., Pradhana, R. F., Andika, A. P., & Al Jabbar, M. R. D. (2004). Pengaruh globalisasi terhadap eksistensi identitas budaya lokal dan Pancasila. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 73–82
Hasan, Z., Pradhana, R. F., Andika, A. P., & Al Jabbar, M. R. D. (2004). Pengaruh globalisasi terhadap eksistensi
Hasanah, A. (2021). Implementasi model pembelajaran interaksi sosial untuk meningkatkan karakter peserta didik. Jurnal Pendidikan, 9(1), 22–32.
Ichsanul Mutaqin, A., Prakoso, L. Y., & Sianturi, D. (2021). Strategi pertahanan laut dalam menghadapi ancaman keamanan maritim di wilayah laut Indonesia. 6(2).
Juhri, M. A. (2024). Revitalisasi peran keluarga tumbuhkan toleransi sejak dini: Teladan kisah Luqman. MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama, 4(1), 63–74.
Kelly, E. (2018). Pembentukan sikap toleransi melalui pendidikan multikultural di Universitas Yudharta Pasuruan. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 5(1), 21–28.
Putri, A. A., Fauziyyah, P., Wibowo, J. P., & Kristianti, Z. M. P. (2024). Psikologi sosial prasangka dan diskriminasi. HUMANITIS: Jurnal Humaniora, Sosial dan Bisnis, 2(6), 592–598.
Rusmiati, E. T. (2023). Penanaman nilai-nilai toleransi pada anak usia dini. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 248–256
Simatupang, G. A. R., Arta, K. S., & Pardi, I. W. (2024). Jejak historis nilai-nilai multikulturalisme di Kampung Bugis Buleleng Bali dan potensinya sebagai sumber belajar sejarah di SMA. Widya Winayata: Jurnal Pendidikan Sejarah, 12(2), 85–97
Wales, R. (2022). Pendidikan multikultural di Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan, Seni, Sains dan Sosial Humaniora, 1(1)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









