IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PPKN KURIKULUM MERDEKA UNTUK PENGUATAN PROFIL LULUSAN DI KELAS TINGGI SDN WONOREJO 04

Authors

  • Aqlilla Fatimah Universitas Sebelas Maret
  • Hanung Fadila Khoerunnisa Universitas Sebelas Maret
  • Lifvia Rachmawati Universitas Sebelas Maret
  • Endrise Septiana Rawanoko Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v2i6.7340

Keywords:

PPKn, Kurikulum Merdeka, Profil Lulusan, pembelajaran karakter, sekolah dasar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran PPKn berbasis Kurikulum Merdeka dalam rangka penguatan Profil Lulusan mendalam, dan dokumentasi untuk memperoleh gambaran autentik terkait perencanaan, proses pelaksanaan, serta strategi guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran telah berpusat pada peserta didik melalui diskusi, studi kasus, kerja kelompok, serta penggunaan media kontekstual yang membantu siswa memahami isu-isu sosial secara lebih bermakna. Guru secara konsisten menanamkan nilai gotong royong, akhlak mulia, tanggung jawab, dan kemandirian yang menjadi fokus penguatan Profil Lulusan. Dokumentasi pembelajaran menunjukkan penggunaan modul ajar Kurikulum Merdeka dan LKS yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga mendukung proses internalisasi nilai-nilai kewarganegaraan. Temuan penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi PPKn di SD Negeri Wonorejo 04 telah selaras prinsip Kurikulum Merdeka dan berperan efektif dalam membentuk karakter siswa, meskipun masih terdapat kendala seperti variasi kemampuan siswa dan keterbatasan waktu. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa pembelajaran PPKn perlu terus dikembangkan melalui inovasi strategi, media, serta penguatan budaya sekolah untuk memperdalam pencapaian Profil Pelajar Pancasila.

Author Biographies

Aqlilla Fatimah, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Hanung Fadila Khoerunnisa , Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Lifvia Rachmawati, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Endrise Septiana Rawanoko , Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Alwi, M. C., & Achadi, M. W. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar Negeri. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1) https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.1383

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Asariskiansyah, & Ramadan, Z. H. (2024). Peran Penting Guru dalam Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar : Studi Kasus di SD Negeri 17 Pekanbaru. In Jurnal Kependidikan, 13(2). https://jurnaldidaktika.org

Borusilaban, L. J. A., & Harsiwi, N. E. (2023). Analisis Faktor Penghambat Membaca Permulaan Siswa Kelas I. Jurnal Basicedu, 7(4), 2502–2509. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.6014

Erina, E., & Manan, N. A. (2024). Analisis Peningkatan Sikap Kolaborasi Siswa melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila pada Dimensi Gotong Royong di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(4), 3199–3211. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.8448

Hansen, S. (2020). Investigasi Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif Manajemen Konstruksi. Jurnal Teknik Sipil, 27(3), 283. https://doi.org/10.5614/jts.2020.27.3.10

Hidayat, W., & Putro, K. Z. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar: Profil Pelajar sebagai Aset Bangsa. In Journal of Nusantara Education (Vol. 3, Issue 2). https://doi.org/https://doi.org/10.57176/jn.v3i2.102

Id, E. F. A., Fitriani, Y., Rahman, A., Sepriyani, Y., Khan, M. U., & Fatima, A. (2025). PENGUMPULAN DATA UNTUK ANALISIS PRAKTIK BERBAHASA DI KELAS. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 15(2), 234–244. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v15i2.17514

Lestari, D., & Ain, S. Q. (2022). Peran Budaya Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 105–112. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45124

Marwiyati, S. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 152. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7190

Nurrisa, F., Hermina, D., & Norlaila. (2025). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian: Strategi, Tahapan, dan Analisis Data. JurnalTeknologiPendidikanDanPembelajaran, 02(3), 793–800.

Pratiwi, E. Y. R., Asmarani, R., Sundana, L., Rochmania, D. D., Susilo, C. Z., & Dwinata, A. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Pemahaman P5 bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 1313–1322. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i2.4998

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787

Rahmawati, A., Halimah, N., Karmawan, & Setiawan, A. A. (2024). Optimalisasi Teknik Wawancara Dalam Penelitian Field Research Melalui Pelatihan Berbasis Participatory Action Research Pada Mahasiswa Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 4(2), 135–142. https://doi.org/10.37640/japd.v4i2.2100

Salsabilla, A. M., Cahya, I. N., Latipah, T., & Farhurohman, O. (2025). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar melalui Metode Aktif dan Inovatif. ARZUSIN, 5(4), 1603–1618. https://doi.org/10.58578/arzusin.v5i4.6028

Sitepu, T. E., Perangin-angin, R. B. B., & Nasriah, N. (2023). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 213–223. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4248

Sunandi, I., Sepiyan, D., Fili, R., Oktaviani, R., Rahmawati, S., & Rouf, M. A. (2025). Penerapan Nilai-nilai Pancasila melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila : Studi Kasus di SMAN 5 Sukabumi. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(1), 09–18. https://doi.org/10.55606/inovasi.v4i1.4182

Umakaapa, M., & Suradji, F. R. (2024). Pengaruh Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) pada Remaja di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Merauke Papua Selatan. Jurnal Diskursus Ilmiah Kesehatan, 2(1), 25–32. https://doi.org/10.56303/jdik.v2i1.243

Anugrah, A., & Rahmat, R. (2024). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 22–34. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.403

Hery, S. R. N. S. (2024). Pengaruh Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Ppkn Sebagai Optimalisasi Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(3), 78–84.

Kurniawan, B., Rahmawati, F. P., & Ghufron, A. (2024). Dinamika Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur Sistematis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1672–1678. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1229

Ramadhan, A. N., Nur, J., & Azis, M. (2023). Pengaruh Pembalajaran PPKn Terhadap Karakter Disiplin Peserta Didik Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(4), 173–182. https://doi.org/10.51574/judikdas.v2i4.863

Veronica, H., & Hayat, H. (2024). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 5(1), 9. https://doi.org/10.30595/jrpd.v5i1.16101

Downloads

Published

2025-02-04

Issue

Section

Articles