IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PPKN KURIKULUM MERDEKA UNTUK PENGUATAN PROFIL LULUSAN DI KELAS TINGGI SDN WONOREJO 04
DOI:
https://doi.org/10.61722/jmia.v2i6.7340Keywords:
PPKn, Kurikulum Merdeka, Profil Lulusan, pembelajaran karakter, sekolah dasar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran PPKn berbasis Kurikulum Merdeka dalam rangka penguatan Profil Lulusan mendalam, dan dokumentasi untuk memperoleh gambaran autentik terkait perencanaan, proses pelaksanaan, serta strategi guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran telah berpusat pada peserta didik melalui diskusi, studi kasus, kerja kelompok, serta penggunaan media kontekstual yang membantu siswa memahami isu-isu sosial secara lebih bermakna. Guru secara konsisten menanamkan nilai gotong royong, akhlak mulia, tanggung jawab, dan kemandirian yang menjadi fokus penguatan Profil Lulusan. Dokumentasi pembelajaran menunjukkan penggunaan modul ajar Kurikulum Merdeka dan LKS yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga mendukung proses internalisasi nilai-nilai kewarganegaraan. Temuan penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi PPKn di SD Negeri Wonorejo 04 telah selaras prinsip Kurikulum Merdeka dan berperan efektif dalam membentuk karakter siswa, meskipun masih terdapat kendala seperti variasi kemampuan siswa dan keterbatasan waktu. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa pembelajaran PPKn perlu terus dikembangkan melalui inovasi strategi, media, serta penguatan budaya sekolah untuk memperdalam pencapaian Profil Pelajar Pancasila.
References
Alwi, M. C., & Achadi, M. W. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar Negeri. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1) https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.1383
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Asariskiansyah, & Ramadan, Z. H. (2024). Peran Penting Guru dalam Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar : Studi Kasus di SD Negeri 17 Pekanbaru. In Jurnal Kependidikan, 13(2). https://jurnaldidaktika.org
Borusilaban, L. J. A., & Harsiwi, N. E. (2023). Analisis Faktor Penghambat Membaca Permulaan Siswa Kelas I. Jurnal Basicedu, 7(4), 2502–2509. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.6014
Erina, E., & Manan, N. A. (2024). Analisis Peningkatan Sikap Kolaborasi Siswa melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila pada Dimensi Gotong Royong di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(4), 3199–3211. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.8448
Hansen, S. (2020). Investigasi Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif Manajemen Konstruksi. Jurnal Teknik Sipil, 27(3), 283. https://doi.org/10.5614/jts.2020.27.3.10
Hidayat, W., & Putro, K. Z. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar: Profil Pelajar sebagai Aset Bangsa. In Journal of Nusantara Education (Vol. 3, Issue 2). https://doi.org/https://doi.org/10.57176/jn.v3i2.102
Id, E. F. A., Fitriani, Y., Rahman, A., Sepriyani, Y., Khan, M. U., & Fatima, A. (2025). PENGUMPULAN DATA UNTUK ANALISIS PRAKTIK BERBAHASA DI KELAS. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 15(2), 234–244. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v15i2.17514
Lestari, D., & Ain, S. Q. (2022). Peran Budaya Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 105–112. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45124
Marwiyati, S. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 152. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7190
Nurrisa, F., Hermina, D., & Norlaila. (2025). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian: Strategi, Tahapan, dan Analisis Data. JurnalTeknologiPendidikanDanPembelajaran, 02(3), 793–800.
Pratiwi, E. Y. R., Asmarani, R., Sundana, L., Rochmania, D. D., Susilo, C. Z., & Dwinata, A. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Pemahaman P5 bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 1313–1322. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i2.4998
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787
Rahmawati, A., Halimah, N., Karmawan, & Setiawan, A. A. (2024). Optimalisasi Teknik Wawancara Dalam Penelitian Field Research Melalui Pelatihan Berbasis Participatory Action Research Pada Mahasiswa Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 4(2), 135–142. https://doi.org/10.37640/japd.v4i2.2100
Salsabilla, A. M., Cahya, I. N., Latipah, T., & Farhurohman, O. (2025). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar melalui Metode Aktif dan Inovatif. ARZUSIN, 5(4), 1603–1618. https://doi.org/10.58578/arzusin.v5i4.6028
Sitepu, T. E., Perangin-angin, R. B. B., & Nasriah, N. (2023). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 213–223. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4248
Sunandi, I., Sepiyan, D., Fili, R., Oktaviani, R., Rahmawati, S., & Rouf, M. A. (2025). Penerapan Nilai-nilai Pancasila melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila : Studi Kasus di SMAN 5 Sukabumi. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(1), 09–18. https://doi.org/10.55606/inovasi.v4i1.4182
Umakaapa, M., & Suradji, F. R. (2024). Pengaruh Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) pada Remaja di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Merauke Papua Selatan. Jurnal Diskursus Ilmiah Kesehatan, 2(1), 25–32. https://doi.org/10.56303/jdik.v2i1.243
Anugrah, A., & Rahmat, R. (2024). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 22–34. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.403
Hery, S. R. N. S. (2024). Pengaruh Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Ppkn Sebagai Optimalisasi Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(3), 78–84.
Kurniawan, B., Rahmawati, F. P., & Ghufron, A. (2024). Dinamika Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur Sistematis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1672–1678. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1229
Ramadhan, A. N., Nur, J., & Azis, M. (2023). Pengaruh Pembalajaran PPKn Terhadap Karakter Disiplin Peserta Didik Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(4), 173–182. https://doi.org/10.51574/judikdas.v2i4.863
Veronica, H., & Hayat, H. (2024). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 5(1), 9. https://doi.org/10.30595/jrpd.v5i1.16101
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









