Tinjauan Fiqh Muamalah terhadap Budaya Flexing dan Self reward di Media Sosial pada Gen Z

Authors

  • Eva Nur Hidayati Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Suarabaya
  • Muhammad Yazid Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Suarabaya

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v2i6.7344

Keywords:

Fiqh Muamalah, Flexing, Generation Z, Social Media, Self Reward

Abstract

Studi ini mengkaji pengaruh budaya pamer dan penghargaan diri yang semakin besar terhadap pola konsumsi Generasi Z di media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana hukum perdagangan Islam (fiqh muamalah) memandang fenomena ini dan menilai keselarasannya dengan prinsip-prinsip Islam tentang pengelolaan kekayaan. Studi ini menggunakan metode kualitatif melalui penelitian kepustakaan dengan meninjau literatur terkait fiqh muamalah, perilaku konsumtif, dan penggunaan media sosial. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pamer dan penghargaan diri sering kali mengarah pada konsumsi berlebihan yang didorong oleh citra diri dan kepuasan sesaat daripada kebutuhan yang sebenarnya. Praktik-praktik ini bertentangan dengan prinsip israf dan tabdzir, yang menekankan penggunaan kekayaan secara bijaksana, seimbang, dan bermanfaat. Penelitian ini memberikan pandangan normatif bahwa konsumsi yang dipengaruhi oleh media sosial harus tetap selaras dengan nilai-nilai Islam.

References

Adnan, Dito, Anurogo Ahmad Nilnal Munachifdlil Ula, Siti Hamidah, Muhamad Abas, dan Mohammad Adnan. 2023. Pengantar Fiqh Muamalah.

Alfian, Ian. 2024. “Fomo Dan Media Sosial: Dampak Perilaku Konsumtif Terhadap Kesehatan Mental Dan Keuangan Dari Perspektif Islam.” PROFJES : Profetik Jurnal Ekonomi Syariah 03(02).

Amalia, Rizki Pitroh, dan Muhammad Masrukhan. 2025. “Pengaruh Social Media Marketing Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian.” COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting 8(2).

Bamazruk, Abdul Halim, Kenan Yudhistira, Kevin Yuriko Hartanto, Purwanto Putra, Ahmad Riza, dan Universitas Lampung. 2025. “Budaya Flexing Di Tiktok: Dampaknya Terhadap Perilaku Konsumtif Dan Kesehatan Mental Pada Mahasiswa Universitas Lampung.” Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial 8(5).

Chairunnisak, Syarifah, Sayed Ludhfi, Depita Kardiati, Fitria Akmal, Yuli Santri Isma, Jamiati KN, dan Sarrah Kurnia Fadhilah. 2025. “Flexing sebagai Strategi Representasi Diri di Media Sosial.” Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Komunikasi 5(1):177–85. doi: https://doi.org/10.55606/juitik.v5i1.1189.

Fahmi, Ai Nurul, Siti Komariah, Puspita Wulandari, Ai Nurul Fahmi, Siti Komariah, dan Puspita Wulandari. 2024. “Flexing dan Personal Branding : Konten Analisis Sosial Media Generasi Z Di Indonesia.” Jurnal Analisa Sosiologi 13(1):22–40.

Hafan, Anis Amrina. 2023. Analisis Fenomena Flexing Di Sosial Media Pada Generasi Z Dalam Perspektif Konsumsi Islam.

Hartono, Langit Gemintang Muhammad. 2023. “Individualitas yang Terawasi : Dinamika Flexing pada Pemuda Generasi Z di Instagram.” Jurnal Studi Pemuda 12(2):132–45. doi: 10.22146/studipemudaugm.95522.

Hayani, Fitri, Syamsir, Afrina Welni, Bisis Manita, Isra Hayati, Indah Oktavia, dan Lilis Weldayenti. 2025. “Analisis penggunaan media sosial terhadap gaya hidup generasi Gen Z.” Edu Research 6(1):2184–93. doi: https://doi.org/10.47827/jer.v6i1.746.

Hunaifi, Nanang, Phitsa Mauliana, dan Ricky Firmansyah. 2024. “Dampak Media Sosial terhadap Perilaku Konsumtif Remaja di Era Digital.” Tabsyir : Jurnal Dakwah dan Sosial Humaniora 5(3):161–74. doi: https://doi.org/10.59059/tabsyir.v5i3.1412.

Juli, No, dan Intan Maulida Putri. 2025. “Pengaruh Budaya Self-Reward dan Paparan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Gen Z di Era Digital.” 2(4):450–58. doi: https://doi.org/10.61722/jrme.v2i4.5900.

Kurniawan, Roni, dan Mirzam Arqy Ahmadi. 2024. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Kebiasaan Belanja Konsumen Bagi Generasi X Y Z.” Jurnal Media Akademik (Jma) 2(12).

Liza, Nova April, Sepriadi Saputra, dan Gita Astrid. 2025. “Perilaku Flexing Culture pada Kaum Milenial.” An-Nashiha: Journal of Broadcasting and Islamic Communication Studies 05(1):49–61. doi: https://doi.org/10.55352/an-nashiha.v4i1.

Lubis, Zainuddin. 2023. “Kultum Ramadhan: Larangan Perilaku Flexing dalam Islam.” NU online.

Luh, Ni, Putu Erma, I. Gusti Ayu, Ketut Giantari, Ni Wayan Ekawati, dan Putu Yudi Setiawan. 2023. “Perilaku Belanja Impulsif Secara Online.” Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora 12(3):605–16. doi: https://doi.org/10.23887/jish.v12i3.70463 Perilaku.

Mawarni, Iga, Fahrurrozi, dan Ridan Muhtadi. 2025. “Perilaku Konsumtif Mahasiswa Gen Z Pengguna TikTok Shop: Analisis Perspektif Maqashid Syariah.” KARTIKA: Jurnal Studi Keislaman 5(2):1194–1208.

Muchtar, Evan Hamzah. 2025. “Tafsir Maudhu’i Q.S. Al-Isra’ Ayat 26–27: Solusi Qur’ani Fenomena Fomo Dan Gaya Hidup Konsumtif Gen-Z.” Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (JIQTA) 4(1):2828–7339. doi: https://doi.org/10.36769/jiqta.v4i1.937.

Nadhifah, Hafsya Afra, Muhammad Arif Budiman Sucipto, dan Hanung Sudibyo. 2024. “Tingkat Perilaku Konsumtif Generasi Z Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Pancasakti.” Jurnal Fokus Konseling 10(1):17–27. doi: https://doi.org/10.52657/jfk.v10i1.2195.

Nafilah, Jihan, Desy Safitri, dan Sujarwo. 2025. “Fenomena Self-Reward dalam Budaya Konsumerisme Digital : Studi Literatur tentang Tren Gen Z di Media Sosial.” JICN: Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara 2(3):2934–39.

Nur, Juma’iyah, Wahidah, dan Khodijah. 2023. “Fenomena Flexing di Medsos : Dampaknya pada Hubungan Sosial dan Ekonomi.” Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2(1):22–33.

Pasenrigading, Andi Riola, Haerani Nur, dan Muhammad Daud. 2025. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Persepsi Diri dan Pembentukan Identitas Remaja.” Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial 2(9):68–81. doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.15290940 Pengaruh.

Pastadi, Atalya Raina, Eileen Deo Tyra Damanik, Faishal Nur Shodiq Fatayatinnadia Ikfinalkarim, dan Suryo Ediyono. 2023. “Pengaruh Self-Reward Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Indonesia.”

Putri, Aulia Indah Permata Sari Romadhona, Dede Kurnia, dan Nizza Nadya Rachmani. 2025. “Pengaruh Social Media Marketig Tiktok Terhadap Perilaku Konsumtif Gen Z di Tasikmalaya.” Jurnal Minfo Polgan 14(2). doi: https://doi.org/10.33395/jmp.v14i2.15255.

Ramadhani, Oktavia, dan Khoirunisa. 2025. “Generasi Z dan Teknologi : Gaya Hidup Generasi Z di Era Digital.” Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 3(1):323–31. doi: https://doi.org/10.54066/jupendis.v3i1.2916.

Regina, Tannia. 2024. “Dampak Media Aosial terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z.” KOMPLEKSITAS: Jurnal Manajemen, Organisasi dan Bisnis 13(1).

Ster, E., A. Lmansyah R. Undu W. Onua, dan H. Anif K. Urniadi. 2025. “Fenomena Belanja Merchandise K-POP NCT : Perspektif Konformitas dan Perilaku Konsumtif.” Jurnal Ekono Insentif 19(1):12–23. doi: https://doi.org/10.36787/jei.v19i1.1469 |.

Susanto, Dedi, Sabbar Dahham Sabbar, Mukhtar Luthfi, Universitas Islam, Negeri Alauddin, Universitas Islam, dan Negeri Alauddin. 2025. “Relevansi dan Implementasi Fiqh Muamalah Dalam Transaksi Ekonomi Modern.” Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam (SEBI) 7(1):9–18.

Downloads

Published

2025-12-04

Issue

Section

Articles