ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH: STUDI LITERATUR DARI 15 JURNAL
DOI:
https://doi.org/10.61722/jmia.v2i6.7410Keywords:
pembelajaran jarak jauh, efektivitas belajar, motivasi belajar, fasilitas belajar, literatur reviewAbstract
Selama pandemi COVID-19 Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi strategi utama dalam proses pendidikan dan tetap digunakan sebagai pendekatan alternatif untuk meningkatkan akses pendidikan. Namun, efektivitas PJJ masih dipengaruhi oleh berbagai faktor yang saling terkait. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta mengklasifikasikan faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas PJJ melalui studi literatur terhadap 15 jurnal ilmiah terbitan tahun 2019–2024. Metode yang digunakan adalah literature review dengan teknik content analysis, meliputi identifikasi, seleksi, dan sintesis temuan penelitian. Hasil kajian menunjukkan bahwa efektivitas PJJ dipengaruhi oleh empat kelompok faktor utama, yaitu: faktor internal peserta didik terutama motivasi belajar; faktor eksternal berupa ketersediaan fasilitas dan infrastruktur, misalnya perangkat belajar dan stabilitas koneksi internet; faktor pedagogis meliputi kompetensi guru dalam pemanfaatan teknologi, pemilihan media pembelajaran, serta desain instruksional dan faktor interaksional, yaitu kualitas komunikasi dua arah antara guru dan siswa. Temuan ini menegaskan bahwa efektivitas PJJ bukan hanya ditentukan oleh teknologi semata, tetapi merupakan hasil integrasi antara kesiapan peserta didik, dukungan sarana, kualitas pengajaran, dan pola interaksi. Implikasi praktis dari studi ini menekankan pentingnya peningkatan kompetensi digital pendidik, pemerataan infrastruktur, serta penguatan sistem dukungan belajar untuk meningkatkan keberhasilan PJJ.
References
Ahmad, A., Hakim, A., & Aruf, M. (2024). Pendidikan Jarak Jauh sebagai salah satu solusi pemerataan pendidikan di Indonesia. PUSAKA: Journal of Educational Review, 2(1), 88–97. https://doi.org/10.56773/pjer.v2i1.8
Anugerah, R. P., & Kusuma, W. A. (2021). Keefektivitasan Penggunaan Platform LMS Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Komputer Dan Informatika, 9(2), 127–132. https://doi.org/10.35508/jicon.v9i2.4319
ardima,+USM_4b58Artikel+3+-+Pembelajaran+Jarak+Jauh+_Atmoko_. (n.d.).
Astriani, L. (n.d.). PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENGGUNAKAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DI MASA PANDEMI COVID-19.
Darmayanti, T., Yudhi Setiani, M., & Oetojo, B. (n.d.-a). E-LEARNING PADA PENDIDIKAN JARAK JAUH: KONSEP YANG MENGUBAH METODE PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA.
Darmayanti, T., Yudhi Setiani, M., & Oetojo, B. (n.d.-b). E-LEARNING PADA PENDIDIKAN JARAK JAUH: KONSEP YANG MENGUBAH METODE PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA.
El, M. M., Bali, I., & Jadid, U. N. (n.d.). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning.
Elyana, D., Wulandari, A. A., Bandiningaih, O., & Mulyani, T. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Video.
Himmawan, D., Fauzi, I., & Priono, N. (n.d.). 2 Multimedia Based E-Learning Development for The Effectiveness of Distance Learning. https://al-ard.kjii.org
Selvy_Windy_Lestari_1503618034_Kendala_P. (n.d.).
Yeliany, A., & Roesminingsih, E. (n.d.). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









