ETIKA PANCASILA SEBAGAI PANDUAN MORAL BAGI REMAJA DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT

Authors

  • Zainudin Hasan Universitas Bandar Lampung
  • Stanley Nicholas Universitas Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.61722/jmia.v3i1.7619

Keywords:

Etika Pancasila, remaja, moralitas, kehidupan bermasyarakat.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana nilai-nilai etika Pancasila dipahami dan diterapkan oleh remaja dalam kehidupan bermasyarakat. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner sederhana kepada 20 responden berusia 15–18 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas remaja memahami nilai-nilai dasar Pancasila, namun implementasinya belum konsisten dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam aspek toleransi, empati sosial, dan penggunaan media sosial. Temuan ini menegaskan bahwa Pancasila tetap relevan sebagai panduan moral bagi remaja, tetapi diperlukan penguatan pendidikan karakter agar nilai-nilainya dapat diinternalisasi secara lebih optimal.

References

Hasan, Z., dkk. (2023). Pancasila pedoman moral dan sistem filsafat bangsa. Jurnal Manajemen Ilmu Administrasi, Kampus Akademik.

Putri, A. N., Anggun, W. P., & lainnya. (2025). Media sosial dan transformasi budaya remaja di perkotaan. Interaction Journal.

Hasan, Zainudin. (2025). Pancasila dan Kewarganegaraan. Bandar Lampung: Universitas Bandar Lampung (UBL) Press, hlm. 21-24

Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: Menjawab tantangan krisis multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

S. Fadilah & M. Makbul, Dampak Sosial Media Terhadap Perilaku Keagamaan Dan Moral Remaja Dalam Masyarakat Modern, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 11, no. 4.Α (2025): 229-234.

Lestari, Caturiasari, Fathinah & Laraswati, Membangun Karakter Toleransi Beragama Siswa Sekolah Dasar melalui Literasi Kewargaan di Era Multikultural, Jurnal Pendidikan Dasar 3, no. 1 (2025): 45.

Hakim, Syafi'i & Fauzia, Building Bridges of Tolerance Through Multicultural Education in Junior High Schools, Jurnal Pendidikan Multikultural 3, no. 1 (2025): 34.

Syahrial, M., Peran Pancasila dalam Pembentukan Karakter dan Moral Remaja di Era Digital, Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 5, no. 1 (2024): 45-52.

M. M. Mua, Transformasi Pendidikan Multikultural dalam Meningkatkan Toleransi Antarbudaya di Sekolah, Jurnal STPDOBOS 5, no. 2 (2024): 12.

Yulianti, R. (2019). Pemahaman nilai Pancasila dan implementasi dalam perilaku sosial remaja. Jurnal Pendidikan Pancasila, 4(2), 45-59.

Hakim & Muhid, Inclusive Islamic Religious Education in Shaping Students' Religious Tolerance in Multicultural-Based Schools, Jurnal Fikroh 2, no. 1 (2025): 33-40.

Dewi, R. & Putra, A., Peran Pendidikan Karakter dalam Menanggulangi Perilaku Bullying di Kalangan Remaja, Jurnal Pendidikan Karakter 4, no. 2 (2024): 22-30.

Samani, M., & Hariyanto. (2012). Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya. 14 Sari, N. (2019). Implementasi pendidikan multikultural untuk membentuk karakter peserta didik. Jurnal Pendidikan Multikultural, 2(1), 33-48.

Nur Jannah & Wulandari, The Influence of Multicultural Values in Civics Education on MI Students' Tolerance and Nationalism, Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 2 (2024): 58. 16 M. M. Mua, Transformasi Pendidikan Multikultural dalam Meningkatkan Toleransi Antarbudaya di Sekolah (Jakarta: STPDOBOS Press, 2024), 12.

Downloads

Published

2025-12-15

Issue

Section

Articles