PERAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER MAHASISWA JURUSAN SOSIOLOGI DI UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
DOI:
https://doi.org/10.61722/jmia.v3i1.7765Keywords:
nilai keagamaan, karakter mahasiswa, internalisasi nilai, pendidikan tinggi, sosiologiAbstract
Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya internalisasi nilai-nilai keagamaan dalam membentuk karakter mahasiswa di tengah dinamika kehidupan kampus yang semakin kompleks dan plural. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman mahasiswa terhadap nilai-nilai keagamaan, sumber perolehannya, nilai yang paling berpengaruh, serta implikasinya terhadap pembentukan karakter dan interaksi sosial mahasiswa Jurusan Sosiologi Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam terhadap mahasiswa semester awal, menengah, dan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai keagamaan dimaknai sebagai pedoman fundamental dalam bersikap dan mengambil keputusan, dengan tingkat pemaknaan yang semakin reflektif seiring bertambahnya pengalaman akademik. Internalisasi nilai keagamaan bersumber dari keluarga, diperkuat oleh lingkungan kampus, teman sebaya, dan media digital. Nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin, kesabaran, dan toleransi terbukti berkontribusi signifikan terhadap perubahan karakter mahasiswa. Kesimpulannya, nilai-nilai keagamaan berperan penting dalam membentuk karakter mahasiswa yang matang, berintegritas, dan beretika.
References
Afuwah, R. (2024). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius mahasiswa. AL-MIKRAJ: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 4(2), 293–303. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i02.4608
Jakandar, L. I. E., Pantiwati, Y., Sunaryo, H., & Fikriah, A. (2025). Integration of religious values in character education: Building the morals of the golden generation. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 9(1), 124–141. https://doi.org/10.35723/ajie.v9i1.107
Kartika, I., Saepudin, H., Hidayat, O. R., Uswatiyah, W., Juliana, J., & Rohmatillah, N. (2023). Internalisasi nilai karakter religius melalui pendidikan Islam di era 5.0. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA, 4(1), 45–60. https://doi.org/10.30599/jfikunisa.v4i1.2023
Khoirunissa, K., & Jinan, M. (2025). Internalization of religious character values through habituation of religious activities at SMPIT Ar-Risalah Sukoharjo. Journal of Educational Sciences, 9(3), 1127–1136. https://doi.org/10.31258/jes.9.3.p.1127-1136
Mangestuti, R., & Aziz, A. (2023). Enhancing students’ religiosity in educational context: A mixed-methods study. International Journal of Islamic Educational Psychology, 4(2), 217–230. https://doi.org/10.18196/ijiep.v4i2.2023
Mostofia, & Maulidi. (2024). Pembentukan karakter religius mahasiswi melalui program kuliah intensif. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 88–102. https://doi.org/10.26618/jtw.v7i01.4827
Mukhlis, Kenedi, G., Nursyamsi, & Pefriadi. (2024). Internalization of religious and cooperative character values through Rohis extracurricular activities. At-Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 55–69. https://doi.org/10.51468/jpi.v6i1.472
Nurjannah, D., Sari, S. W., Oktaviani, T., & Fakhruddin, A. (2025). Karakteristik religius kultur kampus dalam keseharian mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 7(2), 134–150. https://doi.org/10.30762/ed.v7i2.799
Rafdinal, W. (2025). Rethinking character education in a multicultural society: Impacts of religious character on identity formation. TIJIE: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 21–36. https://doi.org/10.36706/tijie.v3i1.1879
Rozi, B. (2025). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius dan moral siswa. Pelita: Jurnal Studi Islam Mahasiswa UII Dalwa, 3(1), 122–134. https://doi.org/10.38073/pelita.v3i1.3748
Rukiyati, R., Hajaroh, M., Dwiningrum, S. I. A., & Kartika, B. (2025). Assessing religious character among Muslim university students in Yogyakarta, Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 22(1), 157–174. https://doi.org/10.14421/jpai.v22i1.10927
Sauri, S., Sanusi, A., Saleh, N., & Khalid, S. M. (2025). Strengthening student character through internalization of religious values in school. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 201–215. https://doi.org/10.33477/alt.v7i2.3369
Siswantara, Y., & Supriyadi, T. (2024). Religious character education: Students’ perspectives on religion in diversity. International Journal of Religion, 5(11), 1811–1826. https://doi.org/10.61707/vtmkt536
Widianti, Y., & Perdana, P. I. (2024). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah dan Karya Mahasiswa, 2(6), 13–25. https://doi.org/10.54066/jikma.v2i6.2738
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL MULTIDISIPLIN ILMU AKADEMIK

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









