Pengaruh Media Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II Pada Subtema Bermain Di Rumah Teman Di SD Negeri 124405 Pematang Siantar

Authors

  • Thasya Nadhira Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Aprido Bernando Simamora Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Canni Loren Sianturi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.61722/jssr.v1i2.131

Keywords:

Learning outcomes, Talking Stick Learning Media

Abstract

This research aims to determine the effect of Talking Stick learning media on the learning outcomes of class II students in the sub-theme of playing at friends' houses at SD Negeri 124405 Pematang Siantar odd semester FY 2023/2024. The type of research in this research is quantitative research. The research population was all class II A students at SD Negeri 124405 Pematang Siantar totaling 22 students. The sampling technique in this research is non-probability sampling, where the sample selected is a saturated sample. The sample in this study consisted of class II at state elementary school 124405 Pematang Siantar, totaling 22 students. The results of this research show that student learning outcomes using the contextual learning model with an average of 82.77.

             The results of the t distribution test at the significance level (ɑ = 0.05), dk = N-1 = 22-1 = 21, namely tcount>ttable, then the data has a t distribution with results of 13.97>ttable 0.404. The data can be said to have a significant influence. The results of the t-test table prove that there is an influence of the contextual learning model (X) on learning outcomes (Y) with a tcount of 13.97>ttable 0.404. This proves that there is a significant influence from the use of Talking Stick learning media on class II learning outcomes in the sub-theme of playing at a friend's house at SD Negeri 124405 Pematang Siantar.

References

Ayuni, I. A. S., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. 2017. “Pengaruh model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Question Box terhadap hasil belajar IPA kelas V”. Journal of Education Technology. Vol 1 (3): hal 183-190.

Damayanti, R., Harahap, S. M., Harahap, H. W. S., & Siregar, L. S. 2023. “Pendampingan Cara Berbicara Yang Sopan Dan Santun Terhadap Anak Sekolah Dasar 200409. Jurnal ADAM: Jurnal Pengabdian Masyarakat”. Vol 2 (1): hal 229-233. Faradita, M. N .2018. “Pengaruh metode pembelajaran type talking stick terhadap hasil belajar ipa pada siswa kelas 4 sekolah dasar”. Jurnal Bidang pendidikan dasar. Vol 2 (1A): hal 47-58.

Fatahillah, A. . 2018. “Hubungan kelincahan dengan kemampuan dribbling pada siswa ekstrakurikuler bola basket”. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Vol 1 (2): hal 11-20.

Hamid, A. . 2017. “Guru Profesional”. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan. Vol 17 (2): hal 274-285. Hamta, F., & Putri, R. S. A. . 2019. “Pengaruh kecanggihan teknologi informasi, partisipasi manajemen dan kemampuan teknik pemakai sistem informasi akuntansi pada kinerja individu karyawan PT. Batamec”. Measurement Jurnal Akuntansi. Vol13 (2): hal 156-163. Jennah, R. . 2009. “Media pembelajaran”.

Megawati, N. M. P,. Suarni, N. K., & Sulastri, M. 2013. “Penerapan model pembelajaran talking stick berbantuan media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. Vol 1(1). Muhsyanur. Pemodelan Dalam Pembelajaran. Jawa Barat:Fotum Silahturahmin Doktor Indonesia.

Ndiung, S., & Jediut, M. . 2020. “Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi”. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran. Vol 10 (1): hal 94.

Ndiung, S., & Jediut, M. . 2020. “Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi”. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran. Vol 10 (1): hal 94.

Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa”. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika. Vol 2 (1): hal 36-40.

Saputra, D. D., Tahir, M., & Ermiana, I. 2022. “Pengaruh Metode Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas V Di Sdn 12 Ampenan Tahun Ajaran 2021”. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal. Vol 3 (1): hal 1-9.

Sari, W. N., Murtono, M., & Ismaya, E. A. 2021. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Tambahmulyo 1”. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol 1 (11): hal 2255-2262

Sugiono, S., Noerdjanah, N., & Wahyu, A. 2020. “Uji validitas dan reliabilitas alat ukur SG posture evaluation”. Jurnal Keterapian Fisik vol 5 (1): hal 55-61.

Sukmadewi, P. U., & Ganing, N. N. 2020. “Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Buku Cergam Terhadap Keterampilan Berbicara”. Journal for Lesson and Learning Studies. Vol 3 (2): hal 309-318

Suwardi, I., & Farnisa, R. 2018. “Hubungan peran guru dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa”. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. Vol 3 (2): hal 181-202.

Ulfa, R. 2021. “Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan”. Al-Fathonah. Vol 1 (1): hal 342-351.

Wijayanto, A. . 2008. “Analisis Korelasi Product Moment Pearson”. Conference on Islamic Studies (PINCIS). Vol. 1 (1). Tibahary, A. R., & Mulliana, M. (2018). Modell-modell pelmbellajaran inovatif. Scolael: Joulrnal of Peldagogy, 1(1), 54-64.

Downloads

Published

2023-11-01